Fatal !!! 12 Kesalahan Pelihara Ikan Channa Wajib Disimak

Diposting pada

Ikan Channa

Channa adalah ikan yang sedang naik daun dari tahun 2020 hingga saat ini. Dikenal sebagai ikan gabus, ikan ini merupakan ikan yang dapat ditemukan dari Asia Selatan, Asia Tengah hingga Asia Tenggara.

Ikan Channa
Ikan Channa

Baca Juga : Ikan Hias Air Laut

Ikan dengan pola yang indah dan sifat agresif ini memang sangat cocok untuk melengkapi akuarium Anda. Jika anda tertarik untuk memelihara ikan ini silahkan pelajari terlebih dahulu agar anda tidak salah dalam memeliharanya nantinya.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar

  • Membeli Channa Yang Bunga Dan Barnya Jelek

Saat Anda membelinya nanti, pastikan ikan Anda memiliki bunga dan batang yang bagus. Disarankan untuk membeli Channa dengan ukuran 10-15 cm agar Anda dapat melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri.

Untuk memberi Channa bunga dan batangan yang bagus, Anda bisa memberi mereka makan seminggu sekali agar tidak terlalu besar dan untuk mempertahankan pola pertumbuhannya.

  • Menggunakan Filter Dan Pakai Aerator

Hei, siapa lagi ini? Channa adalah ikan yang menggunakan paru-paru primitif untuk bernafas. Tidak seperti ikan lain yang menggunakan insang, mereka mengambil udara yang ada di atas permukaan air untuk bernafas.

Lalu bagaimana cara menjaga kebersihan air? Mereka hanya menggunakan pasir yang buruk karena pasir yang buruk memiliki kemampuan untuk mengambil kotoran,  Dan jangan lupa untuk mengganti air Channa Anda dengan hati-hati.

Kesalahan Pelihara Ikan Channa Wajib Disimak
Kesalahan Pelihara Ikan Channa Wajib Disimak

Baca Juga : Tips Mudah Merawat Ikan Koki

  • Akuarium Kekecilan

Bigger is Better adalah ungkapan yang cocok untuk memelihara semua jenis ikan, termasuk Channa. Banyak pemilik Channa menaruh Channa mereka di akuarium kecil.

Akibatnya, Channa tidak memiliki banyak kebebasan bergerak di akuariumnya, yang berarti tubuhnya bengkok.

Maaf soal itu. Bingung Cara Mengetahui Ukuran Yang Tepat? Mudah saja, pastikan akuarium Anda dua kali lebih panjang dari ikan Anda.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Gabus Toman

  • Terlalu Rajin Kasih Makan

Makanan penting bagi makhluk hidup, tetapi jika Anda memberi terlalu banyak makanan setiap hari, saluran Anda akan menjadi gemuk. Fat Channa tidak akan memiliki bunga dan batang yang bagus.

Alasan lainnya adalah pemberian makan yang berlebihan dapat dengan cepat mencemari air akuarium Anda. Jika airnya kotor, ikan mudah sakit. Wah, silih berganti, itulah efeknya.

  • Tidak Tahu Fungsi Pakan

Ada yang pernah kasih makan udang channa yang sebelumnya tidak berwarna merah tapi berubah menjadi merah ? Nah, penting untuk mengetahui nilai gizi makanan Channa Anda agar warna yang keluar bagus. Jika Anda memberi makan sembarangan, warna Channa Anda akan berantakan.

Jadi berikan makanan Channa Anda diet yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya Anda bisa memberikan pelet Channa Pulcra dengan pigmen biru, Channa Yellow Sentarum dengan pelet pigmen kuning dan sebagainya.

Baca Juga : Tips dan Cara Memelihara Ikan Koi

  • Tidak Memasang Penutup Akuarium

Jangan sampai itu terjadi jika Anda ingin melihat Channa dia keluar dari akuarium. Channa adalah ikan yang dapat dengan mudah melarikan diri dari akuarium dengan melompat. Lompatan Anda cukup tinggi dan kuat, pastikan akuarium Anda memiliki penutup yang rapat dan kuat.

Penyebab perilaku ini adalah karena mereka lapar dan secara naluriah ingin bergerak. Channa di alam liar diketahui mampu bertahan hidup di darat selama 24 jam.

Kemampuan ini ada karena mereka sering berpindah dari satu badan air ke badan air lainnya ketika sulit mendapatkan makanan. Anda dapat menggunakan kaca, kayu lapis, atau filter kawat. Menggunakan kawat sangat efektif karena kuat dan Anda tidak perlu khawatir untuk memasukkannya nanti.

Baca Juga : Jenis Ikan Guppy Yang Mudah Dipelihara Pemula

  • Lampu Yang Menyala Terus

Sebagai ikan yang suka bersembunyi di alam liar, Channa suka tinggal di tempat yang teduh dan tertutup dengan sedikit cahaya. Dengan lampu Channa Anda menyala, ikan Anda akan stres karena mereka tidak memiliki privasi.

Selain itu, penggunaan lampu yang terus menerus akan membuat lumut tumbuh subur di akuarium Anda. Jika lumutnya terlalu banyak nanti, channa Anda akan sulit dilihat.

  • Lambat Menangangi Ikan Sakit

Jika ikan Anda sudah menunjukkan gejala sakit, segera obati. Semakin lama Anda menunda, semakin banyak penyakit akan menyebar ke ikan Anda.

Pastikan obat-obatan dan antibiotik selalu tersedia. Selain itu, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan dengan merendam ikan Anda dalam wadah khusus yang telah diberi antibiotik saat Anda mengganti air tangki Channa Anda.

  • Malas Ganti Air

Lakukan pergantian air secara rutin, minimal seminggu sekali. Air yang kotor membuat ikan Anda merasa tidak nyaman berada di sekitarnya. Selain itu, air yang kotor membuat ikan Anda lebih mudah sakit dan terinfeksi.

  • Menaruh Channa Di Tempat Sepi

Mengapa tidak bisa ditempatkan di tempat yang sepi? Jadi jika Anda menempatkan ikan Anda di tempat yang jarang dilalui orang, ia akan kaget dan takut.

Sementara itu, jika Anda meletakkannya di tempat yang akan dilalui banyak orang, ikan Anda akan menjadi normal untuk berinteraksi. Channa yang sering berinteraksi dengan orang-orang menjadi Channa dengan mentalitas yang kuat.

Demikian pembahasan dari kami tentang Kesalahan Pelihara Ikan Channa Wajib Disimak ya sobat binatangmu.com, jangan lupa di share