Ketahui Ciri-Ciri Anjing Betina Siap Kawin

Posted on

Tak semua pemilik anjing mengetahui apa saja ciri-ciri anjing betina siap kawin. Hal ini karena terkadang sebagian anjing tidak menunjukkan gejala khusus ketika mereka masuk musim kawin.

Padahal ini adalah musim yang tepat bagi anjing untuk memperoleh keturunan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjabarkan apa saja ciri anjing betina yang siap kawin.

Ciri – Ciri Anjing Betina Siap Kawin

Bagi yang sudah lama memelihara anjing, tentu bukan hal yang sulit untuk mengetahui kapan anjing mereka siap dikawinkan.

Ciri Anjing Betina Siap Kawin
Ciri Anjing Betina Siap Kawin

Namun bagi pemula seperti Anda, ini adalah fase penting yang tak boleh dilewatkan. Adapun beberapa ciri anjing betina siap kawin adalah:

  1. Anjing Birahi

Layaknya hewan lain, anjing juga akan mengalami masa birahi di musim kawin. Ini merupakan ciri-ciri anjing betina mau nikah yang paling mudah dikenali.

Ketika birahi, anjing cenderung lebih sering menggongong dan tidak tenang dan suka mondar-mandir.

  1. Pembengkakan Vulva

Anjing betina yang sedang birahi biasanya juga akan mengalami perubahan fisik berupa pembengkakan vulva atau alat kelamin.

Kamu dapat melihat vulva anjing betina membersar serta menonjol keluar. Ujung vulva juga akan bergerak ke atas ketika tersentuh. Untuk mengeceknya, kamu dapat menelentangkan anjing betina dan memeriksan alat kelaminnya.

  1. Loop pada Anjing Betina

Ciri-ciri anjing betina siap kawin yang selanjutnya adalah mengalami loop. Loop merupakan kondisi dimana anjing betina akan mengalami pendarahan dari organ intimnya, layaknya menstruasi pada manusia.

Umumnya, loop dialami selama 6 bulan sekali oleh anjing betina. Namun terkadang beberapa jenis anjing bisa loop lebih cepat atau lebih lama.

Pertanyaannya, anjing betina mens berapa hari? Umumnya, loop terjadi selama 21 hari atau 3 minggu lamanya. Loop menjadi pertanda bahwa rahim anjing betina siap dibuahi oleh penjantan. Jadi ini ciri paling mudah mengetahui masa subur pada anjing betina.

Itulah beberapa ciri-ciri anjing betina siap kawin. Jika kamu masih kesulitan membedakan, maka bawalah anjing ke dokter hewan untuk dapat memastikan apakah mereka siap kawin atau tidak.

Satu lagi, untuk mengawinkan anjing, perhatikan juga tingkat kedewasaan seksual mereka. Anjing yang masih terlalu kecil berisiko lebih besar untuk tidak mampu merawat anaknya.

Berapa Kali Anjing Harus Kawin agar Hamil ?

Jika kamu ingin mengawinkan anjing, maka pilihlah penjantan yang berkualitas. Biasanya pejantan yang memiliki sperma bagus hanya perlu mengawini anjing sebanyak 2 – 3 kali saja.

Namun hal ini juga tergantung dari kondisi sel telur anjing betina. Bahkan terkadang dibutuhkan lebih dari 5 kali kawin agar anjing betina hamil. Jadi intinya adalah mengenai kualitas kedua anjing, baik yang betina atau jantan, dalam melakukan proses pembuahan.

Apa yang Harus Dilakukan saat Anjing Loop ?

Ini merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pemeliharan anjing. Ketika proses loop berlangsung, apa yang harus dilakukan? Jawabannya adalah tergantung kamu sebagai pemiliki anjing, yakni ingin mengawinkannya atau tidak.

Ketika anjing loop, mereka cenderung lebih agresif bahkan mudah stress saat tidak dikawinkan. Ini merupakan siklus wajar yang dialami oleh anjing. Jadi kamu tak perlu terlalu khawatir.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Ciri – Ciri Anjing Betina Siap Kawin dan apa yang harus kamu lakukan ketika hal tersebut terjadi. Semoga ulasan singkat ini dapat memberikan kamu manfaat dalam merawat anjing.