Kenapa Kucing Ras Harus Divaksin? Berapa Biayanya?

Diposting pada

Kenapa Kucing Ras Harus Divaksin? Ini merupakan pertanyaan wajar, terlebih bagi kamu yang baru pertama kali memelihara kucing ras. Mengapa? Karena ketika kita memelihara kucing domestik, sangat jarang ada yang merekomendasikan untuk melakukan vaksin bahkan memberikan obat cacing. Namun begitu memelihara kucing ras dan bergabung dengan komunitas pecinta kucing, maka akan ada pengetahuan baru bahwa kucing harus divaksin.

Untuk itulah, kami akan mencoba menjelaskan mengenai beberapa alasan mengapa kucing ras harus divaksin.

Kenapa Kucing Ras Harus Divaksin? Berapa Biayanya?

Alasan Mengapa Kucing Ras Harus Divaksin?

Sebenarnya bukan hanya kucing ras saja, kucing domestik atau kucing kampung sebaiknya juga divaksin untuk menjaga kesehatan tubuhnya dari serangan berbagai macam penyakit. Hanya saja, menurut pengalaman pribadi, kami baru mengetahui istilah vaksin dan obat cacing ketika baru pertama kali memelihara kucing ras. Jadi bukan hal yang aneh apabila muncul berbagai pertanyaan kenapa kucing ras harus divaksin.

Terdapat beberapa alasan kenapa kucing ras harus divaksin, diantaranya adalah:

1. Menghindari Leptospirosis

Leptospirosis merupakan jenis penyakit yang paling sering menyerang hewan peliharaan, termasuk kucing. Penyakit ini umumnya menyebar dari urine ataupun kulit yang terkelupas. Pada kondisi tertentu, leptospirosis akan masuk ke darah kucing dan menyerang organ-organ penting seperti ginjal, hati, limpa, dan sebagainnya.

Beberapa gejala yang muncul apabila kucing terserang leptospirosis adalah dehidrasi, muntah, mual, dan mudah haus. Selain itu, kucing akan tiba-tiba lemas hingga mengalami gagal ginjal sehingga sangat berbahaya apabila dibiarkan.

2. Mencegah Rabies

Pertama kali mendengar kata rabies, kamu mungkin berpikir bahwa ini merupakan jenis penyakit yang menyerang anjing. Sebenarnya rabies juga dapat menyerang hewan peliharaan lain seperti kucing. Virus rabies pada kucing biasanya menyerang sistem saraf pusat. Pada kondisi yang sudah parah, penyakit rabies dapat menyebabkan kematian. Untuk itulah, penting kiranya agar kamu senantiasa melakukan vaksin terhadap kucingmu.

3. Mencegah Bakteri Toksoplasma

Alasan selanjutnya kenapa kucing ras harus divaksin adalah agar terhindar dari bakteri toksoplasma. Bakteri ini memang cukup rawan menyerang binatang peliharaan, termasuk kucing. Hal yang berbahaya dari penyakit toksoplasma adalah dapat menular pada kucing lain dan juga manusia. Penyakit ini menular dari kotoran kucing yang secara dapat sengaja atau tidak menjangkit kucing lain.

4. Memperkuat Imunitas Tubuh Kucing

Seperti halnya anak kecil, kucing ras sebenarnya juga cukup rawan terserang berbagai macam penyakit. Untuk itulah, penting kiranya bagi kamu untuk melakukan vaksin pada kucing sehingga imunitas tubuh mereka lebih kuat dari serangan virus dan bakteri.

Menurut opini pribadi kami, kucing ras memang memiliki imunitas tubuh yang cenderung lebih lemah dibandingkan kucing domestik atau kucing kampung. Ini karena sebagian besar kucing ras berasal dari Amerika sehingga Indonesia bukanlah habitat asli mereka. Kondisi inilah yang menyebabkan kenapa kucing ras harus divaksin.

Hal tersebut tentu bertolak belakang dengan kucing kampung yang relatif memiliki imunitas tubuh lebih kuat. Kamu tentu sangat jarang menemukan kucing kampung yang terserang jenis virus atau bakteri yang aneh-aneh, kan? Bahkan sangat jarang ditemukan pemiliki kucing kampung yang melakukan vaksin terhadap kucing mereka. Meski demikian, bukan berarti kamu mengabaikan vaksin untuk kucing kampung peliharaanmu.

Jadi jika kamu bertanya, apakah kucing kampung perlu divaksin juga? Jawabannya adalah Tentu saja demi menjaga kesehatan kucing dari segala jenis infeksi virus, bakteri, dan penyakit.

Berapa Kali Kucing Harus Divaksin?

Kamu sudah mengetahui alasan kenapa kucing ras harus divaksin. Kini saatnya menjelaskan tentang berapa kali kucing harus divaksin selama hidupnya. Sebenarnya terdapat sebuah international guideline mengenai umur berapa kucing harus divaksin, yaitu:

  • Vaksinasi pertama pada usia 1,5 bulan – 2 bulan.
  • Vaksinasi kedua pada usia 2,5 bulan.
  • Setelah itu, secara rutin vaksinasi kucing dilakukan setiap 2 minggu sekali mulai dari usia 3 bulan sampai 5 bulan.

Hal ini karena pada usia tersebut kucing sangat rawan terserang penyakit dan imunitas tubuh mereka masih belum begitu kuat. Namun apabila kamu tidak memiliki biaya untuk melakukan vaksinasi pada kucing, cukup lakukan setiap bulan dari usia 2 bulan – 5 bulan.

Berapa Harga Vaksin Kucing?

Nah, apabila kucing harus divaksin, lantas berapa biaya vaksin kucing? Sebenarnya biayanya beragam tergantung dimana kamu melakukan vaksin tersebut. Namun kami berikan patokan bahwa harga vaksin kucing adalah sekitar Rp 150.000 – Rp 300.000. Ini adalah patokan harga yang kami ketahui ketika merawat kucing ras di Yogyakarta. Sekali lagi, harga tersebut bukanlah harga pasti karena terkadang terdapat diskon tertentu untuk vaksinasi kucing ataupun obat cacing.

Jika saya tidak memiliki biaya, apakah ada yang menyediakan vaksin kucing gratis? Sebenarnya akan selalu ada komunitas cat lovers yang mengadakan acara untuk vaksinasi, pemberian obat cacing, hingga sterilisasi gratis. Kamu dapat mencari grub Facebook atau komunitas pecinta kucing di daerahmu. Jika kamu kebetulan berada di Jogja, secara rutin komunitas cat lovers disana akan mengadakan acara tersebut untuk membantu cat lovers lain yang tidak memiliki biaya dalam melakukan vaksin kucing.

Demikian apa yang dapat kami sampaikan mengenai alasan kenapa kucing ras harus divaksin hingga biayanya. Kami tekankan sekali lagi, meskipun kamu hanya memelihara kucing kampung, tak ada salahnya untuk melakukan vaksin terhadap kucingmu sehingga mereka lebih sehat. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/47