Cara Mengobati Luka Kucing Dengan Kunyit, Mudah dan Tanpa Bahan Kimia

Posted on
Ilustrasi Kucing Terluka (Foto: Fani Cat)

BinatangmuApakah kucing kesayangan kalian memiliki luka yang tak kunjung sembuh atau luka karena bertengkar dengan teman sesama kucingnya?

Tak perlu khawatir sobat, yuk simar cara mengobati luka kucing dengan kunyit berikut ini. Langkahnya mudah dan alami tanpa bahan kimia sehingga aman untuk kucing kesayangan kalian.

Sama seperti manusia, kucing juga suka melakukan kegiatan rutin seperti jalan-jalan, makan, tidur, berteman, hingga bertengkar.

Tak heran, kadang kucing kesayangan kita pulang dalam kondisi badan penuh luka, tentu saja hal ini membuat kita sedih bukan?

Apabila kucing pulang dengan kondisi badan penuh luka, segera siapkan bahan-bahan berikut ini untuk mengobati lukanya.

Dalam artikel ini juga akan dijelaskan secara gamblang bagaimana cara mengobati luka kucing dengan kunyit langkah demi langkah agar bisa kalian praktekkan dengan mudah ya sobat.

Selain itu, kita juga akan membahas apakah mengobati luka kucing dengan kunyit aman bagi kucing atau tidak?

Penjelasan ini agar sobat benar-benar paham dan tidak bimbang menggunakan bahan alami untuk mengobati luka kucing dengan kunyit.

Luka Kucing, Apa Saja Penyebab Kucing Terluka?

Luka pada kucing bisa terjadi karena berbagai hal seperti kucing tergores benda tajam, kucing berkelahi dengan sesama kucing, hingga kucing terjepit pintu atau benda berat lainnya.

Seperti yang diketahui sebenarnya kucing bisa menyembuhkan lukanya sendiri dengan cara menjilat luka tersebut untuk membersihkan dari bakteri.

Walaupun begitu, tentu saja kita akan merasa kasihan jika kucing kesayangan kita mendapat luka dan tidak segera diobati bukan?

Biasanya obat yang paling mudah ditemukan saat kucing terluka dan selalu siap sedia di rumah adalah jenis obat betadine. Selain murah, betadine juga mudah ditemukan di warung kelontong ataupun toko sekitar rumah.

Kita bisa saja mengobati kucing yang terluka dengan menggunakan betadine, apalagi ini merupakan obat yang dianjurkan dokter sebagai obat disenfektan untuk luka luar.

Untuk lama pengobatan menggunakan betadine tergantung seberapa parah luka yang dialami kucing. Jika luka tersebut mengenai abses kucing maka diperlukan waktu 5 hari hingga kucing benar-benar pulih, dan apabila lukanya mengenai selulitis hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari saja.

Walaupun begitu, betadine merupakan obat kimia sehingga tidak disarankan jika digunakan secara terus-terusan dalam jangka waktu panjang. Nah, ada juga loh obat alternatif yang bisa digunakan untuk mengobati luka kucing, yakni dengan menggunakan kunyit.

Apakah Kunyit Aman Digunakan Untuk Luka Kucing?

Jawabannya adalah ya, kunyit aman digunakan untuk mengobati luka kucing kesayangan kalian ya sobat. Kunyit masih tergolong dalam jenis rempah yang satu family dengan jahe dan memiliki ciri-ciri warnya oranye tua yang khas.

Biasanya kunyit dimanfaatkan sebagai jamu tradisional karena kaya akan kandungan curcuma, bumbu masakan, hingga obat herbal.

Banyaknya kandungan zat aktif dalam kunyit menjadikan kunyit memiliki fungsi yang banyak bagi tubuh dan sudah digunakan sejak zaman Cina kuno sebagai bahan pengobatan tradisional.

Kunyit aman digunakan untuk mengobati luka kucing karena mengandung antibakteri alami, antijamur, antivirus, dan memiliki kandungan zat terapeutik sehingga dikenal sebagai salah satu rempah anti-inflamasi dan antioksidan.

Selain itu, kandungan antiseptik pada kunyit juga sangat membantu proses penyembuhan luka hewan peliharaan seperti kucing.

Cara Mengobati Luka Kucing Dengan Kunyit

Nah berikut cara mengobati luka kucing dengan kunyit yang bisa kalian coba praktikan jika kucing kesayangan kalian terluka.

Cek Luka Kucing

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan cek luka kucing terlebih dahulu. Pastikan bagian tubuh kucing yang mana saja yang mengalami luka sehingga kalian bisa menyiapkan ramuan kunyit tanpa khawatir kekurangan.

Selain itu, cek luka kucing juga bertujuan untuk menyiapkan langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Apabila luka tersebut berukuran cukup besar, kalian harus segera mengobatinya dan membalut luka tersebut menggunakan kain kasa agar kucing tidak mengalami infeksi.

Cukur Bulu

Langkah kedua dalam mengobati luka kucing dengan kunyit yakni dengan mencukur bulu kucing pada bagian yang terluka dan sekitarnya.

Mencukur bulu kucing dapat membantu kalian melihat dan mengobati luka kucing lebih mudah sehingga pengobatan dapat dilakukan secara optimal. Selain itu, mencukur bulu kucing juga dapat menghindarkan kucing dari kontaminasi bakteri yang masih tertinggal di bulunya.

Membersihkan Luka

Langkah ketiga dalam mengobati luka kucing menggunakan kunyit yakni membersihkan luka kucing terlebih dahulu agar tidak terjadi infeksi oleh bakteri jahat dan menyebabkan masalah lain pada kucing seperti luka bernanah, luka meradang atau yang paling parah luka membusuk.

Membersihkan luka yang ada pada tubuh kucing dengan menggunakan air bersih, betadin, atau cairan infus. Pemberian betadin dan cairan infus dapat membantu mencegah masuknya bakteri ke luka yang ada pada tubuh kucing.

Membubuhkan Kunyit Pada Luka Kucing

Langkah terakhir dalam mengobati luka kucing menggunakan kunyit yakni dengan menjadikan kunyit sebagai bubuk kunyit terlebih dahulu.

Jika tidak ingin membubukkan kunyit, kalian bisa membeli kunyit bubuk di apotik atau warung dengan syarat bubuk kunyit harus tidak mengalami penambahan bahan apapun atau murni bubuk kunyit.

Cara mengobati kucing yang terluka dengan kunyit yakni dengan mengoleskan bubuk kunyit yang sudah dicampur sedikit air pada bagian tubuh kucing yang terluka.

Selanjutnya, kalian bisa menutup luka kucing yang telah diberi bubuk kunyit dengan perban dan lakukan pergantian kurang lebih 2 hingga 3 kali sehari agar luka cepat mengering.

Nah itu dia pembahasan tentang cara mengobati kucing yang terluka dengan kunyit. Semoga membantu.***