Jenis Penyakit Ikan Arwana

Diposting pada

Jenis- Jenis Penyakit

Penyakit yang biasa menyerang arwana adalah penyakit yang disebabkan oleh Parasit, bakteri, dan lingkungan, untuk lebih jelasnya simak artikel kami sobat binatangmu.com

Penyakit disebabkan oleh Parasit

Penyakit disebabkan oleh Parasit
Penyakit disebabkan oleh Parasit

Penyakit Bintik Putih

  • Penyebab

Penyebab penyakit bintik putih adalah protozoa Ichthiopthirius multifiliis. Faktor pendukung penyebab pemyakit ini adalah kualitas air yang buruk, suhu yang terlalu rendah, pakan yang buruk, dan kontaminasi ikan lain yang sudah terkena penyakit bintik putih. Penularan penyakit ini dapat melalui air dan kontak langsung antar ikan.

Baca Juga : Cara Mengobatinya Ikan Arwana

  • Gejala

Bagian tubuh arwana yang diserang adalah sel lendir, sisik, dan lapisan insang. Arwana yang terserang penyakit ini tampak sulit bernafas, sering menggosok-gosokkan tubuhnya kedinding wadah, munculnya bintik putih pada insang dan sirip, lapisan lendir rusak, dan terjadi pendarahan pada sirip dan insang.

  • Pengobatan Secara Kimia

Methylene Blue (MB 1%) sebanyak 1 gram dilarutkan dalam 100 cc air. Ambil 2-4 cc larutan tersebut dan encerkan kembali didalam 4 liter air.

Arwana yang sakit selanjutnya direndam didalam larutan tersebut selama 24 jam. Perendaman dilakukan 3-5 kali dengan selang waktu 1 hari.

  • Pengobatan Secara Alami

Arwana yang terserang penyakit bintik putih dapat diberikan ekstrak sambang darah. Dosis yang digunakan yaitu 0,5 ml ekstrak sambang darah untuk  5 liter air.

Arwana yang terserang penyakit direndam kedalam larutan setiap hari selama 30-60 menit, sampai arwana benar-benar sembuh.

Penyakit Gatal

  • Penyebab

Penyakit yang sering menyerang benih arwana ini disebabkan olehTrichodina sp. bagian tubuh yang diserang adalah kulit, sirip, dan insang.

Baca Juga : Cara Mengobatinya Ekor Ikan Arwana

  • Gejala

Serangan penyakit gatal ditandai dengan gerakan arwana yang lemah dan sering menggosok-gosokkan tubuhnya kebenda keras dan dinding wadah pemeliharaan.

  • Pengobatan Secara Kimia

Arwana yang sakit diobati dengan cara merendamnya di dalam larutan formalin 150-200 ml/m3 air atau 150-200 ppm selama 15 menit.

  • Pengobatan Secara Alami

Arwana yang terserang penyakit gatal oleh parasit dapat diberikan ekstrak sambang darah. Dosis yang digunakan yaitu 0,5 ml ekstrak sambang darah untuk  5 liter air.

Arwana yang terserang penyakit direndam kedalam larutan setiap hari selama 30-60 menit, sampai arwana benar-benar sembuh.

Penyakit yang disebabkan Oleh Bakteri

Penyakit Disebabkan Oleh Bakteri
Penyakit Disebabkan Oleh Bakteri

Penyakit Penducle

  • Penyebab

Penyakit ini sering disebut dengan penyakit air dingin (cold water descareases) yang bisa terjadi pada suhu 160 C. penyebabnya adalah bakteri Flexbacter psychropahila  yang berukuran sekitar 6 mikron.

Baca Juga : Penyebab Arwana Berenang di Permukaan Air

  • Gejala

Arwana yang terserang penyakit penducle tampak lemah, tidak mempunyai nafsu makan, muncul borok atau nekrosa pada kulit secara perlahan.

  • Pengobatan Secara Kimia

Merendam arwana yang sakit di dalam oxytetracycline 10 ppm selama 30 menit (100 mg/l).

