Penyebab Ikan Arwana Stres

Diposting pada

Anda memelihara ikan arwana dan ingin mengetahui apa saja penyebab dan ciri-ciri arwana stres? Semoga Anda datang dan membaca artikel ini.

Seperti yang kita tahu bersama, ikan arwana merupakan jenis ikan yang banyak diminati dan dipelihara karena bentuknya yang sangat indah. Terlebih harga ikan arwana yang terbilang cukup mahal bila dibandingkan dengan ikan hias pada umumnya.

Arwana Stress
Arwana Stress

Permasalahannya, ikan arwana sangat mudah stress. Jenis Penyakit Ikan Arwana Penyebabnya pun bermacam-macam mulai dari faktor luar dan faktor dalam tubuh arwana sendiri seperti sakit.

Oleh karena itu, bagi pemelihara ikan arwana, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit informasi terkait apa saja yang membuat arwana stress.

Ciri – Ciri Ikan Arwana yang Stress

Meskipun Anda pemula, mengetahui gejala arwana stress sebenarnya cukup mudah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ikan Arwana Gelisah

Umumnya, ketika ikan arwana dalam kondisi fisik yang prima, mereka akan berenang dengan sangat santai. Berbeda dengan arwana yang stress. Ketika arowana stress, mereka akan cenderung gelisah dan berenang dengan tidak santai lagi.

  1. Ikan Arwana Kagetan

Ikan arwana kagetan juga menjadi tanda bahwa mereka sedang stress. Yang dimaksud dengan kagetan adalah ketika Anda tiba-tiba datang ke aquarium, arwana akan berenang menjauh dengan sangat cepat.

Bahkan terkadang tubuh mereka akan membentur kaca akibat kaget tersebut. Arwana Sering Mangap ??? Kenali Penyebabnya

  1. Nafsu Makan Hilang

Ikan arwana tiba-tiba akan kehilangan nafsu makan mereka saat stress. Hal ini tentu saja akan membuat kondisi fisik arwana memburuk.

Meskipun arwana dapat bertahan hidup tanpa makan, hingga 5 hari, namun saat stress, mereka tidak akan memakan apapun. Jika dibiarkan lebih lama, maka ikan arwana tentu saja akan mati.

  1. Ikan Arwana Menjadi Lebih Pasif

Ciri selanjutnya adalah arwana menjadi lebih pasif. Ciri yang satu ini umumnya diikuti dengan gejala nafsu makan yang hilang. Arwana akan lebih sering berdiam diri di bagian dasar atau pojokan aquarium.

Hal ini karena ketika arwana merasa terindimidasi dan stress, mereka cenderung memilih tempat di pojokan karena merasa tidak percaya diri. Cara Mengobatinya Ikan Arwana

  1. Arwana Menjadi Lebih Agresif

Tidak hanya menjadi pasif, untuk beberapa ikan arwana, mereka juga dapat menjadi lebih agresif. Pada kondisi ini, arwana sering meloncat-loncat di dalam aquarium. Sangat berbahaya bukan? Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa arwana jangan sampai terkena stress.

Apa yang Menyebabkan Arwana Stres?

Setelah mengetahui apa saja ciri arwana stress, Anda juga harus memahami apa penyebab arwana stress. Dengan begitu, maka Anda dapat mencegah arwana stress. Penyebab Arwana Berenang di Permukaan Air Adapun penyebab arwana stress adalah sebagai berikut:

  • Kondisi Air yang Kurang Bagus

Kondisi air yang kurang bagus. Ini adalah penyebab yang paling sering membuat ikan arwana stress. Misalnya dalam penggunaan air aquarium tanpa disertai dengan filter ataupun aerator aquarium.

  • Air Baru Dikuras / Diganti

Air baru dikuras / diganti. Penggunaan air yang baru baik setelah dikuras atau diganti juga dapat membuat arwana stress. Hal ini karena umumnya kondisi air dalam aquarium berbeda dengan air baru yang akan diisikan.

  • Kekurangan Oksigen

Kekurangan Oksigen. Penyebab yang satu ini biasanya juga dibarengi dengan ikan arwana sering mangap dan berenang di permukaan air aquarium. Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana

  • Kondisi pH dalam Aquarium

Kondisi pH dalam Aquarium. Meskipun sangat sulit untuk mengecek kondisi pH air, namun bagi pemula, ada salah satu tips yang dapat diperhatikan.

Misalnya ketika ingin mengganti air, maka jangan ganti sepenuhnya. Cukup kuras sekitar 50% dari air aquarium sehingga pH air tetap terjaga dan arwana masih nyaman untuk tinggal di dalamnya.

  • Lampu Tanning

Lampu Tanning. Penggunaan lampu tanning biasanya adalah untuk mengubah warna kulit arwana, dari warna asli menjadi lebih kemerahan. Namun terkadang metode ini dapat menyebabkan arwana stress.

  • Suhu Air

Suhu Air. Tak hanya pH air, suhu dalam aquarium juga harus diperhatikan. Biasanya perubahan suhu air aquarium terjadi akibat penggunaan lampu yang terlalu terang atau terlalu banyak. Hal ini akan menyebabkan perubahan suhu pada aquarium.

  • Adaptasi Lingkungan Baru

Adaptasi Lingkungan Baru. Ini juga menjadi salah satu penyebab paling umum ikan arwana stress, terutama bagi yang baru membeli atau memelihara ikan arwana.

Kondisi lingkungan yang baru inilah yang kemudian membuat ikan arwana stress. Penyebab dan Cara Mengobatinya Sisik Arwana Menghitam

Dari beberapa penyebab di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa stress pada ikan arwana didominasi oleh faktor lingkungan dimana ikan arwana tinggal.

Obat dan Cara untuk Menyembuhkan Arwana Stress

Untuk beberapa penyebab ikan arwana stress yang kami jelaskan di atas, sebenarnya solusinya cukup mudah. Namun dalam beberapa kasus, dibutuhkan obat stress untuk arwana sehingga mereka kembali sehat seperti semula.

  • Solusi Paling Umum Menyembuhkan Arwana Stress

Solusi paling umum menyembuhkan arwana stress adalah dengan selalu berhati-hati dalam mengganti air aquarium. Pastikan bahwa saat menguras aquarium, jangan dikuras sampai habis.

Tetap sisakan 50% hingga 30% agar kondisi airnya tidak berubah secara drastis. Selain itu, Anda juga dapat mengendapkan air yang ingin ditambahkan dalam aquarium selama 24 jam dengan diberikan gelembung udara. Setelah itu, barulah isikan ke dalam aquarium.

  • Obat Pada Arwana

Apabila kondisi stress arwana tidak segera membaik, Anda dapat memberikan obat pada arwana. Obat yang kami maksud adalah garam ikan ataupun obat khusus yang dapat diperoleh dari toko ikan.

Fungsi dari obat-obatan tersebut adalah menetralkan keasaman air serta mampu mencegah jamur yang mungkin timbul dari sisa makanan ikan.

Demikian sedikit ulasan mengenai Ciri – Ciri Arwana Stres Serta Penyebab dan Cara Mengobatinya. Semoga apa yang kami ulas pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda sobat binatangmu.com