Hewan Ternak Kesayangan

Posted on

Ada banyak sekali jenis hewan ternak dan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Hal ini karena peternakan sendiri seolah sudah menjadi industri penting yang mendukung manusia mulai dari pemanfaatan tenaga, daging, dan telur hewan ternak tersebut.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menjelaskan mengenai beberapa jenis hewan ternak dan manfaatnya. Manfaat Utama Hewan Ternak bagi Manusia

Jenis Hewan Ternak dan Manfaatnya bagi Manusia

Istilah hewan ternak sendiri mengacu pada hewan yang dengan sengaja dipelihara untuk diambil manfaatnya. Sebenarnya banyak sekali jenis hewan ternak yang dapat ditemui dan dibudidayakan oleh masyarakat.

Manfaat hewan ternak tersebut pun beragam, ada yang dikonsumsi ada juga yang menjadi hewan ternak kesayangan. Manfaat Ternak Sapi bagi Manusia dan Lingkungan Adapun contoh 20 hewan ternak yang dimanfaatkan di masyarakat adalah sebagai berikut:

Hewan Ternak dan Manfaatnya
Hewan Ternak dan Manfaatnya
  1. Hewan Ternak Sapi

Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang cukup banyak dipelihara oleh masyarakat. Hewan ini memiliki banyak manfaat.

Diantaranya adalah dagingnya untuk dikonsumsi, susunya untuk diminum dan dijadikan sebagai bahan campuran makanan, serta tenaganya untuk membantu petani membajak sawah atau mengangkut hasil pertanian.

  1. Hewan Ternak Ayam

Selain sapi, peternakan ayam juga dapat dengan mudah ditemui di sekitar kita. Bahkan di pedesaan, ayam menjadi peliharaan yang nantinya dapat dimanfaatkan dagingnya untuk konsumsi.

Di samping itu, telur ayam juga dapat digunakan sebagai makanan ataupun campuran dalam membuat roti. Bulu ayam juga dapat dimanfaatkan untuk banyak hal seperti pembuatan shuttlecock ataupun materi lainnya.

  1. Hewan Ternak Bebek

Jenis hewan ternak selanjutnya adalah bebek. Seperti halnya ayam, bebek juga dimanfaatkan daging dan telurnya untuk dikonsumsi masyarakat.

  1. Hewan Ternak Kambing

Kambing merupakan jenis hewan ternak yang manfaatnya cukup banyak di masyarakat. Kambing umumnya dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi, kulitnya dijadikan sebagai bedug, dan terkadang susunya dijadikan keju atau dapat diminum.

  1. Hewan Ternak Burung Puyuh

Hewan puyuh biasanya diternak dan dimanfaatkan telurnya untuk dikonsumsi. Kamu sendiri sering memakan telur puyuh kan? Baik yang disate ataupun direbus.

Ini adalah salah satu contoh hasil peternakan dan manfaatnya dari burung puyuh. Namun bila burung puyuh sudah tak dapat bertelur karena sudah tua, biasanya dagingnya juga akan dikonsumsi.

  1. Hewan Ternak Babi

Di Indonesia sendiri, memang sangat jarang ada peternakan babi karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim. Manfaat Hewan Ternak Kambing untuk Manusia

Namun babi juga termasuk ke dalam hewan ternak. Biasanya, babi dimanfaatkan dagingnya untuk konsumsi.

  1. Hewan Ternak Lebah

Meskipun memiliki bentuk yang sangat kecil, namun lebah memiliki manfaat sebagai hewan ternak. Binatang ini dimanfaatkan madunya sebagai sarana kesehatan.

Biasanya sarang lebah ditemukan di kebun atau hutan. Namun ada juga orang yang sengaja ternak lebah sebagai produksen madu.

  1. Hewan Ternak Domba

Berbeda dengan kambing, domba biasanya dimanfaatkan bulunya sebagai bahan untuk pembuatan kain.

Selain itu, bulu domba juga dapat dimanfaatkan untuk membuat baju, sepatu, jaket, dan lain sebagainya.

  1. Hewan Ternak Ikan

Ada banyak sekali jenis hewan ternak ikan yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Apa saja hewan ternak ikan yang dagingnya dikonsumsi? Diantaranya adalah ikan lele, mujaer, patin, gurame, gabus, teri, dan lain sebagainya.

