Manfaat Hewan Ternak Bebek untuk Manusia

Posted on
Manfaat Hewan Ternak Bebek – Bebek merupakan salah satu jenis hewan ternak unggas selain ayam. Seperti halnya ayam, bebek juga dimanfaatkan daging dan telurnya.
Meski demikian, peternakan bebek tentu tidak sebanyak peternakan ayam karena kebutuhan masyarakat akan daging bebek memang tidak terlalu banyak seperti halnya ayam.
Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai manfaat hewan ternak bebek untuk manusia.
Manfaat Hewan Ternak Bebek untuk Manusia

Inilah Berbagai Manfaat Hewan Ternak Bebek

Sebelum lebih jauh mengulas tentang manfaat hewan ternak bebek, kamu harus tahu bahwa bebek dan itik adalah dua jenis unggas yang berbeda. Ini karena umumnya masyarakat menilai bebek dan itik adalah unggas yang sama.
Perbedaan yang paling mendasar antara bebek dan itik adalah bebek memiliki tubuh yang lebih gemuk dan memiliki pergerakan yang lebih lambat dibandingkan itik.
Selain itu, bebek identik dengan darat sedangkan itik lebih suka berada di air. Cara berjalan bebek adalah horizontal, sedangkan itik berjalan dengan tegak.
Kamu sekarang sudah memahami perbedaan antara bebek dan itik, kan? Sekarang saatnya membahas tentang apa saja manfaat hewan ternak bebek untuk manusia.
  • Bebek Dimanfaatkan Dagingnya

Seperti halnya ayam ataupun jenis unggas lain, bagian utama yang dimanfaatkan dari bebek adalah dagingnya.
Daging bebek lebih tebal dan keras dibandingkan dengan ayam sehingga ketika ingin mengolahnya, harus dilakukan dengan teknik tertentu agar dapat dimakan. Faktor ini pulalah yang membuat peternakan bebek lebih sedikit dibandingkan dengan peternakan ayam.
  • Bebek Dimanfaatkan Telurnya

Manfaat hewan ternak bebek yang selanjutnya adalah telurnya. Dibandingkan dengan telur ayam, telur bebek lebih tebal dan berisi sehingga sangat nikmat apabila dijadikan sebagai olahan masakan seperti telur dadar, telur asin, dan telur ceplok.
Namun perlu diketahui, telur bebek bukan hasil utama peternakan hewan ini. Keunggulannya, harga telur bebek lebih mahal dibandingkan dengan telur ayam sehingga sangat menguntungkan sebagai hewan ternak unggas.
  • Bebek Dimanfaatkan Bulunya

Bagian lain yang juga dapat dimanfaatkan dari ternak bebek adalah bulunya. Bulu bebek biasanya dijadikan sebagai campuran pakan unggas.
Tentu saja hal ini dibutuhkan pengolahan lebih lanjut melalui industri atau pabrik yang membutuhkan bulu bebek sebagai campuran untuk produk pakan mereka. Ini karena pada bulu bebek dipercaya mengandung protein yang cukup tinggi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai campuran pakan.
Menurut pengalaman, kami pernah berkunjung ke pengepul bulu bebek di daerah Yogyakarta. Bulu tersebut akan dikirim ke salah satu pabrik pakan unggas di daerah Jawa Timur untuk diolah kembali menjadi campuran pakan.
Itulah beberapa manfaat Hewan Ternak Bebek untuk Manusia. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi sobat binatangmu.com.