Makanan Kucing yang Sedang Sakit agar Cepat Sembuh

Posted on

Tidak semua orang mengerti bagaimana memberi dan memilih makanan kucing yang sedang sakit. Hal ini karena terkadang kucing yang sakit tidak menunjukkan gejala yang jelas.

Namun bila tiba-tiba kucing kamu lemas, muntah-muntah, hingga mencret atau diare, maka dapat dipastikan bahwa mereka sedang sakit. Resep Makanan Kucing Kaya Nutrisi Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasi berbagai makanan kucing yang sedang sakit.

Rekomendasi Makanan Kucing yang Sedang Sakit

Untuk kucing yang sakit, sebenarnya kamu harus dapat mengidentifikasi terlebih dahulu jenis penyakit yang sedang dirasakan oleh kucing. Misalnya makanan untuk kucing mencret/diare berbeda dengan makanan untuk kucing yang muntah-muntah dan sebagainya. Hal yang paling benar adalah dengan membawa mereka ke dokter hewan.

Makanan Kucing yang Sedang Sakit
Makanan Kucing yang Sedang Sakit

Namun apabila kamu belum bisa membawa kucing ke dokter hewan, karena alasan ekonomi atau sebagainya, kami akan memberikan langkah atau pertolongan pertama dalam memberikan makanan pada kucing sakit. Berikut adalah pilihan makanan yang dapat kamu berikan pada kucing yang sakit:

  1. Campuran Ikan dan Makanan Bayi

Opsi pertama adalah dengan memberikan makanan bayi. Hal ini karena pada makanan bayi, seperti bubur, terdapat kandungan taurine yang mengandung nutrisi tinggi di dalamnya. Apakah Kucing Persia Boleh Makan Nasi ? Dengan begitu, maka secara perlahan kucing dapat pulih dari rasa lemas yang mereka rasakan.

Dalam memberikan makanan bayi, campur dengan pakan kucing yang memiliki aroma kuat seperti ikan pindang, tongkol, dan sebagainya. Komposisinya yakni 1 : 4 yakni lebih banyak pakan kucing dibandingkan dengan makanan bayi.

Hal ini karena pada dasarnya kucing merupakan karnivora sehingga asupan daging merupakan bahan makanan paling penting yang harus mereka konsumsi. Perlu diingat, makanan bayi bukan merupakan opsi makanan kucing yang sedang sakit dalam jangka waktu lama.

  1. Daging Cincang

Rekomendasi makanan kucing yang sedang sakit berikutnya adalah daging cincang. Kamu dapat memilih daging sapi ataupun daging ayam yang telah direbus lalu kemudian dicincang.

Umumnya, kucing akan sangat tertarik dengan daging karena merupakan makanan utama mereka. Kapan Kucing yang Habis Melahirkan Boleh Dimandikan ? Ketika sedang sakit, kucing tidak akan dapat memakan daging utuh sehingga lebih baik dicincang sehingga daging mudah untuk ditelan.

  1. Ikan yang Telah Dihaluskan

Layaknya daging cincang, kamu juga dapat memberikan ikan yang telah dihaluskan ketika kucing kamu sedang sakit.

Adapun contoh ikan yang bagus untuk kucing adalah tuna, tongkol, pindang, teri, lele, dan jenis ikan tawar lainnya. Kamu dapat membuat bubur ikan agar kucing lebih mudah menelannya.

  1. Makanan Basah untuk Kucing Sakit

Makanan basah untuk kucing sakit yang kami maksud adalah wet food yang dapat kamu peroleh di petshop. Adapun merk pakan basah yang paling umum adalah whiskas.

Mengapa kami merekomendasikan makanan basah? Hal ini karena pada pakan basah, terdapat aroma yang sangat menyengat yang mampu membangkitkan nafsu makan kucing yang sedang sakit.

Selain itu, terdapat banyak kandungan bermanfaat di dalamnya sehingga kesehatan kucing dapat segera pulih.

  1. Royal Canin untuk Kucing Sakit

Royal Canin memang merupakan merk pakan kucing yang cukup terkenal. Merk pakan ini juga meluncurkan jenis makanan kucing yang sedang sakit dengan nama “Royal Canin Recovery” yang dikemas dalam kaleng.

Pakan ini akan membatu mencukupi kebutuhan protein, gizi, dan vitamin harian yang dibutuhkan selama kucing sakit.

  1. Makanan Kucing Sakit Alami

Ini adalah opsi pakan alami yang biasanya diberikan pada kucing, yakni campuran nasi dan ikan. Makanan ini biasanya memang hanya diberikan pada kucing lokal atau kucing kampung.

Caranya adalah dengan mencampurkan nasi dan ikan goreng, jenis apapun. Meskipun pemberian nasi pada kucing tidak boleh terlalu banyak, namun glukosa pada nasi dapat memberikan asupan energi sementara untuk kucing.

Itulah beberapa rekomendasi makanan kucing yang sedang sakit agar cepat sembuh. Perlu diketahui, selama kucing sakit, sebaiknya jangan berikan pakan kering terlebih dahulu. Sebaiknya olah makanan sehingga mudah ditelan oleh kucing.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Apabila kamu telah mencoba berbagai pakan di atas namun kucing tetap tidak mau makan, apa yang harus dilakukan? Kamu dapat mencoba cara berikut:

  • Pastikan Tempat Kucing Beristirahat Nyaman

Kamu harus benar-benar memastikan bahwa kucing berada di tempat yang aman dan nyaman untuk beristirahat. Tujuannya agar kucing yang sakit tidak merasa stress dengan kondisi sekitarnya. Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan Tanpa Induk Semakin mereka stress, semakin hilang pula nafsu makannya.

  • Jauhkan Terlebih Dahulu Makanan di Sekitar Kucing

Jika kamu sudah meletakkan makanan namun kucing tidak mau memakannya, maka sementara jauhkan makanan tersebut hingga tak dapat diendus oleh kucing. Diamkan hingga 1 – 3 jam terlebih dahulu.

Kemudian berikan pakan baru dengan aroma yang lebih kuat untuk memancing kucing agar mau memakannya. Dalam kondisi ini, kucing yang memiliki penciuman tajam akan lebih terpancing untuk mencicipi makanan tersebut.

  • Suapi Kucing dan Bagaimana Cara Menyuapi Kucing Sakit

Ini adalah langkah terakhir apabila ternyata kucing tetap tidak mau makan makanan yang telah kamu berikan.

Kamu harus menyuapinya agar kucing tetap mendapatkan asupan makanan serta tenaga sehingga kondisi sakitnya tidak semakin parah. Untuk menyuapi kucing sendiri, terdapat metode yang dapat dilakukan.

Pertama, haluskan makanan dan masukkan ke dalam mulut kucing secara perlahan. Biasanya kucing akan menolak namun sebisa mungkin mereka harus menelan makanan tersebut. Apakah Kucing Anggora Boleh Makan Ikan Tongkol ? Kedua, larutkan makanan dengan air lalu suntikkan ke dalam mulut kucing.

Obat Kucing Sakit di Dokter Hewan

Ketik kucing sedang sakit, kami sangat merekomendasikan untuk membawanya ke dokter hewan. Biasanya dokter akan mendiagnosis terlebih dahulu penyakit kucing dan memberikan obat yang tepat untuknya.

Dengan begitu, kucing dapat memperoleh penanganan dari tangan yang tepat.

Demikian sedikit ulasan mengenai makanan kucing yang sedang sakit dan bagaimana cara memberikannya. Semoga kucing kamu segera sembuh sobat binatangmu.com