7 Jenis Ikan Guppy Yang Mudah Dipelihara Pemula

Posted on

Ikan Guppy

Ikan Guppy (Poecilia Reticulata) merupakan ikan yang saat ini digemari karena keindahan warna dan coraknya, kelincahannya dalam berenang, dan perawatannya yang mudah. Ikan guppy pertama kali ditemukan pada tahun 1859 oleh Wilhelm Peters, seorang naturalis dari Jerman, di kepulauan Karibia di Amerika Selatan.

Ikan Guppy
Ikan Guppy

7 Jenis Ikan Guppy Yang Mudah Dipelihara Pemula

Saat ini guppy dapat ditemukan di seluruh dunia karena digunakan sebagai ikan predator untuk jentik nyamuk dan sebagai ikan hias.

Jenis Ikan Guppy
Jenis Ikan Guppy

Ikan guppy asli dari alam liar memiliki warna tubuh abu-abu dengan lingkaran oranye di tubuhnya. Jenis dan Harga Ikan Cupang Warna ini digunakan di alam sebagai bentuk kamuflase untuk bersembunyi dari pemangsa.

Saat ini, ikan guppy hadir dalam berbagai warna dan pola yang biasa disebut dengan varietas.  Untuk membeli ikan guppy, Anda akan diberikan sepasang ikan yang terdiri dari jantan dan betina sehingga Anda dapat mengawinkan ikan tersebut hingga lahir.

Penasaran varietas mana yang cocok untuk pemula? Yuk baca di bawah ini:

  1. Guppy Pingu

Pingu adalah jenis ikan guppy yang berwarna merah jambu di sekujur tubuhnya. Pingu sendiri merupakan singkatan dari Pink Guppy. Strain ini diciptakan pada tahun 1979 oleh seorang ahli biologi Amerika bernama David-Liebman.

Memiliki penguin guppy di akuarium Anda dijamin akan membuat akuarium Anda terlihat lebih bahagia dan romantis. Jika Anda tertarik dengan tipe ini, Anda bisa membeli sepasang pingu dengan harga mulai dari Rp 5000-200.000.

  1. Black Moscow Guppy

Seperti namanya, guppy Moskow berasal dari Moskow, Rusia. Strain guppy ini ditemukan pada tahun 1970-an, pertama kali meninggalkan negara itu pada tahun 1980, dan dicintai oleh dunia guppy internasional. Black Moscow mudah dikenali karena memiliki warna biru-hitam di sekujur tubuhnya.

Strain ini dikenal dengan ketahanan dan kemampuan beradaptasi yang tinggi, sehingga pemula disarankan untuk mulai merawat strain ini. Tips dan Cara Memilih Ikan Arwana Tertarik dengan salinan hitam ini? Siapkan saja Rp 5000-150,000 per pasang.

  1. Red Dragon Guppy

Guppy berbadan hitam yang memiliki garis-garis merah dan bintik-bintik dan ekor berbentuk kipas. Naga Merah ini merupakan galur yang lahir di Indonesia.

Jika Anda menginginkan layang-layang merah di akuarium Anda, harga mulai dari Rp 10.000-125.000 per pasang.

  1. Albino Koi Guppy

Apakah Anda ingin memiliki ikan Koi, tetapi Anda tidak memiliki tempat dan biaya ? Jangan khawatir, Cara Mengobatinya Ikan Arwana Anda bisa mulai dengan varietas koi albino.

Varietas ini memiliki warna tubuh putih dengan tanda merah di kepala dan ekor. Warna merah akan membuat akuarium Anda lebih hidup.

Harga sepasang ikan guppy koi albino berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 200.000.

  1. Cobra Guppy

Eits, ini bukan ular, kobra adalah jenis ikan guppy dengan bintik – bintik yang menyerupai sisik ular. Pola bintik-bintik di tubuhnya berbentuk seperti sisik di bagian bawah ular, sedangkan pola di ekor kipasnya adalah kombinasi bintik – bintik dan garis sehingga gerakannya yang indah di akuarium dapat memukau Anda.

Di masa lalu, kobra sendiri adalah jenis yang populer sampai peternak ikan awal menyebut kobra sebagai kata ganti untuk guppy. Tips dan Cara Memelihara Ikan Koi

Jika Anda tertarik untuk membeli ular kobra, Anda bisa menyiapkan dana antara Rp40.000 hingga Rp250.000.

  1. Blue Grass Guppy

Kenapa disebut rumput? Menurut peternak di Jepang, pola ekor tutul menyerupai padang rumput yang umum di Jepang. Varietas Blue Grass adalah variasi dari rumput yang paling populer.

Warna tubuhnya yang biru dengan bintik-bintik di ekor dan sirip punggungnya bisa membuat Anda terpesona dari akuarium.

Jika ingin ikan guppy dari Jepang ini, Anda bisa menyiapkan uang mulai dari Rp 30.000-350.000 per pasangan.

  1. Half Black Guppy

Strain ini memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya yang kemudian berubah menjadi warna biru yang indah pada bagian ekor dan siripnya.

Warnanya yang biru tua bisa membuat akuarium Anda lebih sejuk. Untuk harga varian ini Anda bisa membelinya di kisaran harga Rp25.000-250.000 per pasang.

Demikian pembahasan kita kali ini Tentang Jenis Ikan Guppy yang Mudah di Pelihara Oleh Pemula, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat binatangmu.com