Kucing Tiba-Tiba Lumpuh: Penyebab dan Pengobatannya

Diposting pada
Binatangmu – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan kesayangan bagi sebagian besar orang. Ketika kucing tiba-tiba lumpuh, pasti kamu sangat khawatir dan cemas, kan? Terlebih jika kamu tidak mengetahui apa penyebabnya. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan kami coba jelaskan mengenai apa yang menyebabkan kucing tiba-tiba lumpuh dan bagaimana langkah tepat untuk mengobatinya.
Kucing Tiba-Tiba Lumpuh: Penyebab dan Pengobatannya

Penyebab Kucing Tiba-Tiba Lumpuh

Kelumpuhan atau paralisis yang terjadi pada kucing sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa hal. Kelumpuhan pada kucing juga dapat digolongkan tergantung seberapa parah kelumpuhan tersebut. Tingkat paralisis yang paling ringan adalah kucing tiba-tiba lemas dan kesulitan untuk menggerakkan salah satu bagian tubuhnnya. Dalam tingkat yang tinggi, kucing tiba-tiba lumpuh dimana kondisi tersebut mempengaruhi semua organ gerak yang dimiliki oleh kucing.
Mengenai penyebab kucing tiba-tiba lumpuh, terdapat beberapa kategori serta faktor yang mendasari kelumpuhan tersebut. Jadi kami akan membagi penyebab kucing tiba-tiba lumpuh dalam dua faktor, yakni faktor eksternal dan faktor internal.

1. Faktor Eksternal Kucing Tiba-Tiba Lumpuh

Faktor eksternal yang memicu kelumpuhan pada kucing biasanya berupa cedera traumatis yang memicu terhambatnya aliran darah ke anggota tubuh kucing. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kucing tertabrak/kecelakaan, dipukul dengan sangat keras, atau terjatuh dari tempat tinggi yang membuat salah satu bagian tubuh kucing terluka parah. Efeknya, beberapa bagian struktur dan saraf kucing terganggu sehingga tidak dapat berfungsi seperti seharusnya.
Selain itu, faktor eksternal yang juga dapat memicu kelumpuhan pada kucing adalah ketika kucing secara sengaja atau tidak mengonsumsi bahan kimia dan racun. Hal inilah yang kemudian memicu kucing menjadi lemas bahkan lumpuh secara sementara atau permanen. Oleh karena itu, jangan pernah anggap sepele kucing yang keracunan.

2. Faktor Internal Penyebab Kucing Tiba-Tiba Lumpuh

Adapun faktor internal yang menyebabkan kucing lumpuh adalah adanya penyakit dalam tubuh kucing seperti tumor di bagian tulang belakang, otak, dan embolisme. Kondisi ini biasanya tidak akan disadari hingga tumor tersebut sudah parah dan tidak dapat disembuhkan.
Selain itu, kerusakan atau luka yang dialami oleh induk kucing hamil (terutama di bagian peut) juga dapat memicu kelumpuhan pada anak kucing yang nantinya akan dilahirkan. Kondisi ini jarang terjadi, namun dalam beberapa kasus, terdapat anak kucing yang terlahir lumpuh.
Itulah beberapa penyebab kucing tiba-tiba lumpuh. Dengan kata lain, kamu harus selalu berhati-hati dalam merawat kucing kesayangan jika tidak ingin mereka mengalami kelumpuhan yang nantinya akan mempengaruhi kehidupan kucing hingga mereka mati.

Pengobatan Kucing Tiba-Tiba Lumpuh

Setelah mengetahui penyebab kelumpuhan pada kucing, kini saatnya membahas tentang bagaimana cara mengobatinya. Hingga sekarang, kami belum menemukan bagaimana cara mengobati kucing yang tiba-tiba lumpuh secara alami. Satu-satunya hal yang harus kamu lakukan adalah dengan pergi ke dokter hewan sehingga dapat mendapatkan diagnosa yang tepat.
Untuk mendiagnosis kucing tiba-tiba lumpuh, biasanya dokter hewan akan menanyakan riwayat fisik kucing sebelum kelumpuhan tersebut terjadi. Pada pemeriksaan tersebut, barulah akan diketahui apa yang menyebabkan kelumpuhan pada kucing.
Pada kucing yang mengalami kelumpuhan karena kerusakan organ dalam, akan dilakukan proses tes MRI CT scan atau Sinar X. Tes ini bertujuan agar dokter dapat melihat secara jelas kerusakan yang terjadi pada struktur organ di sekitar saraf kucing.

Berapa Biaya Pengobatan Kucing Lumpuh?

Kamu mungkin juga mungkin bertanya-tanya, berapa kira-kira biaya pengobatan kucing lumpuh? Biayanya tergantung dari seberapa parah kelumpuhan yang dialami oleh kucing. Selain itu, biayanya juga dipengaruhi oleh jenis kelumpuhan yang diderita, apakah itu kelmpuhan sementara atau permanen. Menurut pengalaman kami, sekitar 2 tahun terakir (2019), dimana salah satu teman kami memiliki kucing lumpuh, biaya yang diperlukan adalah sekitar 3,5 juta rupiah dengan waktu rawat inap dan perawatan selama 40 hari.
Demikian apa yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab dan pengobatan kucing tiba-tiba lumpuh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.