10 Cara Merawat Kucing Anggora agar Bulunya Tidak Rontok

Posted on

Binatangmu – Bagaimana cara merawat kucing anggora agar bulunya tidak rontok? Ini menjadi pertanyaan banyak cat lover yang memelihara kucing anggora. Hal ini karena sebenarnya kucing anggora merupakan tidak berasal dari Indonesia sehingga iklim tropis memicu kerontokan pada bulu kucing ini.

Di samping itu, sebagai ras kucing yang sangat terkenal dan populer di Indonesia, akhirnya muncul beberapa jenis kucing anggora. Misalnya anggora long hair (berbulu panjang) dan anggora short hair (berbulu pendek). Kondisi tersebut tentu dipengaruhi oleh hasil perkawinan silang kucing anggora tersebut.

Kembali pada pembahasan utama, bagaimana cara merawat kucing anggora agar bulunya tidak rontok, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut.

10 Cara Merawat Kucing Anggora agar Bulunya Tidak Rontok

Cara Merawat Kucing Anggora agar Bulunya Tidak Rontok

Cara yang kami sajikan pada kesempatan kali ini juga dapat kamu aplikasikan untuk ras kucing lain seperti persia long hair.

1. Sisir Bulu Kucing secara Rutin

Ini adalah cara paling mudah untuk menjaga dan merawat kucing anggora agar bulunya tidak rontok. Sekedar informasi, kucing long hair, memang memiliki potensi kerontokan bulu yang lebih besar dibandingkan kucing short hair. Ketika bulu-bulu kucing rontok, umumnya bulu tersebut akan menempel di tubuh kucing kemudian mengumpal dan memicu terjadinya pengumpulan kotoran di bagian bulu tersebut. Akibatnya, bulu-bulu lain juga akan cenderung lebih mudah rontok.

Oleh karena itulah, kamu harus menyisir bulu kucing anggora secara rutin setiap hari. Saat ini sudah banyak sekali produk sisir untuk kucing yang dapat kamu peroleh di petshop ataupun toko online. Saat bulu-bulu yang rontok dibersihkan, maka risiko menumpuknya bulu di tubuh kucing dapat dihindari.

2. Rajin Memandikan Kucing

Cara merawat kucing anggora agar bulunya tidak rontok yang selanjutnya adalah dengan rutin memandikan kucing. Ketika kamu memandikan kucing secara rutin, maka berbagai penyakit yang memicu kerontokan bulu seperti jamur dapat dihindari. Selain itu, kucing juga akan lebih sehat karena kutu-kutu yang bersarang di bulunya dapat diusir dengan memandikannya.

3. Memberikan Kuning Telur

Cara berikutnya adalah dengan memberikan kuning telur pada kucing. Banyak yang percaya bahwa protein tinggi yang terdapat pada kuning telur dapat membantu memperkuat sel-sel pada bulu kucing. Hal inilah yang membuat kuning telur cukup memiliki peranan penting dalam perawatan bulu kucing.

Untuk memberikan kuning telur, kamu dapat memberikan kuning telur yang digoreng atau sudah dicampur dengan makanan harian kucing. Tak perlu sering-sering, cukup berikan kuning telur 2 – 3 kali dalam seminggu. Dengan kandungan protein tinggi tersebut, tumbuh kembang kucing anggora pun akan sangat terbantu.

4. Memberikan Minyak Ikan

Tak hanya untuk kucing anggora, semua kucing berbulu panjang membutuhkan minyak ikan agar bulunya tidak mudah rontok. Hal ini karena pada minyak ikan terdapat kandungan omega 3 yang membantu merawat kondisi kesehatan bulu kucing. Minyak ikan dapat diperoleh di petshop dalam bentuk cairan dalam kapsul. Kamu dapat mencampurnya pada makanan kucing atau diberikan pada kucing secara langsung agar dijilati.

5. Memberikan Vitamin E

Cara merawat kucing anggora agar bulunya tidak rontok selanjutnya adalah dengan memberikan vitamin E. Seperti halnya manusia, vitamin E juga memiliki khasiat yang luar biasa dalam merawat bulu kucing sehingga tidak mudah rontok. Namun berbeda dengan obat kucing petshop, mendapatkan vitamin E tidak mudah. Umumnya vitamin E dapat diperoleh di dokter hewan. Tapi jika kamu kesulitan mendapatkannya, cukup pilih produk makanan kucing yang memiliki kandungan vitamin E.

6. Jemur Kucing secara Rutin

Cara berikutnya adalah dengan menjemur kucing. Ini adalah cara paling alami untuk mengatasi kerontokan bulu pada kucing anggora. Ada banyak sekali manfaat dari sinar matahari yang diperoleh oleh kucing. Misalnya tubuh mereka jadi lebih sehat karena mendapatkan sinar matahari hingga mencegah munculnya jamur di tubuh kucing.

Dalam menjemur kucing anggora, kamu hanya perlu menjemur mereka sekitar 10 – 15 menit. Jam yang paling tepat untuk menjemur kucing adalah pada pukul 08.00 – 10.00 WIB. Namun perlu diperhatikan, jangan terlalu lama menjemur kucing anggora. Takutnya, mereka merasakan kepanasan karena bulunya yang terlalu panjang.

7. Sediakan Tempat yang Sejuk

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kucing anggora berbulu panjang cenderung lebih mudah merasakan panas dibandingkan anggora berbulu pendek. Ini adalah hal normal yang dialami oleh kucing ras, baik itu kucing anggora ataupun kucing persia.

Sekedar informasi, kucing ras memang hidup di negara yang memiliki musim dingin. Itulah alasan mengapa secara alami kucing ras dinanugerahi bulu panjang untuk mendapatkan kehangatan. Kondisi tersebut tentu berbeda dengan Indonesia yang memiliki iklim tropis. Oleh karena itu, jika bisa, sediakan tempat yang cukup sejuk dalam merawat kucing. Dengan begitu, bulu kucing tidak akan mudah rontok.

8. Jangan Biarkan Kucing Stres

Ada banyak sekali penyebab kucing stres mulai dari kondisi yang tidak nyaman, kucing sedang birahi, dan sebagainya. Untuk masalah alami penyebab kucing stres seperti kucing birahi, tentu kamu akan sulit mencegahnya. Namun untuk permasalahan lain, kamu harus mencegahnya. Setidaknya kamu harus memberikan perawatan yang maksimal sehingga kucing tidak stres. Dengan begitu, maka risiko kucing anggora mengalami kerontokan bulu dapat dicegah.

9. Jangan Berikan Pakan Ikan Mentah

Seperti yang kita tahu, ada sebuah mitos bahwa memberikan makan ikan pada kucing ras dapat memicu kerontokan bulu. Hingga sekarang, kami belum dapat memperoleh alasan ilmiah terhadap masalah tersebut. Namun tidak ada salahnya untuk melakukan hal ini agar bulu kucing anggora tidak rontok, kan?

10. Rutin Memeriksakan Kesehatan Kucing ke Dokter Hewan

Cara merawat kucing anggora agar bulunya tidak rontok yang terakhir adalah dengan rutin memeriksakan kesehatan kucing ke dokter hewan. Tujuannya agar kucing anggora kesayanganmu tidak terjangkit berbagai penyakit yang menyebabkan kerontokan bulu. Contohnya adalah penyakit jamuran hingga kutu.

Itu dia beberapa cara merawat kucing anggora agar bulunya tidak rontok. Kesimpulannya, kamu harus memberikan perawatan terbaik demi kesehatan kucing kesayanganmu. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu, ya!

https://t.me/s/binatangmucom/21