Apakah Kucing Cacingan Bisa Sembuh Sendiri?

Diposting pada

Apakah kucing cacingan bisa sembuh sendiri? Mengingat biasanya cat lover akan memberikan obat cacing secara rutin. Namun apakah kamu pernah berpikir, bagaimana dengan kucing liar?

Bagaimana mereka mengatasi permasalahan cacingan? Dan apabila kucing cacingan, apa mereka dapat sembuh dengan sendirinya? Semua pertanyaan tersebut akan coba kami jelaskan pada kesempatan kali ini.

Ciri Ciri Kucing Cacingan
Ciri Ciri Kucing Cacingan

Ciri – Ciri Kucing Cacingan

Sebenarnya tak banyak orang yang tahu apa saja ciri-ciri kucing cacingan. Hal ini karena umumnya gejala cacingan pada kucing baru akan terlihat ketika sudah memasuki masa kritis. Adapun beberapa ciri kucing cacingan adalah:

  1. Badan Kucing Kurus namun Perutnya Buncit

Ini adalah tanda kucing cacingan yang pertama. Kucing yang cacingan umumnya memiliki badan yang kurus namun perut buncit. Ini adalah cara yang paling mudah untuk mengindentifikasi apakah kucing kamu cacingan atau tidak.

  1. Sering Merasa Kehausan

Kucing yang cacingan juga akan cenderung lebih banyak minum dibandingkan makan. Apabila tidak diambil tindakan yang tepat, maka kucing akan lemas dan sakit.

  1. Perubahan pada Warna Feses

Ciri-ciri kucing cacingan yang selanjutnya adalah warna kotoran yang berubah. Biasanya feses kucing akan berubah menjadi lebih putih dari biasanya. Selain itu, pada feses kucing akan terdapat cacing yang ikut keluar.

  1. Muntah-Muntah

Kucing yang memiliki perut buncit dan disertai dengan muntah-muntah menandakan bahwa terdapat cacing dalam sistem pencernaan mereka. Hal ini membuat usus kucing tak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Nafsu Makan Turun Drastis

Penurunan nafsu makan kucing biasanya terjadi apabila cacing sudah melukai bagian usus bahkan menginfeksinya. Cacing yang telah mengambil nutrisi dari makanan yang dikonsumsi oleh kucing akan membuat kucing lemas dan tidak nafsu makan.

  1. Gusi Kucing Memutih

Apa hubungannya cacingan dengan gusi kucing yang memutih? Biasanya gusi kucing memutih diakibatkan oleh kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akibat dimakan oleh cacing.

  1. Bulu Tampak Kusam dan Rontok

Ciri-ciri kucing cacingan yang selanjutnya dapat dilihat dari bulu kucing. Kucing yang cacingan biasanya bulunya akan terlihat sangat kusam bahkan mudah rontok.

Jenis Cacing yang Paling Umum Menyerang Kucing

Terdapat beberapa jenis cacing yang biasanya menginfeksi tubuh kucing. Diantaranya adalah:

  • Nematoda

Nematoda. Ini adalah jenis cacing gelang yang dapat beradaptasi di tanah, air tawar, bahkan pada suhu panas sekalipun. Umumnya nematoda akan keluar bersama dengan telurnya melalui feses dan dapat bertahan hidup di tanah dalam jangka waktu lama.

  • Cestoda

Cestoda. Jenis cacing ini memiliki bentuk pipih seperti pita. Biasanya berada di saluran pencernaan dan hidup dengan menempel di usus. Ketika cestoda keluar, bentuknya menyerupai butiran beras.

Biasanya cestoda akan masuk ke dalam tubuh kucing ketika kucing tidak sengaja memakan fesesnya yang telah mengering atau juga bisa dibawa oleh kutu kucing.

  • Trematoda

Trematoda. Cacing ini juga disebut dengan cacing isap. Ini merupakan jenis cacing yang sangat jarang ditemukan pada kucing dan biasanya menyerang hewan ternak seperti sapi.

Lalu, Apakah Kucing Cacingan Bisa Sembuh Sendiri ?

Nah, kembali pada topik pembahasan, apakah kucing cacingan bisa sembuh sendiri? Jawabannya adalah TIDAK. Lalu bagaimana dengan kucing liar yang tetap hidup meskipun tanpa diberi obat cacing?

Menurut pendapat pribadi saya, kucing liar memiliki stamina tubuh yang lebih baik jika dibandingkan dengan kucing ras seperti persia, anggora, himalaya, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah, bertahun-tahun memelihara kucing lokal (kucing kampung), saya tidak pernah mendapati kucing saya terserang cacing.

Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh kebiasaan kucing yang main ke sana kemari. Berbeda dengan pengalaman ketika memelihara kucing persia, dimana kucing tersebut harus rutin mendapatkan obat cacing dan vaksin agar terhindar dari berbagai penyakit.

Obat Alami Kucing Cacingan

Apabila kamu menemukan gejala kucing cacingan seperti di atas, apakah ada obat alami untuk kucing cacingan? Saya pribadi tidak menyarankan penggunaan obat alami apapun untuk kucing cacingan.

Hal yang paling benar adalah dengan membawa kucing kamu ke petshop. Tujuannya agar masalah cacingan yang dialami oleh si mpus dapat teratasi dengan baik secara medis.

Nah, demikian sedikit ulasan mengenai Apakah Kucing Cacingan Bisa Sembuh Sendiri ?. Semoga bermanfaat sobat binatangmu.com