Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan Tanpa Induk

Posted on
Binatangmu – Bagaimana cara merawat kucing persia umur 2 bulan tanpa induk? Padahal di umur ini, kucing persia masih membutuhkan asupan nutrisi dari air susu induknya. Selain itu, kucing persia usia 2 bulan juga belum begitu bisa mandiri sehingga membutuhkan perawatan yang cukup intens apabila tanpa induknya.
Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara merawat kucing persia umur 2 bulan tanpa induk.
Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan Tanpa Induk

Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan Tanpa Induk

Sekedar informasi, biasanya anak kucing sudah dapat berhenti menyusu pada induknya ketika memasuki usia 3 bulan. Pada usia tersebut, anak kucing sudah termasuk mandiri dan dapat memakan aneka makanan yang memang diperuntukkan untuk kucing pada umumnya. Dengan kata lain, ketika masih berusia 2 bulan, anak kucing membutuhkan air susu demi menjaga kebutuhan protein dan kesehatan imunitasnya dari serangan penyakit.
Dari pengalaman kami selama merawat anak kucing persia 2 bulan tanpa induk, sebisa mungkin kami harus mencukupi kebutuhannya terhadap susu. Jenis susu yang diberikan pada anak kucing persia juga bukan susu sembarangan. Akan lebih baik apabila kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter hewan terkait jenis susu yang paling tepat untuk anak kucing persia usia 2 bulan.
Jadi, langkah-langkah dan cara merawat kucing persia umur 2 bulan tanpa induk adalah sebagai berikut:

1. Pilih Merk Susu yang Tepat

Langkah pertama adalah dengan memilih merk susu kucing yang tepat. Seperti yang kami jelaskan di atas, kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter hewan ataupun petshop yang terpercaya. Tujuannya agar kamu tidak sembarangan memberikan susu kucing yang mungkin nanti dapat menyebabkan masalah kesehatan.
Sekedar informasi, jangan berikan susu sapi untuk anak kucing. Hal ini karena susu sapi memiliki kandungak laktosa yang sangat tinggi. Sedangkan anak kucing tidak dapat mentoleransi laktosa yang masuk ke dalam tubuhnya. Kadar laktosa yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pencernaan sehingga sangat tidak dianjurkan untuk kucing. Hal ini juga berlaku untuk merk susu beruang untuk kucing.

2. Berikan Makanan Berkualitas

Cara merawat kucing persia umur 2 bulan tanpa induk yang berikutnya adalah dengan memberikan makanan berkualitas. Ada banyak sekali merk makanan untuk anak kucing yang dapat kamu peroleh di petshop. Intinya, pilih makanan yang kaya akan protein dan gizi demi mencukupi kebutuhan gizi harian kucing agar tidak mudah sakit.

3. Berikan Tempat yang Hangat dan Nyaman

Langkah berikutnya adalah dengan menyediakan tempat yang hangat dan nyaman untuk kucing. Hal ini karena anak kucing persia tanpa induk membutuhkan alternatif lain untuk memperoleh kehangatan. Oleh karena itu, kamu juga harus menyediakan tempat yang nyaman serta hangat agar anak kucing dapat beristirahat dengan baik.
Saat ini sudah banyak sekali tempat tidur khusus kucing yang dapat kamu pilih bagi anak kucing persia 2 bulan tanpa induk. Kamu dapat memilih tempat tidur yang sesuai untuk anak kucing persia.

4. Berikan Mainan 

Kamu juga dapat memberikan mainan untuk anak kucing persia umur 2 bulan tanpa induk. Seperti yang kita tahu, anak kucing masih sangat suka bermain. Bahkan intensitas anak kucing untuk bermain lebih besar dibandingkan untuk tidur. Bagi anak kucing yang masih memiliki induk, mereka kerap kali bermain dengan induknya. Sedangkan untuk anak kucing tanpa induk, kamu dapat memberikan mainan seperti bola kecil dan sebagainya. Dengan begitu, anak kucing persia tetap bisa aktif.

5. Gabungkan dengan Induk Kucing yang Sedang Menyusui

Nah, apabila kamu juga memiliki induk kucing lain yang sedang menyusui, maka kamu dapat mencoba menggabungkan anak kucing persia tersebut dengan induk kucing yang lain. Cara ini sebenarnya tidak bisa dikatakan 100% berhasil karena induk kucing persia dapat mengenali anak mereka dari bau tubuhnya. Namun jika berhasil, maka anak kucing persia tanpa induk tersebut dapat memperoleh asupan nutrisi yang berasal dari susu induk tersebut.
Demikian beberapa cara merawat kucing persia umur 2 bulan tanpa induk yang dapat kamu lakukan. Cara yang kami jelaskan di atas berdasarkan pengalaman kami dalam merawat kucing persia. Semoga bermanfaat untuk kamu.