Kenapa Kucing Persia Suka Mengeluarkan Air Mata?

Diposting pada

Binatangmu – Kenapa kucing persia suka mengeluarkan air mata? Ini mungkin menjadi sebuah pertanyaan umum, terlebih bagi kamu yang memelihara kucing persia. Hal ini karena umumnya kucing persia, terlebih yang berjenis peaknose (berhidung pesek) kerap kali mengeluarkan air mata. Nah, air mata tersebut nantinya akan keluar bersama dengan kotoran mata pada kucing persia.

Mengulas tentang mengapa kucing persia suka mengeluarkan air mata, pada kesempatan kali ini kami juga akan menjelaskan tentang apa saja penyebabnya serta bagaimana cara mengatasinya.

Kenapa Kucing Persia Suka Mengeluarkan Air Mata?

Alasan Kenapa Kucing Persia Suka Mengeluarkan Air Mata

Sekedar informasi, umumnya kucing memang akan mengeluarkan air mata untuk menghalau/mengeluarkan kotoran ataupun debu dari mata. Namun pada beberapa kasus, terdapat penyakit yang menyebabkan kucing lebih sering mengeluarkan air mata daripada biasanya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa alasan kenapa kucing persia suka mengeluarkan air mata:

1. Mengeluarkan Kotoran dan Debu

Seperti yang kami jelaskan di atas, salah satu alasan mengapa kucing persia suka mengeluarkan air mata adalah untuk mengeluarkan kotoran dan debu. Kondisi ini masih normal sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir.

Langkah yang dapat kamu lakukan adalah cukup secara rutin membersihkan kotoran mata yang keluar dari kucing persia. Sebaiknya gunakan kapas lembut dan air hangat sehingga dapat memberikan kenyamanan pada mata kucing.

2. Iritasi Mata Ringan

Alasan kenapa kucing persia suka mengeluarkan air mata yang berikutnya adalah iritasi mata ringan. Seperti halnya manusia, kucing juga dapat mengalami iritasi mata. Penyebab iritasi mata pada kucing persia pun bermacam-macam. Mulai dari terlalu banyak terkena debu ataupun terkena benda tumpul hingga cakaran kucing lain.

Pada kondisi ini, kamu harus memperhatikan seberapa parah iritasi mata ringan yang dialami oleh kucing kamu. Apabila mata kucing terus menerus berair, sebaiknya bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan tepat.

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Ini adalah alasan medis yang mengharuskan kamu harus membawa kucing persia ke dokter hewan. Infeksi saluran pernapasan memang dapat memicu produksi air mata berlebih pada kucing persia. Kondisi ini tidak dapat diobati dengan cara tradisional. Sebaiknya kamu segera membawa kucing persia ke dokter hewan apabila terdiagnosis mengalami infeksi saluran pernapasan. Umumnya, kucing yang terkena infeksi saluran pernapasan juga akan kehilangan nafsu makan.

Demikian beberapa alasan kenapa kucing persia suka mengeluarkan air mata dan cara mengatasinya. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat buat kamu, ya! Terimakasih.

https://t.me/s/binatangmucom/13