Jenis dan Harga Ikan Cupang

Diposting pada

Binatangmu.com – Jenis dan harga ikan cupang adalah dua hal pertama yang harus diperhatikan, terutama jika Anda ingin mendapatkan keuntungan. Temukan orang-orang terbaik di sini!

Ikan Cupang atau Betta SP

Ikan Cupang atau Betta SP merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang akhir – akhir ini banyak digandrungi oleh masyarakat. Pasalnya, penampilan ikan aduan bisa mempercantik akuarium rumah. Belum lagi jenisnya yang bisa sangat menguntungkan saat trading.

Habitat asli ikan aduan adalah di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.

Ada beberapa jenis, dari yang paling umum hingga yang paling langka, yang semuanya dapat ditemukan di perairan setempat. Bagi penggemar ikan cupang, jenisnya biasanya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu penyakit, ikan hias, dan buruan.

Dari berbagai jenis cupang yang terdapat di perairan Indonesia, ada beberapa yang bisa Anda pilih. Daripada salah pilih, yuk simak daftar jenis ikan cupang termahal dan harganya di bawah ini!

Baca Juga : Manfaat Spirulina untuk Ikan Cupang

Jenis Ikan Cupang yang Paling Mahal

Jenis Ikan Cupang yang Paling Mahal
Jenis Ikan Cupang yang Paling Mahal

Baca Juga : Ikan Cupang Bisa Makan Nasi ? Bisa Dong

  1. Ikan Cupang Koi

Ikan cupang termahal kedua adalah jenis koi. Bentuk ikan cupang yang unik dan warnanya yang cerah membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Ikan Cupang Koi
Ikan Cupang Koi

Baca Juga : Fungsi dan Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Seperti ikan koi biasa, warna cupang koi terbatas pada warna merah, hitam, biru, oranye, dan putih. Namun, siripnya yang lebar dan bulat membuat ikan ini menonjol dan harganya mahal.

Seekor cupang koi dijual dengan harga sekitar Rp. 150-200 ribu.

  1. Ikan Cupang Slayer

Ikan Cupang Pembunuh adalah hasil persilangan antara Serit Betta dan Halfmoon Betta. Persilangan antara kedua jenis cupang tersebut membuat tampilan si pembunuh cupang terlihat unik.

Ikan Cupang Slayer
Ikan Cupang Slayer

Baca Juga : Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Siripnya lebar dan lembut seperti bulan sabit, tetapi memiliki tubuh yang ramping dan imut seperti cupang. Di pasaran, harga ikan slayer cupang bervariasi tergantung ukuran dan umurnya.

Ikan cupang pemburu dewasa bisa mencapai Rp. 250 hingga Rp. 300 ribu.

  1. Ikan Cupang Black Samurai

Samurai hitam adalah jenis cupang yang unik. Tak heran jika spesies ini menjadi salah satu ikan aduan paling mahal dan paling langka.

Ikan Cupang Black Samurai
Ikan Cupang Black Samurai

Baca Juga : Apakah Ikan Cupang Harus Dijemur secara Rutin ?

Memiliki nama lain Black Mamba, ikan ini dibalut dengan warna hitam pekat dengan corak yang cerah. Karena langka dan cantik, ikan ini dihargai sekitar 150-400 ribu rupiah.

  1. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon atau Halfmoon merupakan salah satu jenis ikan hias dengan nilai jual yang tinggi. Ini karena siripnya lebar dan fleksibel.

Ikan Cupang Halfmoon
Ikan Cupang Halfmoon

Baca Juga : Apakah Induk Cupang Jantan Memakan Anaknya ?

Warna tubuhnya jauh lebih terang dibandingkan jenis ikan aduan mahal lainnya. Ikan Cupang Bulan Sabit memasuki pasar Indonesia 10 tahun yang lalu dan reputasinya tidak menurun hingga hari ini.

