Cara Mengobatinya Ekor Ikan Arwana

Posted on

Memelihara ikan arwana memang gampang-gampang susah, terutama untuk Anda yang masih pemula. Banyak sekali hal yang perlu diperhatikan terkait kondisi fisik arwana kesayangan. Hal ini karena perawatan yang kurang maksimal dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah ekor arwana keriting.

Anda tentu tidak ingin mengalami hal tersebut, kan? Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa hal terkait ekor ikan arwana. Mulai dari ekor arwana keriting, cara memperpanjang ekor arwana, penyebab ekor arwana turun, ekor arwana kuncup, hingga cara melebarkan ekor ikan arwana. Tak perlu berlama-lama, simak penjelasan berikut.

Ekor Ikan Arwana Keriting? Ikuti Langkah Berikut

Sekedar informasi, ikan arwana merupakan jenis territory fish atau ikan yang sangat memperhatikan wilayah kekuasaannya.

Hal ini dapat dilihat dari perilaku ikan arwana yang cenderung menyerang ikan lain ketika ditempatkan di satu aquarium, meskipun itu sesama ikan arwana. Lantas apa yang menyebabkan ekor arwana keriting?

Ada banyak hal yang dapat memicu sobeknya ekor ikan arwana yang berakhir menjadi keriting. Misalnnya Anda menempatkan ikan arwana lain yang berdekatan dengan arowana kesayangan.

Kondisi stress juga dapat memicu arwana untuk bertingkah tidak normal seperti menggesekkan tubuhnya di bagian aquarium bahkan menggigit ekornya sendiri. Tak heran jika ekor ikan arwana akhirnya sobek dan menjadi keriting.

Untuk mengobati ekor arwana keriting, satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah dengan menggunting bagian keriting pada ekornya. Adapun langkah-langkah dan cara memotong ekor ikan arwana adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan beberapa peralatan seperti obat bius ikan, gunting tajam, dan plastik berukuran besar (agar ikan arwana tidak stress).
  2. Kurangi volume air pada aquarium dan teteskan obat bius ikan pada aquarium tersebut.
  3. Pada langkah ini, Anda dapat mengisi plastik besar yang telah disediakan dengan air sembari menunggu ikan arwana di aquarium terbius. Jika sudah, masukkan ikan arwana pada plastik tersebut.
  4. Ini adalah langkah penting dimana Anda akan melakukan operasi pada ekor ikan arwana keriting. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk memotong bagian ekor ikan yang keriting dan sobek saja. Tujuannya agar ekor tersebut dapat tumbuh kembali dengan sempurna dalam jangka waktu yang tak terlalu lama. Selain itu, terlalu banyak memotong ekor ikan arwana akan kembali memicu stress pada ikan arwana dan menghilangkan kepercayaan dirinya. Pada proses ini, sebaiknya dilakukan dengan jangka waktu maksimal 10 menit.
  5. Jika sudah, maka Anda dapat kembali meletakkan ikan arwana ke dalam aquarium yang telah diisi penuh oleh air. Selain itu, pastikan agar gelembung udara dan filter sudah menyala dalam aquarium. Tujuannya agar ikan arwana cepat tersadar dari pengaruh obat bius.

Itulah beberapa langkah dan cara memotong ekor ikan arwana. Pertanyaan selanjutnya adalah berapa lama ekor arwana tumbuh kembali seperti semula? Hal ini tergantung dari kondisi ikan arwana tersebut.

Umumnya, ekor ikan arwana akan mulai pulih dalam jangka 3 – 5 hari. Setelah itu, perlahan bagian ekor yang telah dipotong akan mulai tumbuh kembali. Jadi Anda hanya perlu menunggunya serta memberikan pakan yang bergizi pada arwana kesayangan Anda.

Cara Melebarkan Ikan Ekor Arwana Seperti Kipas

Anda telah mengetahui penyebab dan cara menyembuhkan ekor arwana keriting. Hal lain yang perlu diketahui adalah mengenai bagaimana cara melebarkan ikan ekor arwana. Tentu saja hal ini dapat dilakukan ketika ekor ikan arwana Anda benar-benar sudah pulih seperti semula.

Namun perlu diperhatikan, cara melebarkan ikan ekor arwana tidak dapat dilakukan secara alami. Bagaimana maksudnya? Jadi caranya hampir sama dengan menyembuhkan ekor arwana keriting, ekor arwana sobek, dan ekor arwana kuncup. Anda harus melakukan operasi ekor pada ikan arwana.

Hal tersebut karena pada dasarnya, bentuk tubuh serta warna pada arwana merupakan bawaan genetik sehingga apabila gen bawaan ikan tersebut bagus, maka secara alami ikan akan tumbuh menjadi gagah. Begitu juga sebaliknya. Tak heran banyak sekali pemelihara arwana melakukan ‘oprek’ pada ikan arwana kesayangan.

Pertanyaan yang akan kami ajukan untuk Anda. Apakah Anda lebih memilih untuk membiarkan arwana tumbuh secara alami atau mengubah bentuk tubuhnya?

Apabila Anda memang tetap bersikukuh untuk melebarkan ekor ikan arwana, maka satu-satunya langkah adalah dengan operasi ekor, yakni memotong beberapa bagian pada ekor ikan arwana.

Apabila Anda masih belum berpengalaman, maka sangat kami sarankan untuk membawanya ke salon ikan. Tujuannya agar bagian tulang lunak pada ekor ikan arwana tidak ikut terpotong saat dilakukan operasi.

Penyebab Ekor Arwana Turun

Setelah membahas mengenai bagaimana cara menumbuhkan ekor ikan arwana, pada pembahasan terakhir kami akan mengulas beberapa penyebab ekor arwana turun.

Dari pengamatan kami, salah satu penyebab utama mengapa ekor ikan arwana turun adalah kondisi stress pada ikan. Hal ini juga dapat menjadi indikator apakah ikan arwana kesayangan Anda dalam kondisi stress atau tidak.

Jika Anda perhatikan, pada aquarium yang besar, ikan arwana akan cenderung membuka lebar ekor mereka. Hal ini karena ikan arwana merasa lebih bebas memamerkan ekor mereka.

Sebaliknya, dalam aquarium kecil, ikan arwana cenderung menutup ekor mereka. Kondisi ini juga dapat dipengaruhi oleh stress dan ketidaknyamanan pada ikan.

Oleh karena itu, pastikan dengan seksama bagaimana cara Anda memelihara aro kesayangan dalam tangki aquarium. Semakin nyaman arwana, maka akan semakin percaya diri pula ikan ini dalam memamerkan kegagahan tubuhnya.

Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini mengenai Ekor Arwana Keriting dapat bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.