Makanan Kucing Umur 3 Bulan Terbaik

Diposting pada

Makanan Kucing Umur 3 Bulan – Seperti yang kita tahu, usia pada usia 0 – 6 bulan, anak kucing mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Pada usia ini, anak kucing membutuhkan asupan protein dan vitamin dari makanannya sehingga tumbuh sehat dan terbebas dari penyakit.

Bahkan di usia ini pulalah sangat direkomendasikan untuk mulai memberikan obat cacing serta melakukan vaksin terhadap anak kucing sehingga mereka dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Pertanyaannya, apa saja rekomendasi makanan kucing umur 3 bulan? Untuk itu, kami akan membahasnya pada kesempatan kali ini.

Makanan Kucing Umur 3 Bulan Terbaik

Makanan Kucing Umur 3 Bulan

Sekedar informasi, anak kucing memang terlihat memiliki perut yang kecil namun sebenarnya nafsu makan mereka sangat besar.

Apabila dibandingkan, nafsu makan anak kucing dapat 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan kucing dewasa.

Kemudian untuk makanan kucing umur 3 bulan, kami akan membagi pembahasan menjadi dua yakni makanan kucing persia umur 3 bulan dan makanan kucing dome/kucing kampung umur 3 bulan.

Hal ini karena kucing persia tidak dapat memakan sembarang makanan agar bulu mereka tidak rontok.

Makanan Kucing Persia Umur 3 Bulan

Untuk anak kucing persia, kami merekomendasikan beberapa jenis makanan berikut:

  1. Pakan Basah / Wet Food

Pakan basah dapat kamu peroleh dari petshop di sekitar tempat tinggalmu. Ada banyak jenis dan merk pakan basah yang dapat dipilih.

Mengapa kami merekomendasikan pakan basah? Ini karena pada pakan basah memiliki banyak kandungan protein dan lemak yang memang dibutuhkan untuk pertumbuhan kucing.

Namun perlu diingat, pemberian pakan basah tak perlu terlalu sering. Kamu juga dapat mencampurkannya dengan pakan kering agar anak kucing juga terbiasa dengan berbagai jenis makanan.

  1. Pakan Kering / Dry Food

Makanan kucing umur 3 bulan bagi kitten persia yang paling umum adalah pakan kering. Seperti halnya pakan basah, pakan kering juga memiliki banyak sekali merk.

Ada pakan yang murah hingga yang merk mahal. Di sini, kamu harus mempertimbangkan kandungan gizi dan protein yang terdapat pada pakan kering.

Saat ini, sudah banyak jenis pakan kering yang beredar di petshop. Kami bahkan pernah menemukan pakan kering ‘karungan’ tanpa merk yang memang diperuntukkan bagi kucing.

Hanya saja, kami sarankan untuk menggunakan pakan bermerk sehingga tidak mempengaruhi anakan kucing yang masih dalam proses pertumbuhan.

  1. Daging Ayam Rebus

Makanan kucing persia umur 3 bulan yang juga kami rekomendasikan adalah daging ayam rebus. Ini adalah jenis pilihan makanan yang sangat baik untuk pertumbuhan anak kucing. Pada daging ayam, terdapat kandungan lemak dan protein dari kulit serta dagingnya.

Untuk memberikan pakan ini, kamu hanya perlu merebus bagian sayap, paha, atau dada ayam tanpa tambahan bumbu apapun. Jika sudah, potong kecil-kecil daging ayam serta kulitnya lalu berikan kepada anakan kucing persia.

Makanan Anak Kucing Kampung Umur 3 Bulan

Seperti yang kami jelaskan di atas, kucing kampung memiliki kondisi gen yang berbeda dengan kucing persia.

Stamina serta imunitas tubuh kucing kampung terkenal lebih kuat karena di Indonesia, sebagai negara tropis, adalah habitat alami mereka. Lalu apa pilihan makanan umur kucing 3 bulan?

  • Ikan

Ini adalah jenis makanan anak kucing kampung yang paling umum. Ya, kucing dan ikan memang seolah menjadi dua hal yang tak dapat terpisahkan. Ada banyak jenis ikan yang dapat kamu berikan untuk kucing dome atau kucing kampung.

Hal ini tentu berbeda dengan kucing persia yang menurut kepercayaan banyak orang tidak boleh diberikan ikan agar bulunya tidak rontok. Namun perlu diingat, jangan berikan ikan mentah, ya! Kamu harus menggorengnya terlebih dahulu sebelum diberikan pada kucing.

  • Aneka Daging Rebus

Makanan kucing umur 3 bulan yang selanjutnya adalah aneka daging rebus. Adapun contohnya adalah daging sapi dan daging ayam. Ini adalah jenis daging yang memiliki kandungan lemak dan protein tinggi dibandingkan jenis daging lainnya.

Untuk kucing kampung, biasanya mereka tidak terbiasa memakan daging ayam ataupun sapi. Hal ini karena mereka lebih familiar dengan ikan.

Oleh karena itu, ketika ingin memberikan daging sapi ataupun ayam, kamu dapat menggorengnya dengan minyak bekas ikan untuk menambah aroma daging sehingga nafsu makan mereka meningkat.

  • Pakan Kering dan Basah

Kamu juga dapat memberikan pakan kering dan pakan basah yang diperoleh di petshop. Meskipun kamu memelihara kucing kampung, namun bukan berarti aneka pakan kucing bermerk tidak cocok untuk mereka.

Jadi kamu juga dapat memberikan beragam jenis pakan agar pertumbuhan anak kucing berlangsung dengan maksimal. Itulah beberapa jenis makanan kucing umur 3 bulan terbaik yang kami rekomendasikan.

Satu hal lagi, apakah boleh memberikan makanan kucing dengan campuran nasi? Sebenarnya boleh saja, namun jangan terlalu sering. Ini karena kucing merupakan karnivora murni sehingga makanan utama mereka adalah daging.

Demikian pembahasan mengenai Makanan Kucing Umur 3 Bulan baik untuk kucing ras ataupun kucing domestik. Semoga bermanfaat sobat binatangmu.com jangan lupa di share sobat !!!