5 Macam-Macam Hewan Potong dalam Peternakan

Diposting pada

Macam Macam Hewan Potong – Hewan potong merupakan hewan ternak atau hewan yang dibudidayakan, yang cara pemanfaatannya adalah dengan dipotong untuk diambil dagingnya. Hal ini karena pemanfaatan hewan ternak cukup beragam. Ada yang dimanfaatkan telurnya, bulunya, tenaganya, serta menjadi hewan ternak kesayangan yang dipelihara untuk dinikmati keindahannya. 

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa saja macam-macam hewan potong, khususnya pada hewan ternak

Macam-Macam Hewan Potong

1. Sapi

5 Macam-Macam Hewan Potong dalam Peternakan

Sapi adalah salah satu hewan ternak potong yang paling sering ditemui. Hewan berbadan besar ini memang dapat dimanfaatkan tenaga ataupun kulitnya. Namun daging sapi juga digunakan untuk konsumsi harian manusia. Bahkan di luar negeri sendiri, terdapat peternakan khusus sapi yang memang diambil dagingnya. 

Selain itu, sapi juga termasuk hewan ternak bernilai tinggi karena perawatan serta waktu yang dibutuhkan untuk memelihara sapi hingga layak dipotong cukup lama. Beberapa jenis sapi juga bisa menjadi sangat mahal dagingnya. Jadi kamu tak usah heran apabila di restoran-restoran besar daging sapi juga masuk ke dalam menu utama.

2. Kambing

5 Macam-Macam Hewan Potong dalam Peternakan

Macam-macam hewan potong yang berikutnya adalah kambing. Hal yang dapat dimanfaatkan dari kambing sebenarnya bermacam-macam seperti kulit, susu, dan dagingnya. Namun kebutuhan daging kambing akan meningkat terlebih ketika memasuki idul Adha.

3. Ayam

5 Macam-Macam Hewan Potong dalam Peternakan

Ayam merupakan hewan potong yang juga sangat terkenal. Hal ini karena daging ayam terkenal lebih murah dibandingkan dengan hewan lain. Selain itu, ayam juga mudah dibudidayakan oleh masyarakat, bahkan di desa-desa, ayam menjadi hewan ternak rumahan sehingga dapat sewaktu-waktu dimanfaatkan daging dan telurnya.

Mengenai hewan potong sendiri, sudah banyak sekali peternakan ayam potong di Indonesia. Kebutuhan daging ayam yang selalu ramai setiap saat membuat hewan ternak ini menjadi rekomendasi ternak yang tepat bagi kamu yang ingin memulai usaha di bidang peternakan. 

4. Bebek

5 Macam-Macam Hewan Potong dalam Peternakan

Berbeda dengan ayam, bebek lebih sering dimanfaatkan telur daripada dagingnya. Meskipun demikian, bebek juga termasuk salah satu dari banyak macam-macam hewan potong. Hal ini karena daging bebek lebih mudah diolah apabila dibandingkan dengan daging ayam. Selain itu, kebutuhan masyarakat akan daging bebek tidak begitu besar kecuali pada acara-acara tertentu. 

5. Kelinci 

5 Macam-Macam Hewan Potong dalam Peternakan

Kelinci juga termasuk ke dalam hewan potong. Selama beberapa tahun terakhir, kebutuhan akan daging kelinci juga mengalami peningkatan. Hal ini dipengaruhi oleh pamor sate kelinci yang mulai dikenal dan dinikmati oleh masyarakat. Hanya saja masih sedikit orang yang beternak kelinci meskipun di beberapa tempat daging kelinci sudah sangat terkenal. Misalnya di daerah kaki Gunung Lawu, kamu dapat dengan mudah menemukan sate kelinci. 

Itu dia penjelasan mengenai macam-macam hewan potong dalam dunia peternakan. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.