Cara Merawat Ikan Channa

Posted on

Channa Pulcra Atau Kepala Ular Merak

Channa pulcra atau kepala ular merak adalah spesies Channa yang baru diidentifikasi oleh R. Britz pada tahun 2007 dari spesimen yang diperoleh dari Sungai Kyentali Chaung di Rakhine Yoma, Myanmar barat.

Di tempat asalnya, mereka hidup di sungai yang mengalir deras dengan kadar oksigen yang tinggi dan suhu yang agak dingin (subtropis), karena air tempat mereka tinggal berasal dari Himalaya.

Channa Pulchra Atau Kepala Ular Merak
Channa Pulchra Atau Kepala Ular Merak
  • Ciri Fisik

Termasuk dalam kategori ikan gabus kerdil Channa pulcra dengan panjang maksimal 25-30 cm. Mereka memiliki warna tubuh abu-abu berbintik dengan banyak bintik hitam dan bintik oranye. Kepala juga berbintik-bintik dengan bintik-bintik hitam yang sama, tetapi bintik-bintik oranye hilang.

Sirip dada biasanya memiliki empat pita putih dengan pola setengah lingkaran. Sirip punggung memiliki satu atau lebih bintik hitam di bagian depan. Dalam kasus yang jarang terjadi, polanya hilang. Jika Anda tidak tahu jenis kelamin ikan Anda, jangan khawatir.

Channa pulchra jantan memiliki kepala yang lebar, sirip punggung yang lebih tinggi dari betina dan sirip dubur yang lebih ringan. Pada wanita, mereka lebih tebal di perut.

  • Kondisi Tangki

Channa pulchra tahan terhadap suhu air dan parameter air yang berbeda. Namun, dengan suhu air tropis yang berkepanjangan, kesehatan ikan melemah dan akhirnya menderita infeksi bakteri (fatal). Oleh karena itu, simpan Channa pulchra di musim panas pada suhu antara 20-24 ° C dan suhu yang lebih rendah dari 16-19 ° C di musim dingin.

Untuk akuarium, siapkan minimal satu akuarium berukuran 100 x 45 x 45 cm atau lebih besar. Untuk menghindari stres bagi ikan Anda, beri ikan Anda lapisan kerikil kecil di dasar akuarium, dan Anda juga dapat menambahkan beberapa tanaman, potongan kayu, pot bunga, dan pipa PVC sehingga ikan dapat bersembunyi ketika mereka membutuhkan waktu untuk diri mereka sendiri.

Agar warna ikan Anda tetap cerah, Anda bisa memasang background warna terang terlebih dahulu. Latar belakang putih sangat efektif karena akan membuat ikan Anda terlihat lebih cerah. Pakai yang putih juga untuk lampu ya, tapi pilih yang tidak menyilaukan agar ikan Channa Pulchra Anda berwarna terang.

Juga gunakan pasir putih yang buruk dengan substrat, karena ikan menyesuaikan warna tubuhnya dengan kondisi lingkungannya. Jika kondisi akuarium Anda cerah, ikan Anda juga akan cerah.

Seperti Channa lainnya, mereka adalah penyendiri dan ikan teritorial. Di alam liar, setiap Channa Pulcra memiliki tempat persembunyiannya sendiri. Jadi jika Anda masih ingin memelihara dua ikan di akuarium yang sama, pastikan mereka tidak saling bertemu agar tidak bertengkar.

Oh ya, jangan lupa untuk menutup tutup akuarium dengan rapat, karena ikan lah yang suka melompat. Anda bisa menggunakan penutup yang terbuat dari jaring, triplek, kaca, dll. Jangan lupa tutup rapat.

  • Makanan

Sebagai karnivora. Channa pulcra memakan semua jenis makanan ikan hidup seperti Artemia, jentik nyamuk, jentik nyamuk, udang, serangga, siput dan terutama cacing tanah, ikan, katak. Potongan ikan sering ditolak, meskipun palet beku dan kering diterima.

Jangan lupa untuk memberikan nutrisi dan pigmentasi yang baik pada Channa Pulcra Pellets Anda agar ikan Anda sehat dan warnanya tetap bagus.

Setelah membaca cara merawat Channa cantik asal Myanmar ini, bagaimana menurut Anda? Langsung bikin pengen beli.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Tips dan Cara Merawat Ikan Channa Pulchra semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat binatangmu.com semoga bermanfaat jangan lupa di share