20+ Jenis Hewan Ternak, Macam-Macam, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Hewan Ternak – Berbicara mengenai hewan ternak, ada banyak sekali jenis hewan ternak dan macam-macamnya. Bahkan hewan ternak sendiri dapat dikategorikan menurut dari manfaat serta ukuran tubuhnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai jenis hewan ternak dan manfaatnya, apa saja yang dapat dimanfaatkan dari hewan ternak, hewan ternak kesayangan, dan kategori hewan ternak. 

20+ Jenis Hewan Ternak, Macam-Macam, Manfaat, dan Contohnya

Apa Itu Hewan Ternak?

Sebelum lebih jauh membahas tentang jenis hewan ternak, ada baiknya Anda memahami apa pengertian hewan ternak. Hewan ternak merupakan semua jenis hewan yang dipelihara, dirawat, dan dibudidayakan untuk diambil hasil darinya. Hewan ternak mengacu pada hewan-hewan yang telah mengalami proses domestifikasi. Maksudnya adalah hewan yang sudah sejak lama diternak oleh manusia. Jadi hewan yang masih berada pada ruang lingkup luas seperti alam liar, tidak dapat dikategorikan sebagai hewan ternak. 

Dalam UU Nomor 18 Tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan, pengertian hewan ternak adalah hewan peliharaan yang produknya diperuntukkan sebagai penghasil pangan, jasa, bahan baku industri, dan/atau hasil ikutannya yang terkait dengan peternakan. 

Kategori/Jenis Hewan Ternak dan Manfaatnya

Jenis hewan ternak akan kami kategorikan berdasarkan dari beberapa hal yakni ukuran tubuhnya, apa yang dimanfaatkan dari hewan ternak, habitatnya, dan hewan ternak yang dibudidayakan di masyarakat.

1. Jenis Hewan Ternak Dilihat dari Ukuran Tubuhnya

Untuk jenis hewan ternak yang dilihat dari ukuran tubuhnya, dapat dibagi menjadi berikut:

a. Hewan Ternak Bertubuh Besar

Jenis hewan ternak bertubuh besar contohnya adalah sapi, kerbau, dan kuda. Jenis hewan ternak ini biasanya dipelihara dalam ruang lingkup yang luas. Hal ini karena semakin besar ukuran tubuhnya, maka semakin besar pula tempat yang harus disediakan untuk beternak hewan jenis ini. 

b. Hewan Ternak Bertubuh Sedang

Jenis hewan ternak bertubuh sedang contohnya adalah kambing, domba, dan babi. Jenis hewan ternak ini membutuhkan tempat yang cukup luas. Adapun makanan dari hewan ternak bertubuh sedang dan bertubuh besar relatif sama yakni rumput-rumputan atau sayuran. 

c. Hewan Ternak Bertubuh Kecil

Hewan ternak bertubuh kecil punya banyak sekali contohnya seperti ayam, itik, bebek, angsa, aneka jenis ikan, burung, kelinci, dan lain sebagainya. Jenis hewan ternak ini relatif lebih mudah dipelihara dan dibudidayakan oleh masyarakat. Bahkan beberapa jenis hewan ternak ini juga diternak di rumah-rumah masyarakat yang ada di desa. 

2. Jenis Hewan Ternak Dilihat dari Habitatnya

Melihat dari habitatnya, hewan ternak dapat dibagi menjadi tiga yakni hewan ternak yang hidup di darat, air, dan udara. Adapun jenis hewan ternak dan contohnya adalah:

a. Hewan Ternak yang Hidup di Darat dan Contohnya

Contoh hewan ternak yang hidup di darat adalah sapi, kambing, kerbau, kelinci, ayam, bebek, kuda, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

b. Hewan Ternak yang Hidup di Air dan Contohnya

Contoh jenis hewan ternak yang hidup di air adalah ikan lele, ikan patin, ikan mujair, belut, ikan, gurita, lobster, udang dan lain sebagainya. 

c. Hewan Ternak yang Hidup di Udara dan Contohnya

Hewan ternak yang hidup di udara contohnya adalah aneka burung yang memang dagingnya untuk dikonsumsi. Salah satu contohnya adalah burung merpati. 

