Ikan Pari Berkembang Biak dengan Cara Apa?

Diposting pada

Pada penjelasan sebelumnya, kami telah mengulas mengenai apakah ikan pari menstruasi atau tidak. Nah, pada kesempatan kali ini, akan kami coba ulas juga mengenai ikan pari berkembang biak dengan cara apa.

Hal ini karena masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara ikan pari berkembang biak. Tak perlu berlama-lama, berikut adalah jawabannya.

Bagaimana Cara Ikan Pari Berkembang Biak

Bagaimana Cara Ikan Pari Berkembang Biak
Bagaimana Cara Ikan Pari Berkembang Biak

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan ikan pari berkembang biak dengan cara apa, tentu langkah paling tepat adalah mencari tahu termasuk dalam kategori apa ikan yang satu ini.

Seperti yang kita tahu, terdapat 3 klasifikasi terkait cara perkembang biakan hewan yakni ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Ovipar adalah perkembangan biakan dengan cara bertelur, vivipar dengan cara melahirkan, sedangkan ovovivipar yakni perkembang biakan hewan dengan cara bertelur dan melahirkan.

Lantas bagaimana dengan ikan pari? Ikan pari termasuk dalam kategori hewan ovovivipar dimana ikan ini bertelur dan melahirkan anak-anaknya.

Pada dasarnya ikan pari berkembang biak dengan cara bertelur, namun beberapa jenis ikan pari akan melahirkan anak-anak mereka setelah telur-telur tersebut menetas di dalam tubuh mereka.

Proses Perkawinan Ikan Pari dan Waktu Hingga Telurnya Menetas

Setelah mengetahui tentang bagaimana cara ikan pari berkembang biak, hal menarik selanjutnya adalah mengetahui proses perkawinan ikan pari hingga waktu yang dibutuhkan untuk menetaskan telur-telurnya.

Jadi prosesnya, pari jantan akan membuahi pari betina. Hal yang unik, proses pembuahan ikan pari hanya berlangsung 90 detik saja. Kemudian, ketika proses pembuatan berhasil, maka ikan pari betina akan mengandung telur-telur yang disimpan di dalam tubuhnya.

Umumnya, ikan pari betina akan menyimpan telur tersebut hingga menjadi embrio ataupun tumbuh cukup umur di dalam kandungannya untuk kemudian dikeluarkan/dilahirkan.

Meskipun proses pembuatan ikan pari berlangsung sangat singkat, namun masa kehamilan pari betina cukup lama yakni sekitar 9 – 12 bulan. Dalam sekali pembuahan, anak atau embrio yang dihasilkan oleh ikan pari sebanyak 5 – 9 ekor saja.

Hal unik yang perlu Anda ketahui mengenai ikan pari adalah terdapat kasus bahwa beberapa ikan pari juga dapat berkembang biak secara Partenogenesis.

Maksudnya adalah mampu melahirkan anak tanpa perlu proses pembuahan oleh sperma pada embrio. Kondisi ini memang terbilang sangat langka. Namun faktanya, seekor pari bernama Freckel di Australia mampu melakukan hal tersebut.

Itu dia sedikit pembahasan mengenai bagaimana ikan pari berkembang biak. Jadi jawaban untuk pertanyaan Ikan Pari Berkembang Biak dengan Cara Apa adalah bertelur dan melahirkan (Ovovivipar).

Semoga apa yang kami bahas pada kesempatan kali bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada pembahasan menarik selanjutnya. sobat binatangmu.com