Habitat Asli Ikan Arwana Indonesia dan Ciri-Cirinya

Posted on

Ikan arwana berasal dari daerah mana? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang muncul di benak Anda ketika melihat ikan hias yang satu ini. Hal ini karena habitat asli ikan arwana sendiri memang beragam, khususnya di Indonesia. Dengan keelokan tubuhnya, banyak sekali pecinta ikan yang memelihara ikan arwana.

Nah, untuk memahami arwana, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai habitat asli ikan arwana. Selain itu, juga akan dibahas tentang ciri-ciri ikan arwana, morfologi ikan arwana, hingga jenis ikan arwana asli Indonesia. Tak perlu berlama-lama, simak ulasan berikut ini.

Habitat Asli Ikan Arwana

Berbicara mengenai habitat asli ikan arwana, kami akan lebih berfokus mengenai habitat ikan arwana yang ada di Indonesia. Hal ini karena ditemukan juga beberapa jenis arwana di negara lain.

Di Indonesia sendiri, ikan arwana disebut dengan arwana Asia atau Ikan Naga. Ikan arwana asia memiliki badan panjang, umumnya berwarna keperak-perakan, dan sirip dubur yang terletak jauh di belakang badan.

Adapun habitat asli ikan arwana di Indonesia adalah Kalimantan dan Papua. Beberapa nama yang disematkan untuk menyebut arwana adalah Ikan Naga, Saratoga, Barramundi, Kelesa, Siluk, Kayangan, Aruwana/Arowana, dan Peyang.

Tempat tinggal ikan arwana adalah tepian sungai yang ditumbuhi pepohonan seperti putat, engkana, entangis, dan rasau. Hal ini karena jenis pohon tersebut memiliki akar di dasar sungai dengan batang yang terendam air. Sedangkan daunnya rimbun ke atas.

Habitat asli ikan arwana itulah yang digunakan untuk berkembang biak dan bersembunyi dari predator. Di alam liar, ikan arwana memakan ikan-ikan yang lebih kecil, katak, insekta, mikrokrustasea, dan juga material tumbuhan.

Jenis Ikan Arwana Asli Indonesia

Mengenai jenisnya, terdapat beberapa jenis ikan arwana asli Indonesia yang terkenal sangat eksotik. Tak heran jika banyak orang yang ingin memelihara ikan arwana.

Jenis Ikan Arwana Asli Indonesia
Jenis Ikan Arwana Asli Indonesia

Padahal di habitatnya sendiri, ikan arwana dapat dikategorikan sangat langka. Berikut adalah beberapa jenis ikan arwana asli Indonesia.

  1. Ikan Arwana Merah

Arwana merah berasal dari beberapa tempat di Kalimantan Barat seperti Danau Sentarum dan Sungai Kapuas. Dua tempat tersebut bahkan dikenal sebagai habitat dari arwana Super Red.

Ikan Arwana Merah
Ikan Arwana Merah

Kedua perairan tersebut memiliki banyak mineral lingkungan air gambut serta cadangan makanan yang banyak untuk ikan arwana. Hal tersebut kemudian secara evolusi mengubah bentuk serta warna pada ikan arwana.

Selain itu, pengaruh geografis memberikan pengaruh terhadap variasi morfologi ikan arwana. Misalnya bentuk badan yang lebar, warna yang lebih matang, kepala berbentuk sendok, dan lain sebagainya.

Untuk jenis ikan arwana asli Indonesia ini, saat muda sudah menampakkan kecantikan warna merah di beberapa bagian badannya seperti sirip, bibir, dan sungut. Ketika menjelang dewasa, warna merah akan mulai merata ke seluruh ikan arwana.

Ikan arwana merah sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 4 varietas. Di antaranya adalah ikan arwana Merah Cabai (Chili Red), Merah Darah (Blood Red), Merah Emas (Golden Red), dan Merah Orange (Orange Red).

Semua varietas ikan arwana tersebut diberi julukan Merah Grade Pertama atau Super Red. Meski demikian, dalam perkembangannya, julukan Super Red lebih ditujukan untuk arwana Merah Darah dan Merah Cabai.

Sedangkan arwana Merah Emas dan Merah Orange lebih sering dianggap sebagai ikan arwana Red grade kedua.

  1. Ikan Arwana Golden

Jenis ikan arwana asli Indonesia yang berikutnya adalah ikan arwana Golden. Ikan ini biasanya disebut dengan Arwana Golden Indonesia karena memang hanya dapat dijumpai di perairan Pekan Baru, Sumatera.

Ikan Arwana Golden
Ikan Arwana Golden

Adapun ciri-ciri ikan arwana Golden adalah memiliki warna emas yang muncul pada kepala hingga baris keempat sisiknya.

  1. Ikan Arwana Hijau

Jenis ikan arwana asli Indonesia yang selanjutnya adalah Arwana Hijau. Selain di Indonesia, arwana hijau juga dapat ditemukan di Malaysia, Thailand, Kamboja, dan Myanmar. Adapun variasi penampakan arwana hijau cukup bervariasi tergantung dari daerah asalnya masing-masing.

Ikan Arwana Hijau
Ikan Arwana Hijau

Itulah beberapa jenis ikan arwana asli Indonesia. Selain jenis di atas, sebenarnya masih banyak sekali varietas ikan arwana mulai dari arwana afrika hingga arwana brazil. Untuk jenis lain ikan arwana, akan kami ulas pada pembahasan berikutnya.

Ciri – Ciri Ikan Arwana

Setelah mengulas mengenai habitat asli arwana dan jenis-jenisnya, berikut kami akan membahas tentang ciri-ciri ikan arwana. Adapun morfologi ikan arwana adalah badan dan kepalanya yang agak padat.

Tubuhnya pipih, punggung datar, dan hampir lurus mulai dari mulut sampai sirip punggung. Garis gurat sisi yang terletak di samping tubuh arwana memiliki panjang 20 – 24 cm.

Ciri-ciri ikan arwana yang selanjutnya adalah bentuk mulutnya yang mengarah ke atas serta memiliki sepasang sungut di bibir bawahnya.

Ukuran mulut arwana lebar dengan rahang yang kokoh. Dalam hal ini, morfologi ikan arwana di bagian giginya memiliki jumlah 15 – 17 buah. Di bawah insangnya dilengkapi dengan penutup insang.

Letak sirip punggung arwana hampir mencapai sirip perut. Adapun panjang ikan arwana dewasa cukup variatif yakni berkisar antara 30 – 80 cm.

Bentuk badannya gepeng serta bersisik besar terlihat meliuk-liuk ketika ikan arwana sedang berenang. Ditambah lagi dua sungut yang ada di mulunya membuat arwana terlihat seperti naga air. Tak heran banyak yang menyebutnya ikan arwana sebagai ikan naga.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai ikan arwana serta habitat asli ikan arwana. Semoga apa yang kami ulas pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda sobat binatangmu.com