Makanan Kucing Kampung agar Cepat Gemuk dan Sehat

Posted on

Bagi kamu yang memelihara kucing kampung/kucing lokal, pasti penasaran mencari apa saja makanan kucing kampung agar cepat gemuk. Hal ini karena umumnya, kucing rumahan atau kucing kampung memang terlihat memiliki badan yang lebih kurus dibandingkan dengan kucing ras seperti persia, anggora, dan lain sebagainya.

Hal ini sebenarnya diakibatkan karena penampilan tubuh kucing lokal atau kucing kampung dan kucing ras berbeda. Kucing ras, persia misalnya, memiliki bulu yang lebat sehingga membuat mereka terlihat lebih gemuk dibandingkan dengan kucing kampung.

Bentuk tubuh asli kucing persia baru akan terlihat saat kita memandikan mereka, benar kan? Kembali pada pembahasan utama, bagaimana cara membuat kucing kampung gemuk? Berikut adalah beberapa saran yang kami rekomendasikan.

Pilihan Makanan Kucing Kampung agar Cepat Gemuk

Makanan Kucing Kampung agar Cepat Gemuk dan Sehat
Makanan Kucing Kampung agar Cepat Gemuk dan Sehat

Makanan kucing kampung yang akan kami jelaskan pertama-tama adalah makanan yang mudah didapatkan atau makanan sehari-hari.

Hal ini karena umumnya kucing kampung memang memakan makanan yang ada di sekitar kita. Berbeda dengan kucing ras yang biasanya diberikan makanan yang dibeli di pet shop. Adapun makanan kucing kampung agar cepat gemuk yang dapat kamu berikan adalah:

  1. Daging-Dagingan

Opsi pertama dalah memberikan daging-dagingan untuk kucing kamu. Tak perlu dipertanyakan bahwa kucing merupakan hewan karnivora atau pemakan daging.

Adapun contoh daging yang dapat kamu berikan untuk kucing adalah daging sapi dan daging ayam. Alasannya, dua daging tersebut memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan daging lainnya.

Untuk memberikan daging pada kucing kampung, kamu harus mengolahnya terlebih dahulu. Jangan diberikan mentah-mentah karena tidak baik untuk kucing. Daging mentah masih memiliki potensi mengandung bakteri salmonella yang cukup tinggi sehingga berbahaya untuk kesehatan kucing.

Oleh karena itu, kamu harus mengolah daging ayam atau sapi dengan cara merebusnya. Setelah itu, berikan langsung pada kucing atau juga dapat dihaluskan terlebih dahulu. Untuk daging-dagingan, kamu dapat memberikannya pada kucing sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu.

  1. Ikan

Selain daging, ikan menjadi opsi makanan kucing kampung agar cepat gemuk. Ikan menjadi makanan yang paling umum bagi kucing.

Bahkan terkadang kucing rumahan atau kucing kampung lebih sering mencuri ikan dibandingkan dengan daging-dagingan. Alasannya, ikan memiliki aroma yang lebih kuat sehingga mampu menarik perhatian kucing.

Untuk memberikan kucing makanan berupa ikan, sebenarnya kamu dapat memberikan ikan mentah. Namun sangat kami sarankan untuk mengolah ikan tersebut terlebih dahulu, baik digoreng atau direbus.

Selain dapat membuat kucing gemuk, ikan memiliki kandungan protein dan vitamin yang dapat membuat bulu kucing kampung tidak rontok. Contoh ikan yang bagus untuk diberikan pada kucing adalah lelel, pindang, tongkol, gurame, nila, dan lain sebagainya.

  1. Telur

Telur? Benarkah kucing mau memakannya? Ya, memang sangat jarang kucing kampung tiba-tiba memakan atau mencuri telur di dapur kecuali mereka benar-benar kelaparan.

Kucing kampung memang sangat tidak familiar dengan telur, apalagi yang masih mentah. Namun ketika telur digoreng, kucing baru mau memakannya.

Seperti yang kita tahu, telur memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh kucing. Untuk memberikan kucing makanan berupa telur, ada metodenya sendiri. Kamu dapat menggoreng telur dengan bekas minyak penggorengan ikan.

Tujuannya agar terdapat aroma ikan yang memicu kucing untuk memakan telur. Selain itu, kamu juga dapat merebus telur lalu menghaluskannya dan campurkan dengan pakan harian kucing kampung kamu. Dengan begitu, maka kebutuhan protein kucing tetap dapat terpenuhi.

  1. Tempe

Pilihan makanan kucing kampung agar cepat gemuk yang berikutnya adalah tempe. Perlu diingat, kucing merupakan hewan karnivora sehingga tempe hanya digunakan sebagai makanan pendukung saja. Jangan pernah menjadikan tempe sebagai makanan utama kucing kamu.

Kandungan protein nabati yang terdapat pada tempe juga dapat memancing kucing agar lebih cepat gemuk. Untuk pemberiannya sendiri, campurkan tempe dan ikan asin atau ikan lain yang memiliki aroma kuat.

Komposisinya adalah 1 : 3, misalnya 1 gram tempe dengan 3 gram ikan asin. Dengan begitu, maka kebutuhan protein dan zat lain yang berguna untuk tubuh kucing dapat kamu penuhi.

  1. Nasi

Ya, kita pernah membahas bahwa sebenarnya boleh saja memberikan nasi pada kucing namun jangan terlalu sering. Namun jika kamu memang benar-benar ingin membuat kucing kampung cepat gemuk, kamu dapat mencampurkan nasi sebagai makanan mereka.

Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang memang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan oleh kucing. Hanya saja, karbohidrat dapat memberikan manfaat lain untuk pertumbuhan tubuh kucing.

Dalam memberikan nasi, sebaiknya komposisinya tidak boleh lebih banyak dari ikan ataupun daging. Dengan kata lain, nasi dijadikan sebagai makanan tambahan dibandingkan dengan makanan utama kucing.

Makanan Kucing Kampung di Petshop

Selain beberapa alternatif makanan kucing kampung agar cepat gemuk di atas, kamu juga dapat memberikan makanan kucing kampung di petshop. Hal ini dikhususkan bagi kamu yang memang terlalu sibuk atau tidak punya waktu mengolah makanan harian kucing. Jadi cukup beli makanan siap saji untuk kucing di petshop.

Sebelum memilih makanan merk makanan di petshop, kamu dapat melihat komposisinya terlebih dahulu. Pastikan nilai protein, lemak, hingga vitamin pada makanan tersebut cukup tinggi untuk membantu pertumbuhan tubuh kucingmu. Sebagai pengalaman, ada beberapa merk yang kami rekomendasikan:

Merk Makanan Kucing yang Bikin Gemuk

  • Proplan
  • Royal Canin
  • Maxi
  • Whiskas
  • Me-O
  • Frieskies

Mungkin ada beberapa merk yang belum pernah saya coba. Namun merk di atas sangat mudah didapatkan sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencari produk yang coock untuk kucingmu.

Oh ya, sebagian besar merk yang kami sebutkan berupa pakan kering / dry food. Namun kamu juga dapat memberikan pakan basah / wet food sebagai kombinasi.

Nah, demikian sedikit pembahasan yang dapat kami berikan. Semoga ulasan mengenai makanan kucing kampung agar cepat gemuk di atas bermanfaat bagi sobat binatangmu.com