6 Manfaat Hewan Ternak Sapi bagi Manusia dan Lingkungan

Diposting pada

Manfaat Hewan Ternak Sapi – Seperti yang kita tahu, sapi adalah salah satu jenis hewan ternak yang paling sering dibudidayakan selain ayam. Hal ini karena sapi juga masuk dalam kategori hewan ternak bernilai tinggi karena dapat dimanfaatkan secara ekonomis oleh masyarakat. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa saja manfaat ternak sapi. 

6 Manfaat Hewan Ternak Sapi bagi Manusia dan Lingkungan

Inilah Manfaat Hewan Ternak Sapi

Manfaat ternak sapi sebenarnya dapat dibagi menjadi dua, yakni manfaat untuk manusia dan manfaat untuk lingkungan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Daging Sapi untuk Konsumsi

Manfaat ternak sapi yang pertama adalah untuk konsumsi. Hal ini karena daging sapi memiliki rasa enak dan dapat diolah dalam berbagai bentuk makanan. Bahkan ada juga jenis sapi yang secara khusus diternak untuk diambil bagian dagingnya yang berkualitas. Ada beberapa istilah bagian daging sapi yang dapat dikonsumsi, diantaranya adalah:

a. Tenderloin atau Has Dalam

Ini adalah bagian paling populer dari daging sapi dan biasanya diolah sebagai steak karena memiliki tekstur yang empuk. Tenderloin merupakan bagian punggung sapi yang hampir tidak memiliki lemak sehingga juga cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet.

b. Sirloin atau Has Luar

Sirloin merupakan bagian daging sapi yang masih terdapat lemak di dalamnya. Lemak yang menempel pada daging sirloin akan membuat rasa bagian daging ini terasa lebih gurih dibandingkan dengan tenderloin. 

c. Topside atau Gandik

Bagian daging sapi yang berikutnya adalah topside atau gandik. Sebagian orang juga menyebut bagian ini sebagai silverside. Daging gandik sapi diambil dari bagian terluar paha belakang sapi. Tekstur dari daging ini cenderung lebih padat dan tidak terlalu banyak mengandung lemak di dalamnya. Bagian ini pulalah yang biasanya diolah menjadi empal, rendang, ataupun dendeng. 

d. Rib atau Iga Sapi

Daging ini merupakan bagian daging yang menempel bersama dengan tulang iga sapi. Rib masih mengandung lemak sehingga memiliki tekstur yang gurih dan empuk. 

e. Rump atau Tanjung

Ini adalah daging yang diambil dari bagian punggung belakang sapi yang umumnya berlapis lemak tebal. Tekstur daging rump sangat lunak sehingga dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan. 

f. Sengkel

Bagian daging sengkel biasanya diambil untuk dijadikan rendang, gulai, dan semur. Bagian kolagen dari sengkel memiliki tekstur kenyal sehingga lebih cocok dimasak dengan api kecil. 

2. Manfaat Bagian Tubuh Sapi untuk Konsumsi

Selain daging sapi, masih banyak sekali bagian tubuh sapi yang dapat dimanfaatkan. Adapun contoh manfaat hewan ternak sapi yang diambil dari bagian tubunya adalah ekor, usus, lidah, moncng/hidung, hati, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itulah, sapi menjadi salah satu hewan ternak yang sangat menguntungkan apabila diternak dan dibudidayakan.

3. Manfaat Susu Sapi untuk Bahan Makanan dan Minuman

Seperti yang kita tahu, susu dan sapi seolah memiliki hubungan yang tak terpisahkan satu sama lain. Hal ini karena susu sapi dapat diolah menjadi banyak sekali bahan makanan ataupun minuman. Selain itu, susu sapi juga dapat difermentasi menjadi keju. Susu juga dimanfaatkan sebagai campuran roti, kue, dan sebagainya. 

4. Manfaat Tenaga Sapi

Salah satu manfaat hewan ternak sapi bagi manusia adalah tenaganya. Sebagai hewan ternak bertubuh besar, sapi memiliki tenaga yang kerap dimanfaatkan untuk mengangkut berbagai hasil pertanian pada zaman dahulu. Dengan perkembangan zaman seperti sekarang, sudah jarang peternak yang memanfaatkan tenaga sapi.

5. Manfaat Ekonomis Ternak Sapi

Manfaat ekonomis dari ternak sapi juga tak boleh dikesampingkan. Hal ini karena sapi memiliki banyak hal yang dapat dijual dan dimanfaatkan secara ekonomis. Bahkan dapat dikatakan sebagian daging sapi dapat diolah menjadi makanan. Oleh karena itulah, ternak sapi memiliki nilai ekonomis yang tinggi. 

6. Manfaat Kotoran Sapi untuk Pupuk

Kotoran sapi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami untuk tumbuhan atau tanaman. Ini merupakan salah satu manfaat hewan ternak sapi untuk lingkungan. Jadi ketika peternak sapi melepaskan sapi ke lingkungan terbuka, maka hal tersebut secara tidak langsung dapat bermanfaat memberikan pupuk alami untuk tumbuhan di sekitarnya. 

Demikian pembahasan mengenai manfaat hewan ternak sapi bagi manusia dan lingkungan. Semoga apa yang kami sajikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi Anda.