Cara Merawat Ikan Gabus Toman

Diposting pada

Mikropeltes Channa

Mikropeltes Channa, atau lebih dikenal dengan nama populernya, Giant Snakehead adalah salah satu spesies Channa terbesar dalam famili Channidae. Terkadang mereka juga disebut sebagai kepala ular merah di masa mudanya karena warna merahnya.

Cara Merawat Ikan Channa Micropeltes
Cara Merawat Ikan Channa Micropeltes

Baca Juga : Ikan Hias Air Laut

Micropeltes

Micropeltes adalah ikan Channa yang cukup sosial, anak ayam hidup berkelompok yang diawasi oleh kedua orang tuanya.

Mereka hidup secara sosial hingga mencapai usia dewasa, di mana mikropel hidup berpasangan dan menjadi agresif terhadap mikropel lain dan spesies ikan lainnya.

Dalam waktu dua bulan, warna merah mereka memudar digantikan oleh kuning-putih pada tubuh dan pola bintik-bintik merah pada ekor. Seiring waktu, micropelt remaja berubah warna menjadi campuran pola hitam dan putih.

Dalam waktu 2 tahun mereka menjadi 50-60 cm dan tumbuh dengan stabil dengan panjang rata-rata 106 cm dan berat 22 kg, meskipun spesimen terbesar dapat mencapai panjang 150 cm.

Untuk membedakan jenis kelaminnya, ikan Micropeltes betina memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dari pada jantan dan perutnya lebih besar.

Mereka ditemukan di Asia Tenggara, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Indonesia, terutama di Sumatera dan Kalimantan.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar

  1. Kondisi tangki

Karena ukurannya, untuk seekor ikan Anda perlu menyiapkan tangki dengan panjang minimal 4 meter. Tangki besar diperlukan karena membutuhkan banyak ruang untuk bergerak.

Dari segi suhu, micropeltes Channa cukup sulit untuk dipertahankan, ya bisa beradaptasi dengan suhu 24-28°C.

Untuk mengisi akuarium Anda, Anda bisa menggunakan batang dan daun ketapang untuk menciptakan kesan alami agar ikan Anda tidak stres dan bisa bersembunyi.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Channa

Mereka juga bisa menambahkan substrat berupa pasir halus agar lebih sesuai dengan kondisi kehidupannya di alam.

  1. Makanan

Seperti Channa lainnya, mereka adalah karnivora yang memakan makhluk lain. Anda bisa memberi mereka makan seperti cacing, serangga, udang, ikan, dan pelet.

Mikropelt muda membutuhkan makanan setiap hari untuk mendukung pertumbuhannya, ketika mencapai ketinggian 45-90 cm Anda hanya perlu memberi makan 2-4 kali seminggu.

Hal ini dilakukan agar ikan Anda tidak mengalami kesulitan mencerna makanan yang dapat menyebabkan gas, beri makan ikan tetapi jangan menggunakannya sebagai makanan pokok karena ikan Anda akan memiliki lebih sedikit nutrisi dan pastikan untuk memberi makan ikan hijauan Anda satu kali buang air besar terlebih dahulu dan ini bebas parasit.

Baca Juga : Jenis dan Harga Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Channa Micropeltes Untuk Pemula

Kali ini saya ingin sedikit memberikan tips nih cara merawat Ikan Channa Micropeltes untuk para pemula. Silahkan dibaca sampai selesai ya. Jangan lupa share ke sosial media kalian agar bermanfaat untuk banyak orang. Semoga bermanfaat.

ikan Channa Micropeltes
ikan Channa Micropeltes

Baca Juga : Tips dan Cara Memelihara Ikan Koi

Banyak orang mengira bahwa ikan Channa Micropeltes itu ikan yang susah dipelihara. Padahal sebenarnya, asal kamu tahu cara merawatnya, ikan Channa Micropeltes bisa termasuk mudah dalam hal perawatan.

Kalau dibahas sekilas, ikan Channa Micropeltes atau sering disebut juga Giant Snakehead Fish merupakan salah satu ikan hias air tawar yang cukup populer di Indonesia. Terutama di kalangan pecinta ikan hias predator.

Ikan ini punya nama lain yaitu Giant Snakehead Fish. Dimana ciri khasnya adalah warna kombinasi antara hitam, hijau dan biru dengan corak batik yang sangat indah.

Lalu buat kamu para pemula yang masih bingung, apa saja sih tips merawat ikan Channa Micropeltes ? Kamu penasaran? Yuk simak hal yang perlu diperhatikan dibawah ini.

