Kucing Anggora Yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada

binatangmu.com – Banyak sekali gambar dan video kucing bergerak di media sosial akhir-akhir ini. Selain sifatnya yang lucu, banyak orang yang menyukai kucing karena bulunya yang berwarna putih salju, termasuk kucing angora.

Selain bulunya yang menarik, perilakunya yang unik membuat banyak kucing Angora menjadi pilihan untuk dibesarkan sebagai pembantu dan teman bermain.

Ciri - Ciri Kucing Anggora Yang Wajib Anda Ketahui
Ciri – Ciri Kucing Anggora Yang Wajib Anda Ketahui

Baca Juga : Mari Mengenal Kucing Anggora

Oleh karena itu, kucing angora adalah salah satu ras yang paling populer untuk dipelihara. Kucing angora sangat jarang ditemukan di Indonesia karena penyebarannya semakin meningkat dari negara asalnya dan banyak sekali kucing angora yang kita sebut sebagai kucing angora asli.

Kucing Angora asli adalah jenis kucing tertua dan berasal dari Turki, lebih tepatnya dari kota Angora (sekarang Snkara). Oleh karena itu disebut kucing Angora.

Awalnya hanya kucing anggora yang dipelihara, kemudian kucing anggora juga dikenal untuk dikembangbiakkan karena tingginya permintaan untuk diadopsi.

Baca Juga : Cara Memelihara Kucing Anggora

Keistimewaan Kucing Anggora

Anggora terbilang sebagai salah satu ras yang populer dan paling banyak dicari. Kucing ras satu ini memang punya perawakan yang elegan dan menghipnotis banget.

Ia juga tergolong kucing yang istimewa, karena nggak banyak orang yang bisa memeliharanya.

Makanan Kegemaran Kucing Anggora

Makanan kegemaran Kucing Anggora Lainnya sebagai berikut ini

  • Royal Canin. Makanan kucing anggora dalam kemasan pertama yang bisa digunakan adalah Royal Canin.
  • Whiskas merupakan salah satu makanan kemasan untuk kucing yang sangat populer. …
  • Me-O. Makanan kucing anggora berikutnya yang bisa diberikan adalah Me-O. …
  • Pro Plan.

Baca Juga : Apakah Kucing Anggora Boleh Makan Ikan Tongkol ?

Warna Khas Mata Kucing Anggora

Hasil gambar untuk Ciri – Ciri Kucing Anggora Yang Wajib Anda Ketahui

Biru adalah warna mata yang paling umum untuk kucing anggora. Selain biru, matanya juga bisa berwarna hijau, emas, kuning, dan bahkan bicolor

Baca Juga : Cara Membedakan Kucing Anggora Jantan dan Betina

Ciri – Ciri Kucing Anggora

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri kucing anggora, terdiri dari:

Ciri Kucing Anggora Imut
Ciri Kucing Anggora Imut
  1. Perhatikan Kepala Kucing Anggora

Dari bentuk kepala kucing anggora asli, kita bisa melihat bahwa bentuk kepala kucing ini mirip dengan kebanyakan kucing domestik. Bentuk kepala kucing seperti segitiga terbalik, dengan bagian atas kepala lebih lebar kemudian meruncing ke arah dagu.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora agar Bulunya Tidak Rontok

Bulu kucing ini tidak terlalu panjang. Dibandingkan dengan kucing Angora asli, kucing Persia memiliki kepala yang lebar dan bulat, seringkali dengan leher yang dalam di kepala, dan terlihat seperti Doraemon. Jadi jangan tertipu oleh kucing lain.

  1. Perhatikan Telinga Kucing Anggora

Dibandingkan dengan kucing persia, kucing anggora memiliki telinga yang relatif lebar di bagian pangkal telinga yang semakin terdorong ke arah ujung telinga seperti segitiga.

Dari segi jarak antar telinga, kucing ini memiliki telinga yang berdekatan. Tidak ada angka pasti untuk seberapa ketat mereka, tetapi mereka terlihat sama dibandingkan dengan kucing lain.

