7 Hewan Ternak Bernilai Tinggi dan Menguntungkan

Diposting pada

Tak banyak orang mengetahui apa saja hewan ternak bernilai tinggi. Ini karena umumnya hewan ternak sekedar untuk dikonsumsi saja. Padahal ada beberapa jenis hewan ternak bernilai tinggi yang bahkan harganya mencapai puluhan juta rupiah. 

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang hewan ternak paling menguntungkan, budidaya hewan ternak, contoh hewan ternak dan manfaatnya, dan budidaya hewan kesayangan

Contoh Hewan Ternak Bernilai Tinggi 

1. Ternak Lele

7 Hewan Ternak Bernilai Tinggi dan Menguntungkan

Seperti yang kita tahu, lele masih menjadi jenis ikan yang masih sangat diminati untuk dikonsumsi masyarakat. Hal ini karena lele memiliki daging yang enak. Selain itu, budidaya lele juga cukup mudah dilakukan. 

Umumnya, budidaya ikan lele dilakukan dengan memanfaatkan pilihan tempat seperti kolam, baik yang berasal dari beton atau terpal. Untuk waktu panen sendiri, lele membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 bulan hingga siap panen. Jadi ketika Anda ingin mendapatkan hasil yang menguntungkan dari ternak lele, maka dapat membuat beberapa kolam lele dengan waktu siap panen yang berjarak, misalnya 1 bulan sekali. 

Lalu bagaimana dengan pemasaran ikan lele? Apakah tidak susah? Tentu saja tidak. Ada banyak sekali warung ataupun tempat makan yang membutuhkan daging lele sebagai makanan konsumsi. Jadi Anda tak perlu khawatir. 

2. Ternak Unggas

7 Hewan Ternak Bernilai Tinggi dan Menguntungkan

Contoh hewan ternak bernilai tinggi yang selanjutnya adalah aneka unggas. Hal ini karena hampir setiap hari manusia membutuhkan daging unggas untuk dikonsumsi. Selain itu, telur unggas juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan aneka makanan seperti kue, roti, dan sebagainya. Adapun contoh hewan ternak unggas adalah ayam, bebek, dan itik. Semua binatang ternak ini dapat dimanfaatkan daging dan telurnya.

3. Ternak Mamalia

7 Hewan Ternak Bernilai Tinggi dan Menguntungkan

Ada banyak jenis hewan ternak bernilai tinggi dari golongan mamalia. Contohnya adalah sapi, kambing, kerbau, dan domba. Semua hewan ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi karena dagingnya dapat dimanfaatkan untuk olahan aneka makanan. Dalam menjalankan ternak sapi, kerbau, ataupun kambing, hal yang penting untuk diperhatikan adalah adanya lahan yang cukup luas.

Hal ini karena peternakan mamalia bertubuh besar membutuhkan tempat luas sehingga mereka dapat bergerak lebih bebas dan sehat. Selain itu, pastikan juga dapat menyuplai makanan harian ternak-ternak tersebut yang berupa rumput hijau. Untuk kambing dan sapi, bagian yang dimanfaatkan adalah daging dan kulitnya. Sedangkan untuk domba, dapat dimanfaatkan bulu wool, daging, dan kulitnya. 

Salah satu alasan mengapa hewan ternak bernilai tinggi seperti sapi dan kambing sangat direkomendasikan untuk dipelihara adalah karena setiap tahun, penjualan dua hewan ternak ini akan meningkat. Terutama ketika hari raya Qurban tiba. 

4. Ternak Ikan Konsumsi

7 Hewan Ternak Bernilai Tinggi dan Menguntungkan

Selain lele, contoh hewan ternak yang bernilai tinggi dari spesies ikan adalah ikan mujaer, kakap, dan gurame. Seperti halnya lele, ikan ini juga biasa disajikan di tempat makan. Jangka waktu panen ikan konsumsi pun tidak terlalu lama sehingga dapat mendatangkan hasil secara ekonomis.

5. Ternak Kelinci

7 Hewan Ternak Bernilai Tinggi dan Menguntungkan

Dalam beberapa tahun belakangan, ternak kelinci sudah mulai terlihat pamornya di masyarakat. Hal ini karena ternyata daging kelinci memiliki rasa yang enak. Tak heran secara perlahan harga kelinci ikut naik. Kelebihan ternak kelinci adalah proses perkembangbiakan yang relatif cepat. Namun jika Anda ingin memulai ternak kelinci, sediakan lahan terbuka agar bau dari kotoran kelinci tidak menjadi polusi di sekitar lokasi ternaknya. 

6. Ternak Ulat

7 Hewan Ternak Bernilai Tinggi dan Menguntungkan

Hewan ternak bernilai tinggi berikutnya adalah ulat yang khusus untuk pakan burung. Seperti yang kita tahu, perkembangan minat terhadap burung peliharaan terjadi sangat pesat dan bertahan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, ulat dapat menjadi pilihan hewan ternak yang tepat untuk meningkatkan ekonomi.

7. Ternak Hewan Kesayangan

7 Hewan Ternak Bernilai Tinggi dan Menguntungkan

Sekedar informasi, hewan kesayangan merupakan jenis hewan yang khusus diternak untuk dipeliharan. Apabila hewan ternak pada umumnya dapat dikonsumsi daging hingga telurnya, maka hewan ternak kesayangan  tidak. Umumnya hewan ternak kesayangan selain dipelihara atau dijadikan koleksi, juga sering diikutkan lomba atau kontes. Hal ini karena umumnya hewan jenis ini memiliki bentuk indah atau ciri khas yang dapat menarik perhatian.

Adapun contoh hewan ternak kesayangan adalah kucing persia, burung love bird, burung murai, ikan cupang, dan lain sebagainya. 

Nah, demikian pembahasan mengenai hewan ternak bernilai tinggi. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat.