8 Ras Kucing Kaki Pendek yang Imut di Dunia

Posted on

Ras Kucing Kaki Pendek – Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia, selain anjing. Di Indonesia sendiri, secara garis besar jenis kucing dapat dikategorikan menjadi dua yakni kucing ras dan kucing domestik atau kucing kampung.

Sebutan kucing kampung disematkan pada jenis kucing yang memang sudah ada di Indonesia secara umum. Sedangkan sebutan untuk kucing ras, biasanya disematkan pada dua jenis kucing yakni kucing persia dan kucing anggora.

Namun tahukah kamu, masih terdapat banyak sekali loh jenis kucing ras di dunia. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai ras kucing kaki pendek yang tentunya sangat imut. Hanya saja, hanya sedikit breeder kucing ras di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari harga kucing ras yang memang lebih mahal dibandingkan dengan kucing domestik.

8 Ras Kucing Kaki Pendek yang Imut di Dunia

Inilah Ras Kucing Kaki Pendek yang Sangat Lucu

Terdapat beberapa jenis ras kucing kaki pendek di dunia. Sekedar informasi, kucing kaki pendek termasuk ras kucing yang langka sehingga jumlah mereka pun terbilang lebih sedikit.
Tak heran apabila harga kucing ras berkaki pendek sangat mahal. Berikut adalah beberapa jenis ras kucing kaki pendek:
  • Kucing Munchkin

8 Ras Kucing Kaki Pendek yang Imut di Dunia

Kucing Munchkin memang selalu identik dengan kakinya yang pendek dengan tubuh gemuk. Ras kucing kaki pendek ini mulanya dikembangbiakkan sekitar tahun 1980-an di Amerika Serikat.

Kaki pendek yang dimiliki oleh kucing Munchkin merupakan hasil dari mutasi genetik alami yang kemudian menjadikan kucing ini sebagai ras kucing terkecil di dunia. Untuk bulunya sendiri, ada jenis kucing Munchkin yang berbulu panjang dan pendek.

Dengan keunikan yang dimilikinya, Munchkin kerapkali dikawin-silangkan dengan jenis kucing lain demi mendapatkan ras kucing kaki pendek lainnya. Sekedar informasi, kucing Munchkin merupakan nenek moyang dari jenis ras kucing kaki pendek lain seperti:

  • Kucing Skookum (Persilangan antara kucing Munchkin dengan kucing Laperm)
  • Kucing Bambino (Persilangan antara kucing Munchkin dan kucing Sphinks)
  • Kucing Lambkin (Persilangan antara Kucing Munchkin dengan kucing Rex Selkirk)
  • Kucing Genetta (Persilangan antara kucing Munchkin dengan kucing Bengal)
  • Kucing Napoleon (Persilanan antara kucing Munchkin dengan kucing Persia/Himalaya).
Beberapa jenis kucing ras berkaki pendek tersebut akan kami ulas pada poin-poin berikutnya.
  • Kucing Skookum

8 Ras Kucing Kaki Pendek yang Imut di Dunia
Seperti halnya Kucing Munchkin, ras kucing Skookum berasal dari Amerika Serikat. Kucing ini merupakan hasil persilangan dari ras kucing Munchkin dan ras kucing LaPerm. Dari dua jenis ras kucing tersebut, akhirnya lahirlah kucing Skookum dengan ciri khas kaki pendek yang berasal dari Munchkin dan bulu ikalnya dari kucing LaPerm.
Hal unik dari kucing Skookum adalah beratnya hanya sekitar 1 – 3 kilogram saja. Ini tentu dipengaruhi oleh bentuk tubuhnya yang sangat kecil.
  • Kucing Bambino

8 Ras Kucing Kaki Pendek yang Imut di Dunia
Kucing Bambino merupakan hasil persilangan dari kucing Munchkin dan kucing Sphinx. Tak heran apabila sebagian besar ras kucing kaki pendek ini tidak memiliki bulu. Namun dalam beberapa kasus, terdapat kucing Bambino yang sedikit memiliki bulu. Hal ini dipengaruhi oleh dominasi gen Munchkin yang terlalu kuat dibandingkan dengan Sphinx.
Kucing Bambino sendiri pertama kali dikenal dan didaftarkan sebagai ras kucing baru pada tahun 2005 lalu. kata ‘Bambino’ diambil dari bahasa Itali yang berarti ‘Bayi’ karena bentuknya yang imut, mungil, dan kecil layaknya bayi. Berat ras kucing Bambino berkisar antara 2 – 4 kg.
  • Kucing Lambkin