Halfmoon Betta adalah jenis keluhan. Namun, jenis ini akan lebih baik jika dipelihara sebagai ikan hias untuk menjaga keindahan sirip dan warnanya.

  1. Ikan Cupang Nemo

Mirip dengan Black Samurai Betta, jenis Nemo adalah salah satu ikan cupang yang paling mahal dan paling langka.

Sirip Nemo Betta mungkin tidak selebar bulan sabit, tetapi polanya yang mencolok membuat ikan ini istimewa. Selain itu, cupang nemo berukuran kecil, seperti ikan nemo laut.

Ikan Cupang Nemo
Ikan Cupang Nemo

Hal ini membuat mereka terlihat lebih manis dan menggemaskan untuk digunakan sebagai ikan hias. Harga ikan cupang Nemo berkisar antara 200 hingga 400 ribu rupiah per kapita.

  1. Ikan Cupang Double Tail

Bersiaplah untuk beruntung jika Anda memelihara jenis ikan cupang mahal ini! Cupang ekor ganda, atau garpu, memiliki sifat unik, yaitu ekornya terbelah dua.

Ikan Cupang Double Tail
Ikan Cupang Double Tail

Kedua ekor cupang ini bisa memiliki warna yang berbeda, sehingga menghasilkan gradasi yang lebih bagus dan meningkatkan harga jual. Sayangnya, ikan ini memiliki beberapa kekurangan.

Harga ikan cupang ekor ganda cukup mahal, baik itu benih maupun inkubatornya. Ikan aduan ekor ganda juga sangat rentan terhadap jamur dan rentan terhadap kematian dini.

Agar ikan tidak stres, Anda harus hati-hati memelihara, memberi makan, dan mengganti air akuarium.

  1. Ikan Cupang Plakat

Meskipun merupakan ikan aduan, poster adalah jenis ikan aduan yang mahal dan sangat cocok untuk mengisi akuarium rumah. Namanya berasal dari bahasa Thailand dan berarti “berjuang”.

Ikan Cupang Plakat
Ikan Cupang Plakat

Harga ikan cupang plakat meroket karena warna dan jenisnya cukup langka. Warna pada tubuh ikan cupang plakat sangat ringan dan tidak pudar walaupun dalam pertempuran.

Pergerakan ikan cupang plakat sangat agresif. Trah ini adalah perenang yang sangat baik yang dapat melindungi dirinya sendiri dengan menyebarkan sirip depannya untuk menakut-nakuti lawannya.

  1. Ikan Cupang Fancy

Rekor harga cupang termahal yang pernah dijual mencapai Rp 1,5 juta. Jenis ikan cupang ini mahal harganya sejak lahir.

Ikan Cupang Fancy
Ikan Cupang Fancy

Ayam cupang mewah bisa dijual mulai dari Rp. 100 sampai Rp. 200.000 per unit. Salah satu hal yang membuat ikan cupang mewah menjadi mahal adalah warnanya yang tiga dimensi.

Perpaduan warna pada tubuh dan sirip ikan cupang yang apik terlihat seperti bergerak saat berenang. Ini membedakannya dari jenis ikan aduan mahal lainnya.

  1. Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan cupang termahal di dunia adalah Kachen Worachai Betta. Ikan cupang Kachen Worachai dewasa bisa bernilai Rp. 20 juta di pasaran. Keunikan ikan aduan mahal ini bisa dikenali dari warnanya.

Ikan Cupang Kachen Worachai
Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan Cupang Kachen Worachai memiliki tiga warna yang mirip dengan bendera Thailand. Tidak ada yang tahu nama asli dari ikan aduan ini. Nama Kachen Worachai berasal dari nama asli pemiliknya yang berasal dari Thailand.

Demikian pembahasan kali ini tentang Jenis Jenis Ikan Cupang Hias Termahal Di Dunia Beserta Harganya, terima kasih sobat binatangmu.com semoa bermanfaat jangan lupa di share sobat !!!