5 Manfaat Hewan Ternak Ayam untuk Manusia

Diposting pada

Manfaat Hewan Ternak Ayam – Seperti yang kita tahu, ayam merupakan salah satu jenis hewan ternak yang banyak dibudidayakan untuk diambil manfaatnya.

Hal yang dimanfaatkan dari ayam biasanya adalah telur dan dagingnya. Ini karena baik daging ayam ataupun telurnya dapat dijadikan sebagai bahan konsumsi harian manusia.

Namun selain daging dan telurnya, masih ada beberapa bagian lain yang dapat dimanfaatkan dari hewan ternak ayam. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Baca Juga : Apa Manfaat Kepala Ayam untuk Anjing ?

5 Manfaat Hewan Ternak Ayam untuk Manunia

Inilah Manfaat Hewan Ternak Ayam

Untuk lebih jelasnya simak pembahasan kami di bawah ini :

  1. Manfaat Daging Ayam

Jenis ayam yang dimanfaatkan dagingnya disebut dengan ayam potong atau ayam pedaging atau yang lebih akrab dengan sebutan ayam broiler.

Jenis hewan ternak ini memang secara khusus dijadikan sebagai hewan potong. Perbedaan antara ayam broiler dan ayam pada umumnya adalah ayam broiler memiliki pertumbuhan tubuh yang relatif cepat.

Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh pemberian obat-obatan yang membuat tumbuh kembang ayam broiler sangat cepat sehingga lebih mudah untuk dipanen.

Selain ayam broiler, ayam kampung atau jenis ayam lain sebenarnya juga dapat dimanfaatkan dagingnya. Namun ayam kampung biasanya diternak dalam jumlah yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan ayam broiler.

Baca Juga : Makanan Kucing Umur 3 Bulan Terbaik

  1. Manfaat Telur Ayam

Manfaat hewan ternak ayam yang selanjutnya adalah telurnya. Telur ayam memang menjadi jenis telur yang paling banyak dimanfaatkan dibandingkan telur hewan lain.

Selain gampang diolah menjadi makanan seperti telur ceplok/dadar, telur ayam juga biasanya dijadikan sebagai campuran bahan makanan seperti kue, roti, nasi goreng, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 6 Manfaat Hewan Ternak Sapi bagi Manusia dan Lingkungan

Sekedar informasi, ada juga jenis ayam petelur, yang memang khusus diternak untuk diambil telurnya. Ada banyak jenis ayam petelur yang terkenal di Indonesia karena kualitas telurnya, yaitu:

  • Ayam petelur coklat (Hibrida). Menghasilkan 280 butir telur/tahun.
  • Ayam petelur putih (White Leghorn). Menghasilkan 260 butir telur/tahun.
  • Ayam Ancona. Menghasilkan 200 butir telur/tahun.
  • Ayam Plymouth Rock. Menghasilkan 200 butir telur/tahun.
  • Ayam Ross Brown. Menghasilkan 270 butir telur/tahun.
  • Ayam Lohman Brown. Menghasilkan 300 butir telur/tahun.
  • Ayam Sussex. Menghasilkan 180 – 320 butir telur/tahun.
  1. Manfaat Bulu Ayam

Manfaat hewan ternak ayam yang berikutnya adalah bagian bulunya. Dalam peternakan ayam, biasanya bulu ayam dinilai sebagai limbah ternak.

Baca Juga : Apa Manfaat Beternak Hewan-Hewan Kecil ?

Namun di tangan para pengrajin, bulu ayam dapat diolah sebagai aneka kerajinan. Selain itu, bulu ayam terkadang juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran pakan unggas karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

  1. Manfaat Kotoran Ayam

Selain daging, telur, dan bulunya, kotoran ayam juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami untuk tanaman. Meskipun kandungan komposnya tidak setinggi kotoran sapi ataupun kerbau, namun beberapa peternakan memanfaatkan kotoran ayam sebagai pupuk kandang.

  1. Sebagai Hewan Lomba

Sebenarnya ini tidak dapat dijadikan sebagai manfaat hewan ternak ayam pada umumnya. Namun ada juga jenis ayam yang secara khusus diternak serta dipelihara sebagai hewan lomba.

Baca Juga : Apa Yang dapat di Manfaatkan dari Hewan Ternak Beserta Contohnya

Hal ini biasanya berlaku untuk jenis ayam tertentu yang memiliki nilai jual tinggi serta langka apabila dibandingkan dengan ayam pada umumnya.

Itu dia beberapa Manfaat Hewan Ternak Ayam Untuk Manusia. Semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat sobat binatangmu.com

https://t.me/s/binatangmucom/69