3. Jenis Hewan Ternak Dilihat dari Manfaatnya

Kategori jenis hewan ternak yang berikutnya dapat dilihat dari manfaatnya. Apa saja yang dapat dimanfaatkan dari hewan ternak? Pemanfaatan hewan ternak adalah daging, telur, kulit, keindahannya, serta berbagai hal yang berasal darinya. 

a. Hewan Ternak yang Dimanfaatkan Dagingnya

Daging merupakan bagian yang paling sering dimanfaatkan dari hewan ternak. Adapun contoh hewan ternak yang dimanfaatkan dagingnya adalah sapi, kambing, ayam, bebek, babi, ikan air tawar, burung, lobster, cumi-cumi, dan sebagainya.

b. Hewan Ternak yang Dimanfaatkan Telurnya

Contoh jenis hewan ternak yang dimanfaatkan telurnya adalah ayam, itik, bebek, angsa, dan burung puyuh. Telur dari beberapa jenis hewan tersebut biasanya dijadikan sebagai makanan konsumsi. Selain itu, untuk telur ayam juga dapat dimanfaatkan sebagai campuran aneka produk makanan seperti roti dan kue. 

c. Hewan Ternak yang Dimanfaatkan Kulitnya

Contoh hewan ternak yang dimanfaatkan kulitnya adalah sapi, kerbau, dan kambing. Kulit Sapi, kambing, dan kerbau dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan bedug. Selain itu, kulit sapi juga dimanfaatkan sebagai kerupuk.

d. Hewan Ternak yang Dimanfaatkan Bulunya

Hewan ternak yang dimanfaatkan bulunya adalah domba dan aneka jenis unggas. Untuk domba, bulunya sebagai bahan baku pembuatan pakaian. Sedangkan bulu unggas biasanya dijadikan sebagai campuran bahan pakan ternak. 

e. Hewan Ternak yang Dimanfaatkan Keindahannya

Ada juga klasifikasi hewan ternak yang dimanfaatkan keindahannya. Untuk jenis hewan ternak ini dikelompokkan dalam hewan ternak kesayangan. Hewan ternak kesayangan berbeda dengan hewan ternak pada umumnya. Hewan ternak kesayangan adalah jenis hewan ternak yang dimanfaatkan suara dan keindahannya. 

Biasanya jenis hewan ternak kesayangan dijadikan peliharaan ataupun untuk kebutuhan lomba. Adapun contoh ternak dan jenis ternak kesayangan adalah kucing ras (persia, himalaya, anggora), ikan hias, burung hias, dan sebagainya. Jadi hewan ternak ini tidak dipelihara untuk dikonsumsi.

f. Hewan Ternak yang Dimanfaatkan Kotorannya

Hewan ternak yang dimanfaatkan kotorannya biasanya hewan ternak bertubuh besar. Contohnya adalah sapi, kerbau, dan kuda. Kotoran mereka dapat dijadikan sebagai pupuk alami sehingga sangat bermanfaat untuk kebutuhan pertanian. 

g. Hewan Ternak yang Dimanfaatkan Tenaganya

Jenis hewan ternak yang dimanfaatkan tenaganya adalah sapi, kerbau, dan kuda. Pemanfaatan tenaga hewan ternak ini biasanya adalah untuk mengangkut hasil pertanian, membajak sawah, dan lain sebagainya. 

h. Hewan Ternak yang Dimanfaatkan sesuatu Darinya 

Ada juga jenis hewan ternak yang dimanfaatkan sesuatu darinya. Contohnya adalah lebah yang dimanfaatkan madunya. Ulat sutera dimanfaatkan suteranya. Burung walet dimanfaatkan air liur dan sarangnya. 

Sebutkan Contoh Hewan Ternak yang Dibudidayakan di Masyarakat

Sebagai kesimpulan, inilah rangkuman semua jenis hewan ternak yang dibudidayakan di masyarakat:

1. Sapi
2. Kambing
3. Kerbau
4. Kuda
5. Ayam
6. Bebek
7. Angsa
8. Domba
9. Kelinci
10. Babi
11. Burung Merpati
12. Ikan Lele
13. Ikan Gurame
14. Ikan Nila
15. Ikan Mujair
16. Ikan Patin
17. Udang
18. Cumi-Cumi
19. Ulat Sutera
20. Lebah
21. Belut
22. Burung Walet

Demikian ulasan mengenai jenis hewan ternak dan manfaatnya. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi Anda.