  • Pengobatan Secara Alami

Arwana yang terserang penyakit penducle dapat diberikan ekstrak kunyit. Dosis yang digunakan yaitu 0,5 ml ekstrak kunyit untuk  5 liter air. Arwana yang terserang penyakit direndam kedalam larutan setiap hari selama 30-60 menit, sampai arwana benar-benar sembuh.

Penyakit Edward Siella

  • Penyebab

Penyebabnya adalah bakteri Edward siella terda  yang berukuran sekitar 0,5-0,75 mikron.

  • Gejala

Jika sudah terinfeksi penyakit ini, akan muncul luka kecil pada kulit dan daging arwana, disertai dengan pendarahan. Luka tersebut akan menjadi bisul dan mengeluarkan nanah. Serangan lebih lanjut dapat menyebabkan luka pada hati dan ginjal.

Baca Juga : Kenali Penyebabnya Arwana Sering Mangap ?

  • Pengobatan Secara Kimia

Pengobatan dengan bahan kimia dapat dilakukan dengan mencampur Sulfamerazine ke dalam pakan. Dosis yang digunakan adalah 100-200 mg untuk setiap 1 kg berat arwana.

Sulfamerazine tersebut diencerkan di dalam 1 m3 air bersih dan disemprotkan kepakan. Pakan didinginkan hingga kering dan diberikan kepada arwana berturut-turut selama 3 hari.

  • Pengobatan Secara Alami

Pengobatan secara alaminya menggunakan ekstrak kunyit. Dosis yang digunakan yaitu 0,5 ml ekstrak kunyit untuk  5 liter air. Arwana yang terserang penyakit direndam setiap hari selama 30-60 menit, sampai arwana benar-benar sembuh.

Penyakit yang disebabkan oleh Lingkungan

Penyakit yang disebabkan oleh Lingkungan
Penyakit yang disebabkan oleh Lingkungan

Tutup Insang Melengkung

  • Penyebab

Penyebab penyakit ini beragam, bisa karena suhu air yang tidak standar, bisa karena terlalu hangat atau terlalu dingin. Atau pemberian obat-obatan melebihi dosis, atau karena air yang kekurangan oksigen.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengobatinya Sisik Arwana Menghitam

Saat ikan bernafas tentu ikan akan membuka insangnya untuk bernafas, jika kadar oksigen didalam air rendah ikan akan membuka dan menutup insangnya secara cepat, kondisi ini membuat insang harus terbuka lagi padahal kondisinya belum benar-benar tertutup.

Dari gerakan ini kondisi badan ikan akan menjadi tidak prima dan membuat tutup insang akan terus terbuka.

  • Gejala

Gejala penyakit ini ditandai dengan tutup insang yang melengkung keluar, sehingga beberapa bagian insang terlihat. Ini membuat ikan tidak sedap dipandang, bahkan beberapa ikan akan mati jika insang telah berwarna hitam.

Penanggulanganya adalah dengan menjaga kadar oksigen di dalam air, memberikan aerasi yang cukup pada akuarium. Atau jika perlu mengganti aerasi dengan daya yang lebih besar. Dan tidak memberikan obat-obatan dalam dosis yang berlebih.

  • Pengobatan

Jika ikan terlanjur terserang penyakit ini, bisa diatasi dengan menjepit Ikan Arwana yang sakit diantara dua penjepit kaca didalam ember dan memberi oksigen murni langsung kearah insangnya. Atau dengan melakukan operasi pada tutup pinggir insangnya jika belum terlalu kronis..

Sisik Berdiri

  • Penyebab

Sisik berdiri dan terkadang membusuk biasanya disebabkan lingkungan yang kotor. Untuk pencegahanya bisa dengan pembersihan yang rutin.

