Cara Mengobati Mata Ikan Arwana Turun Sebelah

Posted on

Mata ikan arwana turun sebelah mungkin menjadi salah satu permasalahan umum yang dihadapi oleh pecinta arwana. Hal ini karena arwana sendiri merupakan jenis ikan yang cukup banyak diminati sebagai ikan hias. Bentuknya yang cantik membuat arwana sangat cocok dipelihara di aquarium.

Hanya saja, terkadang beberapa pemilik arwana tidak tahu bagaimana cara menyembuhkan mata ikan arwana turun sebelah atau arwana mata juling. Penyebab Ikan Arwana Stres Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai penyebab serta bagaimana cara menyembuhkan mata ikan arwana turun sebelah.

Cara Mengobati Mata Ikan Arwana Turun Sebelah
Cara Mengobati Mata Ikan Arwana Turun Sebelah

Penyebab Mata Ikan Arwana Turun Sebelah

Untuk mengobati mata ikan arwana turun sebelah, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Hal ini karena ikan arwana termasuk jenis ikan yang kuat. Arwana bahkan sangat tidak mudah terserang jamur ataupun bakteri seperti halnya ikan hias lainnya. Meski demikian, arwana termasuk ikan yang mudah mengalami stress.

Lantas apa yang menjadi penyebab mata ikan arwana drop eye atau turun sebelah? Secara umum, kasus ikan arwana yang matanya turun sebelah diakibatkan oleh perawatan yang kurang bagus. Jenis Penyakit Ikan Arwana Misalnnya ketika memberi pakan pada ikan arwana yang jatuh hingga dasar aquarium.

Contohnya adalah cacing atau udang. Nah, umumnya ikan arwana diberi makanan ikan hidup atau jangkrik. Hal ini karena jangkrik ataupun ikan hidup jarang mengendap di bagian dasar aquarium.

Penyebab mata ikan arwana turun sebelah yang lainnya adalah pemberian cahaya lampu yang terlalu terang pada dasar aquarium.

Hal tersebut dapat terus menarik perhatian ikan arwana sehingga lambat laun arwanaakan mengalami stress yang mengakibatkan drop eye disease (penyakit mata turun) pada arwana. Intinya adalah kurangi pemberian aksesoris ataupun lampu-lampu yang terlalu menarik perhatian ikan arwana.

Meskipun mata ikan arwana turun sebelah tidak akan menimbulkan kebutaan, namun dalam kondisi yang parah, arwana tidak akan mampu berenang seperti biasa.  Bahkan dalam berbagai kasus ikan arwana akan berenang secara terlentang dan tak dapat mengambil makanan yang ada di permukaan air.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Mata Ikan Arwana Turun Sebelah ?

Nah, setelah membahas mengenai penyebab mata ikan arwana drop eye, kini saatnya mengulas mengenai cara mengobati mata ikan arwana turun sebelah. Arwana Berenang Miring? Penyebab dan Solusi Sekedar informasi, cara paling efektif dan cepat untuk mengobati mata ikan arwana juling adalah dengan operasi. Tentu saja harus dilakukan oleh mereka yang telah professional ataupun dokter hewan.

Lantas berapa kisaran biaya operasi mata ikan arwana turun sebelah? Biaya yang perlu Anda persiapkan berkisar antara 500 ribu hingga 2 juta rupiah. Namun hal tersebut tentu tergantung dari seberapa parah mata juling pada ikan arwana Anda.

Jika Anda tidak memiliki anggaran untuk operasi mata ikan arwana, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Mengutip dari situs blacan, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan mata ikan arwana turun sebelah.

Pertama, apabila mata ikan arwana tiba-tiba juling turun, cobalah elus matanya dengan tangan secara lembut. Hal ini karena terkadang urat saraf mata ikan arwana mengalami kaku sehingga menyebabkan matanya turun sebelah.

Perlu diperhatikan, lakukan hal ini apabila Anda telah benar-benar akrab dengan ikan arwana tersebut. Dengan begitu, arwana tidak akan agresif dan stress ketika diobati.

