Gejala Cacingan Pada Kucing

Posted on

Binatangmu.com – Selain manusia, gejala cacingan bisa menyerang hewan peliharaan seperti kucing. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang gejala cacingan pada kucing persia agar penyakit tersebut dapat dideteksi sejak dini.

Kucing merupakan hewan yang disayang banyak orang. Bukan hanya karena wajahnya yang imut, kucing dapat dengan mudah beradaptasi dengan manusia.

Selain itu, kucing bisa sangat dipercaya dan dibesarkan untuk menjadi hewan peliharaan yang patuh. Namun, kebanyakan kucing dapat ditemukan di berbagai lokasi dalam kondisi yang tidak nyaman.

Ada banyak jenis kucing yang mengalami cacingan, baik melalui feses maupun muntah. Bisa dibilang hampir semua kucing mengidap penyakit ini.

Padahal, penyakit ini sudah menjadi hal yang wajar dengan sendirinya, terutama saat kucing masih muda.

Baca Juga : Mengenal Kucing Persia Himalaya

Gejala Cacingan Pada Kucing Persia

Di bawah ini adalah beberapa gejala cacingan pada kucing persia, terdiri dari:

Gejala Cacingan Pada Kucing Persia yang Wajib Diketahui
Gejala Cacingan Pada Kucing Persia yang Wajib Diketahui

Baca Juga : Apakah Kucing Persia Boleh Makan Nasi ?

  • Bulu Kucing Kusam

Seekor kucing dengan cacing, yang bisa dikenali dari perubahan bulunya. Jika Anda biasanya memperhatikan bahwa bulu kucing Anda sehat dan berkilau, tetapi tiba – tiba menjadi lemas dan kusam, itu adalah tanda bahwa kucing Anda menderita cacingan.

  • Gusi Kucing terlihat Galak dan Pucat

Gusi kucing yang sehat terlihat segar, tetapi jika gusi menjadi pucat pada saat ini, itu adalah salah satu gejala cacingan pada kucing Persia.

Menganalisis gusi kucing Anda adalah cara yang harus dilakukan.

Baca Juga : Kenapa Kucing Persia Suka Mengeluarkan Air Mata?

  • Nafsu Makan Menurun

Nafsu makan kucing yang menurun karena kondisi yang tidak stabil juga telah dibahas. Untuk semua gejala penyakit, kucing umumnya mengurangi nafsu makannya baik secara moderat atau drastis.

  • Perubahan Warna

Periksa kotoran kucing. Jika warnanya lebih gelap atau lebih tebal, itu menunjukkan bahwa ada sedikit pembentukan darah di dinding usus tempat cacing tambang bersarang.

Gejala Cacingan Pada Kucing Persia
Gejala Cacingan Pada Kucing Persia

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan Tanpa Induk

Di sisi lain, kucing juga bisa terkena diare. Ini karena cacing telah mengambil beberapa ruang di usus dan dengan demikian mengganggu pencernaan.

  • Terlihat Lamban

Tanda-tanda cacingan juga bisa dikenali pada kucing Persia dengan gerakan tubuh yang lamban dan tidak bergerak.

Jika kucing terlihat tenang dan lemah, itu menunjukkan bahwa kucing tersebut memiliki cacing.

  • Sering Muntah

Kucing dengan cacing lebih mungkin untuk muntah karena cacing telah berhasil menyumbat aliran perut atau mengiritasi lapisan perut, menyebabkan kucing muntah.

Baca Juga : Penyebab Kucing Muntah Kuning

  • Kotoran Kucing Mengandung Telur Cacing

Jika kucing persia memiliki cacing usus yang keluar, maka akan mengandung telur cacing yang telah menembus sebagian besar tubuh kucing.

Cacingan adalah jenis cacing pita yang pada umumnya meninggalkan telur berbentuk mentimun atau wijen di permukaan tanah dan dapat bergerak atau tidak bergerak.

  • Minum Lebih Sering

Faktanya, kucing adalah jenis hewan peliharaan yang sangat langka untuk diminum. Namun, jika tubuhnya terkontaminasi cacing pita yang terus mengganggu perut, ia akan cenderung minum lebih banyak dari biasanya.

Kucing yang menderita cacingan sering merasa dehidrasi. Untuk mengobati kucing yang dehidrasi, Anda bisa memberikan lebih banyak cairan berupa minuman dan makanan.

Namun, yang paling penting adalah menyingkirkan cacing, yang merupakan penyebab utama dehidrasi pada kucing.

  • Terjadi Perubahan Mata

Kucing yang sehat memiliki mata yang bersih, bulat sempurna, dan penglihatan yang baik. Di sisi lain, jika mata kucing terlihat seperti kaca atau menyusut.

Mata kucing menjadi lebih sempit dan terbentuklah selaput yang mengelilingi bola mata kucing.  Ini menunjukkan bahwa kucing Anda memiliki cacing.

  • Diare

Secara fisik, cacing yang bersarang di tubuh kucing tidak menawarkan unsur positif. Cacing ini sering menyebabkan diare. Parahnya, diare kucing disertai campuran cacing putih memanjang.

  • Kucing Patah Bercampur Cacing

Tidak hanya jika diare hanya berisi cacing, kotoran kucing bercampur, kucing persia yang memiliki cacing juga muntah dengan cacing.

Penyebab kucing muntah karena cacingan bisa mengiritasi lapisan perut kucing kesayangan anda. (Baca Juga: Penyebab Dan Pengobatan Muntah Pada Kucing)

  • Ada Banyak Kutu di Tubuh Kucing

Meskipun kucing yang sehat masih memiliki kutu, jumlahnya tidak sebanyak kucing yang memiliki cacing.

Soalnya, kutu ini justru memicu telur cacing untuk terbawa dalam tubuh kucing. Jika kucing Anda memiliki kutu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menyingkirkannya segera.

  • Ada Telur Kutu di Anus

Jika Anda memiliki kucing kecil, perhatikan area anus kucing. Telur cacing pita dapat bermigrasi ke dalam anus kucing kemudian menempel pada bulu kucing dan bercampur dengan tubuhnya hingga terbentuk populasi cacing di dalam perut kucing.

Demikian Pembahasan kali ini tentang Gejala Cacingan Pada Kucing Persia Yang Wajib Anda Ketahui sobat binatangmu.com, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat !!!