Hewan Ternak dan Manfaatnya

Diposting pada

Hewan Ternak

Pengertian hewan ternak secara garis besar adalah hewan yang secara sengaja dipelihara dan dibudidayakan oleh manusia untuk diambil manfaatnya.

Contoh hewan ternak banyak sekali ditemui di sekitar kita seperti sapi, kambing, ayam, bebek, burung puyuh, dan lain sebagainya. Manfaat Beternak Hewan-Hewan Kecil ?

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian hewan ternak menurut para hali, bagaimana kriteria hewan ternak, serta apa saja yang dimanfaatkan dari hewan ternak.

Pengertian Hewan Ternak Menurut Para Ahli

Mengenai pengertian hewan ternak sendiri, menurut UU No. 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Hewan ternak adalah hewan peliharaan yang produknya diperuntukkan sebagai penghasil pangan, jasa, bahan baku industri, dan/atau hasil ikutannya yang terkait dengan pertanian.

Sedangkan dari Wikipedia, hewan ternak adalah binatang apapun (termasuk serangga, ikan, dan katak) yang dipelihara di tempat khusus, tidak di tempat terbuka. Jenis Hewan Ternak, Macam, Manfaat, dan Contohnya

Penyebutan hewan ternak dianggap lebih tepat apabila hewan yang dipelihara sedikit banyak telah mengalami domestifikasi, tidak hanya diambil dari alam liar kemudian dipelihara.

Dengan kata lain, pengertian hewan ternak adalah hewan apapun yang dipelihara pada lingkungan tertentu secara sengaja oleh manusia. Hewan ternak meliputi semua hewan yang memiliki faktor tertentu untuk dimanfaatkan (seperti konsumsi, pembuatan bahan baku, tenaga, kepuasan ekonomi, dan sebagainya).

Bagaimana Kriteria Hewan Ternak

Kriteria hewan ternak atau jenis hewan ternak dapat dikategorikan menjadi:

Kriteria Hewan Ternak
Kriteria Hewan Ternak
  • Ternak Hewan Besar

Ternak hewan besar merupakan kegiatan budidaya hewan yang memiliki tubuh-tubuh besar seperti kuda, kerbau, sapi, kuda, dan lain sebagainya.

Biasanya ternak hewan besar dimanfaatkan kulit, daging, susu, dan tenaganya. Selain itu, kotoran hewan ternak besar juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami untuk kebutuhan perkebunan dan pertanian.

  • Ternak Hewan Kecil

Ternak hewan kecil merupakan kegiatan budidaya hewan yang mempunyai tubuh agak kecil seperti kambing, babi, domba, kelinci, dan sebagainya.

Biasanya ternak hewan ternak kecil dimanfaatkan wool/bulu, daging, kulit, dan sebagainya. Berbeda dengan hewan ternak besar, ternak hewan kecil tidak dimanfaatkan tenaganya untuk membantu manusia.

  • Ternak Hewan Unggas

Ternak hewan unggas meliputi hewan-hewan yang masuk kategori unggas. Diantaranya adalah ayam, bebek, itik, dan angsa. Apa Itu Hewan Ternak ? Simak penjelasannya lengkap Peternakan unggas mudah ditemui karena peminatnya banyak.

Adapun manfaat yang dapat diambil dari ternak unggas adalah daging, telur, dan bulunya.

  • Ternak Hewan Aves (Burung)

Kriteria ternak unggas dan aves/burung memang dibedakan, karena tidak semua burung memiliki kesamaan dengan unggas.

Contoh ternak hewan burung adalah burung puyuh, burung merpati, dan sebagainya. Umumnya yang dimanfaatkan dari ternak hewan burung adalah telur dan dagingnya.

  • Ternak Hewan Kesayangan

Berbeda dengan beberapa ternak hewan di atas, hewan ternak kesayangan biasanya dimanfaatkan untuk segi ekonomi dan kepuasan pemiliknya, tidak untuk dikonsumsi.

Contoh ternak hewan kesayangan adalah burung murai batu, burung love bird, kucing persia, ikan cupang, ikan arwana, dan lain sebagainya.

Manfaat dari Hewan Ternak

Manfaat hewan ternak dapat diklasifikasikan dari pemanfaatannya di berbagai bidang kehidupan manusia. Diantaranya adalah:

Manfaatkan dari Hewan Ternak 
Manfaatkan dari Hewan Ternak
  1. Manfaat Ternak di Bidang Pertanian

Manfaat hewan ternak di bidang pertanian biasanya hanya berlaku untuk hewan ternak besar. Hewan Ternak yang Dimanfaatkan dan Dibudidayakan Di berbagai negara maju, hewan ternak dimanfaatkan kotorannya untuk membuat pupuk alami yang sangat baik bagi pertanian.

Sedangkan di Indonesia sendiri, hewan ternak besar kerapkali dimanfaatkan tenaganya dalam membantu upaya pertanian seperti membajak sawah, mengangkut hasil pertanian, dan lain sebagainya.

  1. Manfaat Ternak untuk Konsumsi

Ini adalah manfaat yang paling sering digunakan pada hewan ternak. Hal ini karena manusia dan hewan memiliki ikatan alami, dimana hewan dimanfaatkan daging, telur, dan susunya sebagai bahan makanan.

Ada banyak sekali contoh hewan ternak untuk konsumsi seperti sapi, ayam, kambing, aneka ikan, aneka burung, dan masih banyak lagi contohnya.

  1. Manfaat Hewan Ternak di Bidang Ekonomi

Hewan ternak yang masuk dalam kategori bidang ekonomi merupakan hewan yang sengaja dipelihara tidak untuk dikonsumsi, namun melalui proses jual-beli untuk mendapatkan hasil ekonomis dari hewan tersebut.

Contohnya adalah hewan yang sengaja dibudidayakan untuk lomba/kontes hewan seperti burung murai batu, kucing persia, ikan arwana, ikan cupang, dan lainnya.

  1. Manfaat Hewan Ternak di Bidang Industri

Tak sedikit juga hewan ternak yang dimanfaatkan dalam bidang industri dengan memanfaatkan bagian tubuh yang memang tidak dikonsumsi oleh manusia. Hewan Langkah di Indonesia Contohnya adalah kulit sapi untuk bedug, sutera dari ulat sutera, wool untuk pakaian, dan sebagainya.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Hewan Ternak, Jenis dan Manfaat bagi Manusia. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi sobat binatangmu.com