Hewan Ternak yang Dimanfaatkan untuk Diambil Madunya Adalah?

Diposting pada

Binatangmu – Hewan Ternak yang Dimanfaatkan untuk Diambil Madunya adalah Lebah. Sebenarnya ini merupakan pengetahuan umum mengingat lebah merupakan penghasil madu. Namun perlu diketahui, sebagai hewan ternak, terdapat beberapa jenis lebah yang dapat menghasilkan madu yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh peternak.

Baca Juga : Manfaat Hewan Ternak Kambing untuk Manusia

Nah, untuk itulah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjabarkan beberapa jenis lebah yang dapat menghasilkan madu. Diantaranya adalah:

Hewan Ternak yang Dimanfaatkan untuk Diambil Madunya Adalah
  1. Asiatic Honey Bee (Lebah Madu Timur)

Jenis lebah ini tersebar di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan seperti Jepang, Korea, China, Bangladesh, Pakistan, India, Malaysia, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, Lebah Madu Timur memiliki habitat dan tersebar di Kalimantan, Jawa, Sumatera, Bali, dan Lombok.

Ini adalah jenis lebah yang paling sering dimanfaatkan sebagai hewan ternak yang dimanfaatkan untuk diambil madunya. Hal tersebut karena Lebah Madu Timur hanya akan menyerang kecuali sedang dalam keadaan terancam.

  1. Black Dwarf Honey Bee (Lebah Hitam)

Lebah Hitam memang dapat menghasilkan madu. Namun jenis lebah ini lebih sulit dibudidayakan ataupun dijadikan sebagai hewan ternak karena sulit ditemukan. Di Indonesia sendiri, Lebah Hitam dapat ditemukan di Kalimantan dan Jawa.

Baca Juga : 5 Manfaat Hewan Ternak Ayam untuk Manusia

  1. Lebah Barat

Lebah Barat pertama kali mulai dibudidayakan di Indonesia pada tahun 1970. Sebenarnya Lebah Barat bukan merupakan lebah asli Indonesia, melainkan diimport dari Eropa.

Salah satu kelebihan dari Lebah Barat adalah lebah ini cukup produktif. Dalam setahun, satu koloni Lebah Barat dapat menghasilkan madu hingga 50 kg. Inilah yang menjadikan Lebah Barat sangat cocok dijadikan sebagai hewan ternak.

  1. Lebah Madu Merah

Lebah Madu Merah juga merupakan salah satu jenis hewan ternak yang dimanfaatkan untuk diambil madunya. Habitat asli Lebah Madu Merah adalah Kalimantan. Meski demikian, persebarannya juga mencakup wilayah Sumatera, Jawa, dan Malaysia.

Baca Juga : Apa Saja Hewan Ternak yang Dipelihara untuk Diambil Susunya?

  1. Lebah Hutan/Lebah Raksasa

Seperti namanya, Lebah Raksasa memiliki ukuran tubuh yang lebih besar apabila dibandingkan dengan lebah madu pada umumnya.

Perlu diketahui, jenis Lebah ini bukan termasuk hewan ternak karena masih belum dibudidayakan atau belum didomestifikasi. Salah satu alasannya adalah sengatan Lebah Raksasa atau Lebah Hutan sangat menyakitkan.

Baca Juga : Apa Yang dapat di Manfaatkan dari Hewan Ternak Beserta Contohnya

  1. Lebah Madu Kerdil

Lebih ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan lebah madu pada umumnya. Habitat asli dari Lebah Madu Kerdil adalah di Iran, Oman, India, dan Kamboja. Di Indonesia sendiri, masih sedikit peternak lebah madu kerdil.

Nah, itulah pembahasan mengenai Hewan Ternak yang Dimanfaatkan untuk Diambil Madunya. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat sobat binatangmu.com

https://t.me/s/binatangmucom/67