Hewan Memiliki Indra Penciuman Yang Tajam

Posted on

Ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat pada manusia dan hewan, terutama pada tubuhnya. Satu hal yang dapat membuat perbedaan adalah hidung karena tidak semua hewan memiliki bagian tubuh ini.

Bahkan jika mereka tidak memiliki hidung, beberapa hewan masih memiliki indera penciuman yang tajam untuk mendapatkan makanan atau untuk menghindari pemangsa. Mau tahu lebih lanjut, simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga : Peduli Hewan

Hewan Tanpa Hidung Tetapi Memiliki Indra Penciuman Yang Tajam

Hewan Yang Memiliki Penciuman Yang Tajam
Hewan Yang Memiliki Penciuman Yang Tajam

Sulit untuk menentukan hewan mana yang memiliki indera penciuman paling kuat karena reseptor penciuman yang berbeda merasakan bau yang berbeda. Reseptor bau mengenali bau yang dihasilkan oleh indera penciuman.

Reseptor ini berjumlah jutaan dan terutama terkonsentrasi di daerah di belakang rongga hidung, di mana mereka membentuk epitel olfaktorius. Spesies yang berbeda memiliki jumlah gen pengenalan bau yang berbeda.

Sebuah studi tentang spesies yang berbeda menyimpulkan bahwa gajah, beruang, dan hiu adalah beberapa hewan dengan indera penciuman yang kuat. Seperti diketahui, beberapa hewan telah mengembangkan bagian tubuhnya dan salah satunya adalah untuk indera penciuman.

Baca Juga : Mengenal Kucing Anggora

Ada hewan yang bisa mencium bau dari jarak yang sangat jauh untuk memakan mangsanya. Selain itu, indera penciuman yang tajam juga baik untuk kelangsungan hidup. Hewan apa yang memiliki indera penciuman yang sangat baik? Berikut daftarnya:

  1. Gajah

Salah satu hewan yang memiliki indera penciuman yang tajam adalah gajah. Indera penglihatan lemah, tetapi indra penciuman tidak memiliki alasan untuk meragukannya.

Hewan Gajah
Hewan Gajah

Gajah dapat memanfaatkan penciumannya secara optimal untuk mengenali air, bahkan ketika mereka berada sangat jauh.

Saat mencium bau, bagian tubuhnya ini memiliki jutaan sel reseptor yang dikirim ke jaringan lunak langit-langit mulut. Beginilah cara gajah bisa bertahan hidup.

Baca Juga : Resep Makanan Kucing Kaya Nutrisi

  1. Ular

Sama seperti gajah, ular memiliki penglihatan yang buruk, sehingga mereka lebih mengandalkan indera penciumannya. Bahkan, ular mencium bau melalui lidahnya, yang biasanya menjulur.

Hewan Ular
Hewan Ular

Lidah ini digunakan untuk mengumpulkan senyawa kimia dari udara dan mentransfernya ke organ indera dalam tubuh. Oleh karena itu, jika ular telah menciumnya, sulit untuk menyembunyikannya karena tidak dapat melihat secara visual.

Baca Juga : Apakah Hamster Termasuk Tikus? Ini Faktanya

  1. Hiu

Hiu mungkin hidup di laut, tetapi indra penciumannya juga salah satu yang paling tajam. Hewan laut ini sebenarnya bisa mencium bau darah dari jarak yang cukup jauh.

Ikan Hiu
Ikan Hiu

Meski begitu, hiu tidak selalu menyerang sumber bau darah, seperti yang ditampilkan dalam film tersebut. Dibandingkan dengan manusia, indra penciuman hewan ini seratus kali lebih kuat dan begitulah cara hiu bertahan hidup.

Baca Juga : Fungsi dan Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

  1. Beruang

Hewan lain yang memiliki indera penciuman yang tajam adalah beruang. Beruang bisa menjadi hewan dengan kemampuan yang cukup lengkap karena memiliki indera penglihatan dan pendengaran serta dapat melakukan hal yang berbeda.

Hewab Beruang
Hewab Beruang

Indera penciumannya diketahui bisa mendeteksi bau, meski jaraknya masih dalam jarak 30 kilometer. Karena itu, di hutan, lebih baik mewaspadai hewan-hewan ini.

  1. Burung Kiwi

Hewan terakhir yang juga memiliki indera penciuman yang baik adalah burung kiwi. Burung kecil ini memiliki lubang hidung di ujung paruhnya.

Burung Kiwi
Burung Kiwi

Fungsi penciuman adalah untuk mengawetkan makanan pada tumbuhan terutama cacing. Perbedaan dengan burung pada umumnya bisa terjadi karena hewan ini tidak bisa terbang.

Evolusi telah membuat paruhnya lebih sensitif terhadap bau untuk memakan cacing sebagai mangsanya. Ini adalah beberapa hewan yang memiliki indera penciuman yang tajam.

Faktanya, semua hewan memiliki kemampuan superior mereka sendiri dalam tubuh mereka. Jika Anda melihat atau melihatnya dari kejauhan, ada baiknya untuk berhati-hati. Tidak dapat disangkal bahwa hewan tersebut dapat tiba-tiba berlari ke arah Anda dengan tujuan yang tidak terduga.

Demikian pembahasan dari kami tentang Hewan yang Memiliki Indra Penciuman Yang Tajam semoga bermanfaat sobat binatangmu.com