  • Pengobatan

Dan untuk pengobatanya dapat diberikan amonium sulfat dengan dosis 100 – 200 mg/1kg berat Ikan Arwana

Mata Juling

  • Penyebab

Penyebab utamanya adalah ikan terus berburu di Pojok akuarium. Beberapa anjuranya adalah dengan memberikan makanan yang mengapung saja.

Namun jika dibiarkan otot matanya akan menjadi panjang. Penyebab lainya adalah kekurangan sinar matahari. Sama seperti prinsip pada mata manusia.

  • Pengobatan

Pemberian area yang luas dengan sinar matahari yang cukup dapat menyembuhkan 80% dati penyakit ini atau dapat juga dilakukan operasi kecil.

Cara pencegahan supaya Ikan Arwana tidak juling sebaiknya dipilih ikan penghuni permukaan seperti guppy.

Baca Juga : Arwana Drop Eye? Ini Penyebab dan Pencegahannya

Anus Merah dan Bengkak

  • Penyebab

Makanan yang tidak streil-lah penyebabnya, sehingga pencernaan ikan ternganggu dan tidak dapat mengeluarkan kotoran.

  • Gejala

Jangan mengira ikan sudah matang gonad,  jika anda melihat anus ikan memerah serta membengkak. Justru saat itu ikan sedang menahan sakit.

Jika matang gonad ikan ditandai dengan perutnya membesar, jika di stripping mengeluarkan cairan putih atau butira telur dan yang mudah di tandai dari umur ikan tersebut.

  • Pengobatan

Sebelum pengobatan, ikan harus dipuasakan dahulu 1-2 hari sebelum diberikan kepada ikan. Pengobantanya dengan memberikan amonium sulfat dengan dosis 100 – 200 mg/1kg berat Ikan.

Tulang Punggung Bengkok

  • Penyebab

Penyebab utamanya adalah masuknya bakteri kedalam tubuh sehingga mempengaruhi perkembangan punggung ikan tidak normal. Atau kesalahan pemberian obat, akuarium yang terlalu kecil juga dapat menyebabkan penyakit ini muncul.

  • Gejala

Biasanya di tandai dengan perubahan pada bagian dorsalis ikan.

  • Pengobatan

Gantilah akuarium menjadi lebih besar, jaga kebersihan dan hati-hati dalam pemberian obat untuk mencegah penyakit ini.

Ekor dan Sirip Mengerut

  • Penyebab

Ikan arwana yang memiliki ekor dan sirip yang mengerut terjadi karena air di dalam akuarium sangat kotor atau suhu air yang terlalu rendah.

  • Pengobatan

Penanganannya dengan menambah heater dan menjaga suhu air. Dapat juga diberi obat amonium sulfat secukupnya.

Ikan Arwana Tidak Mau Makan

  • Penyebab

Ikan arwana yang tidak mau makan biasanya terlalu sering diberi kelabang hidup. Sehingga Ikan enggan memakan makanan lain termasuk kelabang mati.

  • Pengobatan

Bila Ikan Arwana mogok makan seperti ini maka puasakan Ikan Arwana selama kurang lebih satu minggu jangan diberi makan apapun. Setelah itu berilah makanan jenis lain seperti jangkrik, kadal, kodok kecil, atau ikan kecil.

Jika sesudah satu minggu Ikan Arwana belum juga mau makan sebaiknya berikan saja ikan hidup, sebab ikan hidup akan tetap bertahan hidup. Jika cara ini masih belum berhasil maka kita biarkan saja hingga arwana mau menerima makanan dengan sendirinya.

Alternatif pengobatan lain adalah dengan memberikan sebutir obat Hobbi Fishes ke dalam 200 liter air. Obat berbentuk kapsul ini berkhasiat guna menyembuhkan stres dan berbagai penyakit serta untuk merangsang nafsu makan Ikan Arwana.

Pilihan lain jika semua tidak berhasil, berikan kelabang satu minggu sekali berselang seling dengan jenis makanan lain.

Demikian Pembahasandari kami tentang Jenis Jenis Penyakit Ikan Arwana, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat Binatangmu.Com