8 Ras Kucing Kaki Pendek yang Imut di Dunia
Ras kucing kaki pendek yang selanjutnya adalah Kucing Lambkin. Lambkin dapat dikatakan sebagai salah satu ras kucing paling langka di dunia. Hal ini karena Lambkin merupakan ras kucing baru dan lebih susah dikembangbiakkan apabila dibandingkan dengan jenis kucing kaki pendek lainnya.
Bentuk fisik dari kucing Lambkin adalah berbadan pendek namun memiliki bulu keriting karena perpaduan genetik dari Munchkin dan Selkirk Rex. Dengan bentuk bulu yang unik tersebut, sangat sulit untuk merawat ras kucing Lambkin. Namun berbeda dengan ras kucing kerdil lainnya, kucing Lambkin memiliki berat 4 – 9 kg.
  • Kucing Genetta

8 Ras Kucing Kaki Pendek yang Imut di Dunia

Ras kucing Genetta merupakan jenis ras kucing kaki pendek yang baru resmi didaftarkan pada tahun 2006 oleh Shannon Kiley di Pawstruk Cattery.

Kucing ini berasal dari Amerika Serikat dari persilangan ras kucing Munchkin, Bengal, dan Savannah. Bentuk kerdilnya diperoleh dari Munchkin sedangkan motif dan corak tutul berasal dari gen ras kucing Bengal atau ras kucing Savannah.

Dalam perkembangbiakan kucing Genetta, terdapat dua jenis kucing yang terlahir yakni kucing Genetta berkaki pendek dan kucing Genetta berkaki panjang. Genetta berkaki pendek memiliki tinggi badan 10 – 32 cm. Sedangkan Genetta berkaki panjang memiliki tinggi 20 – 48 cm.

  • Kucing Napoleon

8 Ras Kucing Kaki Pendek yang Imut di Dunia
Pernah mendengar nama Napoleon Bonaparte? Ya, nama ini pada akhirnya digunakan untuk menamakan jenis kucing dwarf yang satu ini karena Napoleon Bonaparte memiliki tubuh yang pendek apabila dibandingkan dengan orang kulit putih pada umumnya.
Kucing Napoleon berasal dari persilangan antara ras kucing Munchkin dengan ras kucing Persia atau Himalaya. Kucing ini berasal dari Amerika Serikat dan pertama kali berhasil dikembangbiakkan pada tahun 1995.
  • Kucing Dwelf

8 Ras Kucing Kaki Pendek yang Imut di Dunia

Bentuk ras kucing kaki pendek ini memang dapat dikatakan sangat mirip dengan kucing Bambino. Namun sebenarnya keduanya adalah ras kucing yang berbeda.

Kucing Dwelf merupakan persilangan dari Munchkin dan American Curl sehingga kucing Dwelf memiliki ciri khas berupa telinganya yang melengkung. Kucing ini memiliki bentuk tubuh mungil dan hampir tidak memiliki bulu.

  • Kucing Kinkalow

8 Ras Kucing Kaki Pendek yang Imut di Dunia

Nah, ras kucing kaki pendek yang selanjutnya adalah kucing Kinkalow. Kucing ini juga merupakan persilangan antara Munchkin dan American Curl. Hanya saja kucing ini memiliki bulu di tubuhnya.

Dengan kata lain, terdapat dua ras yang tercipta dari persilangan antara Munchkin dan American Curl, yakni kucing Dwelf (tanpa bulu) dan kucing Kinkalow (berbulu cukup lebat). Hal tersebut secara alami dipengaruhi oleh faktor genetik antar kucing ras tersebut.

Itulah beberapa jenis ras kucing kaki pendek yang ada di dunia. Dalam perkembangan selanjutnya, kemungkinan akan muncul jenis-jenis kucing kaki pendek lain dari persilangan antar kucing ras.

Bentuk imut dan lucu kucing tersebut membuatnya lebih langka dan mahal apabila dibandingkan dengan jenis kucing ras pada umumnya. Semoga apa yang kami sajikan kali ini bermanfaat bagi sobat binatangmu.com

https://t.me/s/binatangmucom/70