Telinga kucing anggora asli tidak ditumbuhi bulu yang panjang atau tebal, sehingga kulit kuping terlihat jelas meski dari kejauhan.

  1. Mata Kucing Anggora

Mata kucing yang bisa bersinar merupakan elemen tubuh kucing yang menarik perhatian pemilik kucing. Warna mata kucing ini unik. Biasanya warna mata kucing ini kuning dan biru.

Kucing Angora, di sisi lain, kadang-kadang memiliki warna campuran terlepas dari apakah sisi kanan atau kiri kucing itu berwarna biru. Hal ini menambah keunikan dari kucing anggora asli.

  1. Tubuh Kucing Anggora

Sekarang mari kita perhatikan seluruh bentuk tubuh kucing. Bentuk tubuh kucing anggora umumnya memiliki tubuh yang ramping, sedangkan bentuk tubuh anggora jantan lebih besar dari pada betinanya.

Tubuh bagian belakang terlihat lebih besar daripada bagian depan tubuh, kemudian struktur tulang cukup baik sehingga dianggap cukup kencang saat berlari.

Karena struktur tulang kucing ini cukup baik dengan tonjolan tulang yang mudah terlihat pada pemeriksaan lebih dekat pada tubuh kucing ini.

  1. Bentuk Cakar Kucing Anggora

Kucing anggora ini memiliki bentuk kaki yang agak panjang, yang membuatnya terlihat lebih besar dari kucing kebanyakan.

Cakar ini menjadi daya tarik utama kucing ini, ditambah lagi dengan ukuran tubuh yang cukup besar membuat berjalan sangat menarik.

  1. Ekor Kucing Anggora

Ekor kucing angora bisa dibilang unik karena ekornya yang panjang, tebal dan tebal melilit tubuhnya, membuat bulu kucing terlihat seperti musang atau bulu saat mengembang.

Kelebihan dari ekor kucing ini adalah menjaga keseimbangan kucing saat berjalan di lokasi yang sangat sempit agar tidak terjatuh.

Ekornya juga memiliki kelebihan yaitu menghangatkan diri dari hawa dingin dengan melingkarkan ekornya di sekitar tubuh cantik ini.

  1. Bulu Kucing Anggora

Pada keunikan yang dijelaskan di atas, ciri fisik kucing ini memiliki keunikan lain sebagai ciri khas kucing anggora asli pada bulunya. Bulu kucing ini tumbuh tergantung pada kondisi cuaca yang menguntungkan.

Jika cuaca kurang mendukung atau lebih panas, pertumbuhan bulu kucing ini cukup pendek untuk beradaptasi dengan suhu yang berlaku.

Jika kondisi cuaca sedikit lebih dingin, bulu kucing akan tumbuh lebih cepat dan lebih halus. Hal ini dikarenakan bulu kucing anggora hanya lebat di tempat-tempat tertentu saja seperti leher dan ekor.

Nah, karakter bulu ini bisa menjadi indikator bahwa Anda mengetahui ciri-ciri kucing anggora asli yang perlu Anda ketahui agar tidak tertipu oleh penjualnya.

  1. Kepribadian dan Perilaku

Menurut tingkah lakunya, ciri-ciri kucing anggora asli adalah kucing yang sangat hiperaktif, lucu dan sangat energik.

Jadi kucing ini sangat senang ketika di sekitar orang atau pemiliknya hanya bermain atau berinteraksi. Angora juga merupakan kucing yang cukup pintar karena dapat dilatih dan beradaptasi dengan lingkungan.

Namun karena perilakunya yang aktif, kucing ini tidak suka dikurung di dalam kandang atau rumah/ruangan yang cukup tertutup, karena hal ini membuat kucing stress.

Kucing ini lebih suka bersama pemiliknya dan suka melihat sekeliling untuk melihat bahwa tidak ada yang terancam dari luar.

Demikian pembahasan dari kami Tentang Ciri –  Ciri Kucing Anggora Yang Harus Anda Ketahui secara lengkap dan jelas, semoga bermanfaat sobat binatangmu.com jangan lupa di share ya !!!