Kedua, jika kondisi ikan arwana drop eye sudah terlalu parah, maka satu-satunya cara adalah dengan dioperasi. Pada langkah ini, ikan arwana harus dibius terlebih dahulu untuk menghindari stress. Setelah itu, cara operasi mata ikan arwana adalah dengan membedah mata bagian atas lalu buang lender putih yang terdapat di dalam mangkok matanya.

Ketiga, apabila telah melakukan langkah di atas, baik dengan mengelus atau mengoperasi mata ikan arwana, Anda dapat memberikan sebuah treatment agar mata ikan arwana kembali normal.

Caranya yakni dengan memberikan kerikil hitam di bagian bawah aquarium. Cara ini memang tak dapat bekerja secara instan, namun lambat laun, mata ikan arwana turun sebelah akan kembali normal.

Nah, itu dia beberapa cara mengobati mata juling pada arwana.

Cara Mencegah Mata Ikan Arwana Turun Sebelah

Dari pembahasan di atas Anda pasti sudah tahu bagaimana cara mencegah mata ikan arwana turun sebelah atau juling. Namun perlu diingat, cara pencegahan ini tergantung dari kondisi ikan arwana Anda masing-masing.

Untuk pencegahan serta pengobatan pada ikan arwana turun sebelah, sebisa mungkin hias aquarium arwana Anda layaknya habitat asli mereka.

Dalam masa pengobatan mata ikan arwana turun sebelah, letakkan lampu bohlam merah di bagian atas aquarium. Hal ini bertujuan agar ikan arwana tertarik untuk terus melihat ke atas. Anda juga dapat menempatkan bola pimpong berwarna orange sehingga mengambang di aquarium.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengurangi hiasan di bawah aquarium. Ini karena ikan arwana biasa hidup di tempat yang tenang dengan cahaya redup.

Dengan adanya hiasan berupa lampu atau aksesoris lainnya, maka arwana akan sangat mudah tertarik untuk melihat objek tersebut. Itu dia langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah arwana mata kodok atau turun sebelah.

Beberapa Pertanyaan Mengenai Mata Ikan Arwana Turun Sebelah

Terdapat beberapa pertanyaan umum terkait mata ikan arwana turun sebelah. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertanyaan : Bagaimana cara untuk mencegah mata ikan arwana yang juling atau turun sebelah?

Jawab : Usahakan menempatkan ikan arwana Anda di aquarium dengan ukuran 10 kali lebih besar dari tubuhnya. Mengatasi Arwana Kagetan, Bagaimana Caranya ? Selain itu, sebisa mungkin membuat aquarium terlihat seperti habitat asli ikan arwana.

Kemudian jangan menggunakan lampu yang terlalu terang dan berikan substrat berupa pasir hitam di bagian bawah aquarium.

Pertanyaan: Ikan arwana menggunakan jangkrik sebagai makanan utama, bukan udang ataupun cacing. Apakah ada jenis pakan arwana tertentu yang dapat memicu mata ikan arwana turun sebelah?

Jawab: Makanan paling baik untuk arwana memang merupakan pakan yang kaya akan protein. Di antaranya adalah ikan, jangkrik, udang, cacing, dan lain sebagainya.

Hal ini karena binatang sebenarnya tidak akan memicu timbulnya mata ikan arwana turun sebelah. Habitat Asli Ikan Arwana Indonesia dan Ciri-Cirinya Namun perlu diperhatikan, usahakan agar makanan arwana tersebut tidak sampai mengendap hingga dasar aquarium sehingga tidak memicu timbulnya mata arwana drop eye.

Pertanyaan: Apakah mata ikan arwana turun sebelah dapat disembuhkan tanpa operasi?

Jawab : Tentu saja bisa. Caranya adalah dengan memindahkan ikan arwana ke dalam tempat yang lebih luas dari aquarium, misalnya kolam. Pada kolam tersebut lengkapi pula dengan sirkulasi air yang bagus dan berikan pakan berupa kodok.

Demikian informasi yang dapat kami berikan untuk Mengobati Mata Ikan Arwana Turun Sebelah. Semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat bagi Anda, khususnya para pecinta arwana, semoga bermanfaat sobat binatangmu.com