  1. Hewan Ternak Belut

Belut juga dapat dikategorikan sebagai hewan ternak karena memang ada sebagian masyarakat yang sengaja membudidayakan belut untuk konsumsi.

Belut memiliki bentuk tubuh yang licin. Dagingnnya gurih dan biasanya dijadikan sebagai keripik ataupun sate.

  1. Hewan Ternak Udang

Jenis hewan ternak dan manfaatnya yang berikutnya adalah udang. Udang dimanfaatkan dagingnya karena rasanya sangat enak. Bentuk udang cukup kecil namun menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.

Tak hanya di warung, daging udang juga sering ditemui di restoran-restoran sehingga tak heran apabila banyak peternakan yang membudidaya udang.

  1. Hewan Ternak Kelinci

Kelinci merupakan hewan ternak yang biasanya dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi. Daging kelinci biasanya diolah menjadi makanan seperti sate kelinci.

  1. Hewan Ternak Walet

Apa yang dimanfaatkan dari burung walet? Burung walet dimanfaatkan air liurnya untuk berbagai hal seperti pengobatan. Selain itu, sarang walet juga menjadi makanan konsumsi bagi sebagian orang.

Hewan Ternak Kesayangan

Selain beberapa jenis hewan ternak di atas, ada juga kategori hewan ternak kesayangan. Manfaat dari Hewan Ternak Beserta Contohnya Maksudnya adalah hewan yang sengaja dipelihara tidak untuk dikonsumsi, namun dimanfaatkan keindahannya sebagai peliharaan ataupun lomba dan sebagainya. Contohnya adalah:

Burung Murai
Burung Murai
  1. Ikan Arwana

Dari dulu hingga sekarang, ikan arwana memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bagi sebagian orang, ikan arwana dipercaya membawa rezeki.

Bentuknya yang sangat indah membuat banyak orang beternak arwana dengan beragam jenis, dari yang berharga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

  1. Ikan Cupang

Ikan cupang juga dikenal sebagai salah satu hewan ternak yang dimanfaatkan keindahannya. Hewan ini memang memiliki bentuk tubuh yang sangat indah dan biasanya dijadikan sebagai ikan kontes untuk beradu keindahan cupang.

  1. Ikan Louhan

Meskipun sekarang pamor ikan Louhan sudah meredup sebagai ikan hias, namun hewan ini masih memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan.

Hal ini karena ikan louhan memiliki bentuk tubuh yang unik dengan nunung atau jedong di bagian kepala serta motif unik di sekujur badannya.

  1. Burung Parkit

Burung parkit juga menjadi salah satu hewan ternak kesayangan. Kamu sendiri pasti sadar bahwa di sekitarmu banyak orang yang memelihara dan beternak burung parkit.

Ini karena burung parkit memiliki bentuk yang sangat bagus dan warna-warni alami sehingga sangat diminati oleh masyarakat.

  1. Burung Murai

Di antara jenis burung, Murai juga menjadi burung ternak yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain itu, burung murai dimanfaatkan sebagai burung kontes dengan suaranya yang merdu.

  1. Ulat Sutra

Seperti namanya, ulat sutra dibudidayakan dan dimanfaatkan sutranya sebagai bahan baku pembuatan kain yang berkualitas. Di Indonesia memang jarang ada peternakan khusus ulat sutra.

Namun di luar negeri, ulat sutra benar-benar diternak sehingga mereka dapat memproduksi pakaian yang sangat bagus. Hewan Ternak yang Dimanfaatkan untuk Diambil Madunya 

  1. Kucing Ras

Hewan ternak kesayangan yang berikutnya adalah kucing ras. Ada banyak sekali jenis kucing ras yang dipelihara dan dikembangbiakkan masyarakat Indonesia karena keindahannya.

Contohnya adalah kucing persia, kucing anggora, kucing mainecoon, kucing sphinx, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia Jenis Hewan Ternak dan Manfaatnya di masyarakat. Jadi sebenarnya banyak sekali manfaat hewan ternak mulai dari hewan konsumsi, dimanfaatkan tenaganya untuk membantu kegiatan manusia, hingga hewan ternak yang dinikmati keindahannya. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi sobat binatangmu.com