Manfaat Hewan Ternak Kambing untuk Manusia

Diposting pada

Manfaat Hewan Ternak Kambing – Seperti yang kita tahu, kambing adalah salah satu jenis hewan ternak yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Hal ini karena kambing memiliki banyak manfaat apabila dijadikan sebagai hewan ternak mulai dari daging, kulit, dan sebagainya.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjabarkan apa saja manfaat hewan ternak kambing untuk manusia.

Manfaat Hewan Ternak Kambing untuk Manusia

Apa Manfaat Hewan Ternak Kambing?

Untuk manfaat ternak kambing, kami akan membaginya dalam beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh manusia. Diantaranya adalah:

  • Manfaat Daging Kambing

Daging adalah bagian yang paling banyak dimanfaatkan dari ternak kambing. Daging kambing memang memiliki ciri khas khusus apabila dibandingkan dengan daging sapi.

Misalnya daging kambing memiliki aroma khas sehingga butuh proses memasak yang lebih lama. Selain itu, daging kambing juga terkenal lebih keras dibandingkan daging sapi.

Manfaat hewan ternak kambing berupa dagingnya biasanya diolah menjadi aneka masakan. Contohnya adalah soto, sate, semur, dan lain sebagainya. Selain itu, kambing juga akan menjadi hewan ternak yang banyak dicari oleh masyarakat, terutama ketika memasuki hari Idul Raya Adha.

  • Manfaat Kulit Kambing

Manfaat berikutnya adalah kulit kambing. Kulit kambing umumnya dimanfaatkan untuk pembuatan bedug. Namun ada juga pengrajin kulit kambing yang mengubahnya menjadi aneka produk kulit, mantel, jaket, sepatu, dan lain sebagainya. Kulit kambing juga dapat dijadikan sebagai ketipung atau alat musik terbang/rebana.

  • Manfaat Susu Kambing

Manfaat hewan ternak kambing untuk manusia yang selanjutnya adalah susunya. Memang jarang orang yang meminum susu kambing. Namun ada juga peternakan kambing yang secara khusus hanya mengambil susunya saja. Di samping itu, susu kambing juga dapat difermentasi menjadi keju.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Hewan Ternak Kambing untuk Manusia. Semoga bermanfaat. sobat binatangmu.com