  1. Beri Makan Ikan Kecil

Tips yang pertama adalah dengan memberinya makanan berupa ikan kecil. Seperti yang kamu ketahui kalau ikan Channa Micropeltes atau Giant Snakehead adalah salah satu ikan predator yang cukup garang.

Saat memelihara Channa Micropeltes, kamu bisa memberinya makanan ikan-ikan kecil contohnya seperti ikan Molly, Lele, Cere, dan lainnya. Perkara pakan ikannya hidup atau mati, sebenarnya ikan ini fleksibel untuk memakan kedua tipe ikan tersebut.

Namun disarankan kamu memberinya makanan berupa ikan yang masih hidup. Selain lebih fresh, tentu dapat melatih skill berburu dari ikan Channa Micropeltes semakin sangar. Sehingga insting predator alaminya tidak hilang.

  1. Dekorasi Tanaman Air

Kemudian yang kedua adalah terkait dekorasi tanaman air. Di habitat aslinya, Channa Micropeltes sangat suka hidup di daerah perairan dengan vegetasi alias tanaman air yang melimpah.

Untuk itulah penting membuat ikan ini nyaman dengan memberinya dekorasi berupa tanaman air. Tanaman airnya pun bebas kamu pilih, mau yang asli atau bisa juga yang plastik.

Dan jangan lupa, tidak hanya tanaman air saja ya, lengkapi dekorasi lainnya. Seperti pasir, batu-batuan, sampai kayu. Pokoknya semakin mirip dekorasi akuarium seperti habitat aslinya, maka semakin nyaman pula si ikan Channa Micropeltes tersebut. Dan Tehnik ini akan meningkatkan pesona indah pada ikan Channa Micropeltes anda.

  1. Pemilihan Tankmate

Lalu tips yang ketiga adalah soal pemilihan tankmate. Kalau kamu pelihara ikan Channa, maka tidak bisa sembarangan dalam memilih tankmate.

Saat ikan Channa Micropeltes masih kecil, mungkin kamu bisa lebih leluasa untuk memilih tankmate. Kenapa bisa begitu? Itu karena Channa Micropeltes saat kecil masih cenderung kalem dan tenang.

Namun ketika Channa Micropeltes sudah mencapai kematangan seksual, ikan ini bakal agresif. Pada saat itulah Channa Micropeltes hanya dapat dipelihara sendirian saja. Jika dipaksakan dengan pola kelompok / koloni sangatlah berbahaya karena dapat memangsa ikan lainnya / sejenisnya yang lebih lemah. sampai disini paham ya.

  1. Background Akuarium Yang Pas

Pada urutan keempat, tipsnya adalah tentang background akuarium yang harus pas. Pada tips yang keempat ini lebih bertujuan untuk mempercantik tampilan sehingga siapapun yang melihatnya jadi lebih enak.

Untuk background akuariumnya kamu bisa menggunakan warna antara hitam, hijau, dan biru. Warna background yang hitam membuat tampilan terkesan tegas dan lebih mencolok untuk si ikan Channa Micropeltes. Sedangkan warna hijau lebih terkesan natural dan warna biru terkesan lebih akuatik serta segar.

  1. Pemakaian Lampu

Terakhir, tips yang kelima adalah soal pemakaian lampu. Sama seperti tips keempar, tips kelima ini lebih berorientasi pada penampilan dan estetika. Jadi selain menambahkan background akuarium, jangan lupa juga ya untuk menambahkan lampu.

Lampu yang kamu pakai bisa berupa lampu UV. Untuk warna mungkin akan lebih cocok jika menggunakan warna putih. Selain lebih terang, cahaya warna putih pada lampu UV juga dinilai lebih netral.

Bagiamana? Apakai kamu setuju kalau warna lampu sebaiknya putih saja? Atau malah menurutmu merah dan warna-warna lainnya? Berikan komentar kalian dibawah ya cocoknya pakai apa…

  1. Pengaman Jaring / Ram besi

Karakteristik ikan semua ikan channa adalah hobby melompat keluar kolam / akuarium. Maka berilah pengaman kolam / akuarium anda seperti jaring / ram besi agar ikan tidak melompat keluar dan mati sia-sia.

Demikian Pembahasan kita kali ini tentang Cara Merawat Gabus Toman Channa Micropeltes Secara Lengkap dan Jelas, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat binatangmu.com