Cara Mengobati Sakit Kuning Pada Kucing

Posted on
Ilustrasi Foto Kucing Sakit (Foto: Bola.com)

Binatangmu – Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan rumahan yang banyak dipelihara oleh manusia. Memiliki kucing yang sehat dan lincah tentu harapan semua pecinta kucing, bukan?

Namun terkadang kucing juga bisa menderita sakit, misalnya saja sakit kuning pada kucing. Lantas apa sih yang dimaksud dengan sakit kuning pada kucing?

Apa saja hal yang menyebabkan sakit kuning pada kucing dan bagaimana gejala sakit kuning pada kucing? Yang paling penting, bagaimana cara mengobati sakit kuning pada kucing?

Kucing kesayangan yang kita pelihara maupun kucing liar yang hidup di jalanan tak jarang juga melakukan kegiatan-kegiatan seperti manusia. Misalnya saja jalan-jalan, makan, minum, tidur, hingga bertengkar dengan sesamanya.

Kucing yang hidup di jalanan bisa saja memakan makanan sembarangan, tentu hal ini berbeda jika kucing tersebut kita pelihara dengan baik di rumah.

Kucing rumahan akan mendapat perawatan dan perhatian makanan yang lebih khusus serta bisa dipastikan kualitasnya dibanding kucing jalanan. Oleh karena itu kucing bisa saja terkena penyakit kuning.

Apa yang Dimaksud Sakit Kuning pada Kucing?

Sakit kuning pada kucing yakni sakit menyerang pigmentasi kulit kucing menjadi berwarna kekuningan. Biasanya, sakit kuning pada kucing bisa dilihat pada perubahan waktu kulit, serum, urin dan anggota tubuh lainnya pada kucing yang berubah menjadi kekuningan.

Penyebab Sakit Kuning pada Kucing

Penyebab sakit kuning pada kucing biasanya karena akibat dari penumpukkan pigmen dalam darah ataupun jaringan bilirubin.

Bilirubin atau yang dikenal sebagai pigmen ini mengalami kehancuran pada jaringan sel darah merah yang telah berlangsung selama 100 hari sehingga sel darah tersebut berubah warna menjadi kuning.

Karena sistem sekresi pada hati sangat berpengaruh terhadap seluruh organ tubuh, penyakit kuning pada kucing ini bisa saja terjadi karena tubuh kucing tidak mengeluarkan komponen empedu dan bilirubin dengan normal.

Hal inilah yang membuat sakit kuning pada kucing dapat terlihat dibeberapa bagian seperti gusi kucing, telinga, kulit, selaput lendir, dan sebagainya.

Selain karena kerusakan fungsi hati, sakit kuning pada kucing juga bisa disebabkan karena adanya infeksi bakteri, kucing keracunan, atau hipertiroidisme.

Gejala Sakit Kuning pada Kucing

Gejala sakit kuning pada kucing merupakan tanda atau sinyal jika kucing kesayangan kita maupun kucing liar sedang mengalami gangguan kesehatan utamanya sistem sekresi hati.

Beberapa bagian tubuh yang terdampak karena adanya aktifitas ab-normal dari bilirubin ini bisa dilihat pada mulut, telinga, kulit, dan selaput lendir yang berubah warna menjadi kekuningan.

Sebenarnya masih terdapat banyak gejala sakit kuning yang dapat diamati, misalnya saja kucing menjadi lemas, tidak nafsu makan, sering kesakitan, dan lain-lain.

Gejala ini juga akan lebih mudah dilihat pada kucing yang tidak memiliki bulu sehingga pada kucing biasa kalian harus lebih memperhatikan secara ekstra ya sobat.

Cara Mengobati Sakit Kuning pada Kucing

Cara mengobati sakit kuning pada kucing dapat dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab sakit kuning pada kucing. Hal ini sangat penting dilakukan agar kita tidak salah memberikan pengobatan ya sobat.

Dalam hal ini, cara mengobati sakit kuning pada kucing yang paling disarankan adalah dengan membawa kucing ke dokter hewan. Hal ini karena dokter hewan dapat mendiagnosa jenis penyakit yang diderita oleh kucing kesayangan kita.

Selanjutnya, kita dapat mengobati sakit kuning pada kucing dengan memberikan obat yang telah diresepkan oleh dokter. Sobat juga tidak perlu was-was atau khawatir sebab dokter hewan pasti akan memberikan pengobatan yang tepat kepada kucing kita.

Nah demikian informasi tentang bagaimana cara mengobati sakit kuning pada kucing, baik kucing liar maupun kucing peliharaan. Semoga bermanfaat.***