Ciri Ciri Kucing Birahi Jantan

Posted on
Ciri Ciri Kucing Birahi Jantan

Binatangmu – Halo Sobat Binatangmu! Dikesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas ciri ciri kucing birahi jantang ya sobat. Ternyata, ciri ciri kucing birahi jantan tak sama dengan kucing betina loh.

Kok bisaa?? Tentu saja bisa. Oleh sebab itu, kalau kalian penasaran dengan ciri ciri kucing birahi jantan, simak pembahasan lengkapnya dalam artikel berikut ini ya sobat.

Kenapa sih kita harus memperhatikan ciri ciri kucing birahi jantan? Jawabannya adalah agar kita bisa membantu kucing kesayangan kita melewati masa birahi nih sobat. Kan kasihan ya kalau kucing kesayangan kita harus tersiksa karena masa birahi dan tidak menemukan pasangan kawin. Iya apa iya??

Biasanya, kucing birahi yang sangat terlihat perubahannya ada pada kucing betina loh sobat. Tapi ternyata tidak hanya kucing betina, ada juga ciri ciri kucing birahi jantan yang berbeda dengan masa birahi kucing betina.

Beberapa ahli menyebutkan jika masa kucing birahi jantan tidak selama kucing betina loh sobat. Kucing jantan akan mengalami masa birahi pada bulan September sampai Maret dan perbedaannya bisa dilihat secara signifikan.

Walaupun beberapa hal ciri ciri kucing birahi jantan tidak jauh berbeda dari kucing betina, tapi tetap saja mengetahui ciri ciri kucing birahi jantan akan sangat berguna membantu kucing jantan mengatasi masa birahinya.

Jika saat ini sobat memelihara kucing jantan dan hendak masuk dalam usia kucing remaja, wajib banget nih menyimak ciri ciri kucing birahi jantan berikut ini.

Ciri Ciri Kucing Birahi Jantan

Nah apa saja sih ciri ciri kucing birahi jantan yang bisa jadi tanda kucing kesayangan kita sedang masuk dalam masa birahi? Ini dia jawabannya.

  1. Agresif

Ciri ciri kucing birahi jantan yang pertama yakni kucing jantan akan berubah jadi lebih agresif. Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh hormonnya yang lagi tinggi sehingga kucing jantan lebih mudah marah dan lebih mudah sedih dalam waktu berdekatan.

Saat sedang birahi dan bertemu kucing jantan lainnya, bisa kedua kucing tersebut akan bertengkar loh sobat. Sebagai informasi, kucing jantan yang sedang birahi jika bertengkar tentu saja akan menimbulkan banyak luka-luka. Tak perlu ditanya lagi penyebabnya, tentu saja memperebutkan kucing betina.

Jika bertemu dengan kucing betina yang juga birahi, bisa-bisa kucing jantan akan langsung menindih kucing betina dan menggigit lehernya. Hal ini menandakan kedua kucing beda jenis tersebut mulai masuk dalam fase kawin ya sobat.

  1. Mengeong dengan Keras

Ciri ciri kucing birahi jantan yang kedua yakni kucing akan mengeong dengan keras. Sudah bukan jadi rahasia lagi jika kucing yang dalam masa birahi akan mengeong dengan keras untuk menarik lawan jenisnnya agar kawin bersamanya nih sobat.

Sayangnya, kucing jantan yang mengeong dengan keras tak jarang bukan hanya menghadirkan kucing betina, tapi bisa juga yang datang justru sesama kucing jantan. Lho kok bisa?

Tentu saja bisa. Jika kucing jantan dan kucing betina sama-sama datang, maka yang terjadi adalah perkelahian antar kucing jantan yang memperebutkan kucing betina. Oleh sebab itu kalian sebagai pemiliki kucing harus selalu hati-hati dan waspada jika menghadapi kucing birahi ya sobat. Jangan sampai kucing kesayangan kita jadi babak belur.

  1. Sering Keluar Rumah dan Jarang Pulang

Ciri ciri kucing birahi jantan yang ketiga yakni sering keluar rumah dan jarang pulang. Sudah pasti alasannya adalah mencari kucing betina untuk diajak kawin dong.

Biasanya kucing jantan yang sedang birahi akan pergi dari rumah selama beberapa hari. Jika sudah bertemu dengan pasangannya dan sudah berhasil kawin, biasanya kucing jantan akan pulang dengan sendirinya kok sobat. Jadi sobat tidak perlu khawatir jika kucing jantan milik kalian tiba-tiba menghilang.

Bahkan bisa jadi saat kembali pulang ia akan mengajak serta kucing betina yang berhasil ia takhlukkan untuk pulang bersama loh sobat. Lucu sekali kan? Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, sobat juga bisa mengurung kucing jantan milik kalian di rumah dan jangan berikan akses keluar.

  1. Spraying

Ciri ciri kucing birahi jantan yang terakhir yakni dengan menandai wilayah kekuasaannya dengan spraying menggunakan air seni. Spraying ini dilakukan agar kucing betina yang juga birahi segera mendekatinya.

Selain itu, spraying juga berguna untuk memperingatkan kucing jantan lainnya agar tidak mendekati wilayah kekuasaannya atau mereka akan adu otot sesama kucing yang bisa menyebabkan kedua kucing jantan mengalami luka-luka.

Tak perlu ditanya lagi, banyak pemilik kucing tak tak tahan dengan kelakuan kucing yang satu ini sehingga lebih memilih untuk melakukan sterilisasi pada kucing.

Nah sampai sini dulu ya sobat pembahasan tentang ciri-ciri kucing birahi jantan. Tunggu postingan selanjutnya yang tentu saja bermanfaat untuk kehidupan hewan peliharaan sobat sekalian. Sampai jumpa.***