Jelaskan Apa yang Dimaksud Hewan Ternak!

Diposting pada

Jelaskan apa yang dimaksud Hewan Ternak – Meskipun merupakan kata yang sering didengar, namun terkadang orang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan hewan ternak.

Untuk itu, kami akan menjelaskan apa yang dimaksud hewan ternak serta kriterianya.

Hewan Ternak
Hewan Ternak

Apa yang Dimaksud dengan Hewan Ternak ?

Pengertian hewan ternak adalah hewan yang sengaja dipelihara untuk dimanfaatkan apa yang ada pada hewan tersebut. Manfaat Hewan Ternak Ayam untuk Manusia

Biasanya hewan ternak dijadikan sebagai sumber pangan, sumber bahan baku industri, hingga sumber tenaga untuk membantu pekerjaan manusia. Usaha perawatan dan pemeliharaan ternak disebut dengan peternakan.

Apa Saja yang Dapat Dimanfaatkan dari Hewan Ternak?

Pada umumnya, hewan ternak biasanya dimanfaatkan dagingnya yakni sebagai makanan konsumsi manusia. Namun hewan seperti unggas atau burung juga dimanfaatkan telurnya untuk bahan baku pembuatan makanan seperti roti serta aneka masakan. Manfaat Hewan Ternak Bebek untuk Manusia

Selain itu, ada juga hewan ternak yang dimanfaatkan susunya seperti sapi, kambing, dan kuda. Sapi dan kerbau juga dimanfaatkan tenaganya untuk membantu manusia seperti menarik gerobak dan membajak sawah.

Kriteria Hewan Ternak dan Contohnya!

Setelah mengetahui tentang apa saja yang dapat dimanfaatkan dari hewan ternak, kini saatnya kamu tahu bagaimana kriteria hewan ternak. Manfaat Hewan Ternak Sapi bagi Manusia dan Lingkungan

Kami akan mengklasifikasikan kriteria hewan ternak melihat dari jenis ternak dan apa yang dimanfaatkan dari hewan ternak tersebut.

  1. Hewan Ternak Konsumsi

Hewan ternak konsumsi adalah hewan ternak yang dibudidayakan oleh masyarakat sengaja untuk dikonsumsi dagingnya. Apa saja hewan ternak konsumsi, diantaranya adalah: Manfaat Utama Hewan Ternak bagi Manusia

  • Dikonsumsi dagingnya : Sapi, kerbau, kambing, ayam, itik, babi, lele, mujair, kelinci, dll.
  • Dikonsumsi Telurnya : Itik, ayam, burung puyuh.
  • Dikonsumsi susunya : Sapi, kambing, unta.
  • Dikonsumsi madunya : Lebah
  • Dikonsumsi liurnya : burung walet
  1. Hewan Ternak Kerja

Hewan ternak kerja adalah hewan ternak yang dimanfaatkan tenaganya untuk membantu kegiatan manusia. Contohnya adalah sapi, kerbau, dan kuda.

  1. Hewan Ternak Hias

Hewan ternak hias merupakan hewan yang tidak dimanfaatkan daging dan tenaganya. Kategori hewan ternak hias umumnya dijadikan sebagai peliharaan ataupun lomba.

Jika kamu ditanya sebutkan 5 macam hewan ternak hias, jawabannya adalah ikan cupang, kucing persia, burung beo, burung parkit, ayam merah putih, dan lain sebagainya. Hewan Ternak yang Dimanfaatkan untuk Diambil Madunya Adalah ?

  1. Hewan Ternak Produksi

Hewan ternak produksi adalah hewan yang dimanfaatkan hasil kerjanya seperti rumah ataupun bulunya untuk diproduksi menjadi sebuah barang yang berguna bagi manusia. Contohnya adalah bulu pada domba dan ayam serta sutra dari ulat.

Demikian sedikit informasi mengenai Apa yang Simaksud Hewan Ternak Serta Kriterianya. Semoga bermanfaat sobat binatangmu.com