Cara Merawat Kucing Persia Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Diposting pada

Binatangmu – Sebenarnya tak banyak orang yang mencari bagaimana cara merawat kucing persia umur 1 bulan tanpa induk. Alasannya, karena umumnya kucing persia yang masih sangat kecil biasanya memang masih hidup dan sangat tergantung pada induknya.

Meski demikian, terdapat kemungkinan yang membuat kamu harus mengetahui cara merawat kucing persia umur 1 bulan tanpa induk. Misalnya induk kucing persia mati karena penyakit ataupun melakukan adopsi terhadap kucing persia yang masih sangat kecil.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara merawat kucing persia umur 1 bulan tanpa induk. Dengan begitu, kamu dapat melakukan langkah-langkah tepat sehingga anakan kucing persia dapat tumbuh dengan sehat seperti halnya anakan kucing persia lainnya.

Cara Merawat Kucing Persia Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia Umur 1 Bulan Tanpa Induk?

Sebelumnya, kami mengatakan bahwa memang cukup sulit dan riskan apabila kamu tidak mengetahui bagaimana cara merawat kucing persia secara benar. Ini karena kucing ras memang memiliki sedikit perbedaan dengan kucing lokal/kucing kampung pada umumnya. Daya tahan tubuh kucing ras dinilai lebih ‘lemah’ karena memang Indonesia bukan merupakan habitat asli mereka.

Jika kamu secara sengaja atau tidak harus merawat kucing persia umur 1 bulan tanpa induk, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mempersiapkan Tempat yang Nyaman

Langkah pertama adalah mempersiapkan tempat tinggal yang nyaman untuk anakan kucing persia. Meskipun terdengar sepele, namun anak kucing persia yang hidup tanpa induknya membutuhkan tempat yang nyaman dan hangat. Hal ini karena umumnya kucing persia umur 1 bulan belum memiliki bulu tebal sehingga mereka masih membutuhkan tempat yang hangat.

Jika kamu perhatikan, anakan kucing persia usia 1 sampai 2 bulan biasanya tidur di tubuh induknya ataupun berkumpul bersama saudara mereka untuk mendapatkan kehangatan. Untuk itulah, kamu juga harus menyediakan kehangatan bagi anak kucing persia.

Selain itu, pastikan juga tempat tinggal anakan kucing persia umur 1 bulan juga bersih. Tujuannya agar mereka tidak terserang jamur ataupun kutu yang dapat mempengaruhi kesehatan mereka.

2. Memilih Produk Susu yang Tepat

Langkah berikutnya adalah memilih produk susu yang tepat. Seperti yang kita tahu, kucing persia umur 1 bulan masih menyusu pada induknya. Dengan kata lain, kamu juga harus memilih produk susu kucing yang berkualitas. Dalam hal ini, kamu dapat berkonsultasi ke dokter hewan ataupun pemilik petshop terkait jenis susu apa yang aman untuk anak kucing persia.

Sebagai saran, jangan langsung memberikan produk susu kucing terlalu banyak pada anak persia umur 1 bulan. Kamu harus memperhatikan apakah susu tersebut cocok dikonsumsi oleh kucing atau tidak. Biasanya pemberian susu kucing yang kurang sesuai akan membuat kucing persia mengalami gangguan pencernaan seperti mencret.

3. Memberikan Makanan Berkualitas

Seperti halnya susu, kamu juga harus menyediakan makanan berkualitas untuk kucing persia umur 1 bulan. Tujuannya tentu saja agar mereka dapat tumbuh kembang dengan sehat tanpa kekurangan asupan vitamin dan protein.

Sebagai saran, untuk kucing persia umur 1 bulan, kamu dapat memberikan pakan kering yang dicampur dengan sedikit pakan basah. Hal ini karena kucing persia yang  masih kecil terkadang masih kesulitan dalam mencerna pakan kering. Dengan adanya campuran pakan basah, diharapkan mereka dapat menelan pakan lebih baik.

4. Melatih Anak Kucing Buang Air di Litter Box atau Kotak Pasir

Cara merawat kucing persia umur 1 bulan tanpa induk yang berikutnya adalah dengan melatih kucing untuk buang air di litter box atau kotak pasir. Dengan begitu, sampai mereka besar nanti, kucing akan terbiasa untuk pup di litter box.

Sebenarnya hal ini tak membutuhkan banyak kerja keras karena secara naluri, kucing akan buang air di tempat yang ‘sesuai’. Ketika melihat pasir, mereka akan buang air di sana. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah menyediakan kotak pasir sebagai tempat buang air bagi kucing.

5. Membersihkan Tubuh Kucing secara Rutin

Selanjutnya kamu juga harus membersihkan tubuh kucing secara rutin. Bagi kamu yang sudah terbiasa memandikan kucing, maka kamu dapat memandikan anak kucing ketika tubuh mereka sudah terlihat lusuh atau kotor karena bermain.

Untuk kucing persia kecil, cara memandikan yang tepat adalah menggunakan air hangat. Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi kucing karena umumnya kucing takut akan air, terlebih air dingin. Ketika memandikan kucing, gunakan juga shampoo yang bagus untuk bulu serta kulit kucing persia.

6. Ajak Mereka Bermain

Cara merawat kucing persia umur 1 bulan tanpa induk yang terakhir adalah senantiasa mengajak mereka bermain. Selayaknya anak kecil, kucing persia yang masih kecil juga sangat gemar bermain-main. Terlebih kucing persia yang hidup tanpa induk ataupun saudara-saudaranya yang lain. Ketika kucing kerap kali bermain, maka mereka akan lebih mudah terhindar dari rasa stress.

Demikian sedikit saran yang dapat kami berikan sebagai cara merawat kucing persia umur 1 bulan tanpa induk. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu. Oh ya, apa yang kami tulis di sini merupakan pengalaman pribadi ketika kami merawat anak-anak kucing persia.

https://t.me/s/binatangmucom/11