Ikan Hias Air Tawar

Posted on

Binatangmu.com Siapa yang menganggur di rumah atau ingin beternak ikan tetapi tidak tahu ikan mana yang harus dipelihara? Ikan hias biasanya hidup di laut lepas, bila tidak berada di air laut ikan hias tersebut mati. Namun, Anda bisa memelihara ikan hias yang tak kalah cantiknya dengan air tawar.

Baca Juga : Ikan Hias Air Laut

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Tidak Mudah Mati

Jenis Ikan Hias Air Tawar
Jenis Ikan Hias Air Tawar
  1. Ikan Cupang

Ikan hias yang satu ini tentu sudah dikenal. Ikan cupang hadir dalam berbagai warna dan bentuk yang sangat menarik. Merawat ikan ini juga cukup mudah.

Baca Juga : Jenis dan Harga Ikan Cupang

Cukup dimasukkan ke dalam botol berisi air dan ikan masih bisa hidup. Namun, ikan ini memiliki sifat agresif, sehingga tidak bisa digabungkan dengan ikan lainnya.

  1. Ikan Botia

Ikan botia merupakan ikan nokturnal karena bersifat nokturnal dan ikan ini merupakan ikan yang paling banyak diburu oleh para pecinta ikan hias untuk menghiasi akuariumnya.

Ada beberapa jenis ikan hias botia yang menjadi primadona diantaranya adalah ikan botia macan, botia ikan badut, ikan botia morleti, dan ikan botia india.

Baca Juga : Ikan Hias Termahal Di Indonesia

  1. Ikan Koi

Tidak asing dengan ikan yang satu ini. Ikan koi memiliki ciri khas perut buncit dan warna cerah serta bervariasi. Biasanya ikan ini ditempatkan di kolam ikan.

Hal ini dikarenakan ikan ini memakan tempat yang cukup luas. Semakin besar dan bagus warna ikannya, semakin mahal harganya.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

  1. Ikan Black Ghost

Lagi – lagi ikan yang berasal dari Amazon, yaitu hantu hitam. Dengan warna hitamnya, bentuknya yang pipih dan siripnya yang panjang, ikan ini juga dikenal sebagai black ghost.

Ikan ini suka memakan jentik nyamuk dan serangga air kecil atau pelet. Perawatannya juga cukup sederhana.

Baca Juga : Jenis Ikan Guppy Yang Mudah Dipelihara Pemula

  1. Ikan Louhan

Ikan dengan kepala yang khas ini sangat terkenal di berbagai kalangan. Di Indonesia, ikan lohan merupakan jenis ikan air tawar yang sangat digemari oleh para kolektor ikan.

Bentuknya yang unik dengan warna-warna yang indah menjadikan bunga hornfish sebagai simbol keberuntungan. Harga ikan ini juga cukup mahal.

  1. Ikan Manfish

Jenis ikan hias ini sangat mudah dalam perawatannya karena dapat dicampur dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu akuarium.

Dengan ciri tubuhnya yang pipih dan sirip yang memanjang serta warna yang beraneka ragam, ikan ini cocok untuk menghiasi aquarium anda. Harga Manfish ini juga relatif murah.

  1. Ikan Ekor Pedang

Ikan swordtail memiliki tubuh yang runcing seperti pedang, sehingga tidak heran jika ikan ini disebut swordfish. Namun, bagian yang tajam seperti pedang hanya terjadi pada pria.

  1. Ikan Lemon

Dari warnanya saja sudah tahu kenapa disebut lemonfish. Ya, itu karena warnanya seperti lemon. Ikan ini cukup tahan, tetapi ikan lemon merupakan ikan yang agresif, sehingga sulit untuk digabungkan dengan jenis ikan lain di akuarium.

  1. Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan ikan hias yang mudah perawatannya dan harganya juga relatif murah. Ikan ini memiliki ukuran sekitar 2,5 sampai 5 cm dan memiliki sirip yang indah dengan berbagai motif warna yang menonjol. Ketika guppy merasa nyaman dengan lingkungannya, mereka mudah berkembang biak.

  1. Ikan Neon Tetra

Dengan nama latin Paracheirodon innesi, neon tetrafish menjadi pilihan pelengkap ikan hias air tawar di akuarium.

Jenis ikan ini termasuk dalam kelompok ikan kardinal atau ikan air tawar yang membentuk sculling atau sekolah. Sisik di Terta-Neon memiliki zat bioluminescent; H. mereka mengeluarkan cahaya.

  1. Ikan Molly

Ikan molly berwarna indah, mudah dirawat, dan jinak. Bentuknya yang kecil, berani dan hadir dalam berbagai warna yang menarik, membuatnya cocok untuk dipelihara di akuarium bersama ikan-ikan kecil lainnya. Meski tidak ada pompa oksigen di akuarium, ikan ini juga mampu bertahan hidup.

  1. Ikan Platy

Sepintas ikan platy memiliki bentuk yang mirip dengan ikan molly, hanya saja warna ikan platy lebih terlihat. Ikan platy memiliki beragam spesies yang menarik.

Merawat ikan ini cukup sederhana. Warnanya mencolok dan jinak, sehingga cocok untuk perawatan pemula.

Demikian pembahasan kali tentang Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Tidak Mudah Mati secara lengkap dan jelas, semoga bermanfaat sobat binatangmu.com jangan lupa di share