Manfaat Kucing Bagi Manusia Dan Lingkungannya

Posted on
Ilustrasi Foto Kucing (Foto: HoBinatang)

Binatangmu – Tahukah kamu, ternyata ada loh manfaat kucing bagi manusia dan lingkungannya. Bagi kalian pecinta kucing maupun bukan pecinta kucing, yuk ketahui manfaat kucing bagi manusia dan lingkungan. Ada apa saja ya kira-kira…

Ternyata merawat kucing punya banyak manfaat loh bagi manusia dan lingkungan. Seperti yang diketahui, kucing merupakan salah satu jenis hewan piaraan yang punya banyak jenis berbeda dan tersebar hampir diseluruh penjuru dunia.

Ada banyak sekali jenis kucing yang bisa dipiara oleh manusia, baik kucing kampung, kucing ras persia, maupun kucing hutan berbadan besar seperti harimau.

Tak hanya bermanfaat bagi lingkungan, kucing juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Penasaran? Lantas apa saja sih manfaat kucing bagi manusia dan lingkungan? Berikut penjabaran lengkapnya.

Manfaat Kucing Bagi Manusia dan Lingkungan

Berikut ini manfaat memelihara kucing bagi manusia dan lingkungan yang akan dijelaskan secara gamblang.

Memelihara kucing membuat kita menjadi lebih ramah lingkungan

Jika kalian sangat memerdulikan lingkungan, baik keamanan dan kebersihan lingkungan maka memelihara kucing merupakan pilihan tepat daripada memelihara anjing karena dinilai akan lebih ramah lingkungan.

Sebuah studi kasus ilmiah pada tahun 2009 menemukan jika sumber daya yang dibutuhkan untuk memelihara kucing dan anjing sangat berbeda, kucing diklaim membutuhkan sumber daya makanan daging lebih sedikit dan meninggalkan jejak karbon yang lebih sedikit pula.

Menjadi Sumber Penghasilan

Selain mendapat kebahagiaan karena suka memelihara kucing, kalian juga berkesempatan menghasilkan cuan atau menjadi sumber penghasilan karena hobby tersebut.

Beberapa ras populer seperti short hair, kucing persia, atau kucing anggora cukup diminati oleh masyarakat utamanya pecinta kucing. Beberapa jenis kucing tersebut memiliki nilai jual yang cukup tinggi sehingga berpotensi mendatangkan penghasilan jika kita mau sungguh-sungguh merawat dan menjadi wali kucing.

Menumbuhkan Perasaan yang Lembut dan Peduli pada Sekitar

Perasaan merawat hewan peliharaan seperti kucing dapat menjadi lebih lembut dan pengertian. Hal ini bisa terjadi karena kucing terkenal sebagai hewan yang menggemaskan dan manja kepada pemiliknya.

Membantu Melakcak Tikus

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika tikus merupakan musuh bebuyutan kucing. Sama seperti series Tom&Jerry, kucing seringkali memburu tikus yang ada di sekitarnya.

Oleh sebab itu salah satu keuntungan memelihara kucing adalah dapat menghindarkan lingkungan kita dari tikus. Selain itu, naluri alami tikus juga mengenali kucing sebagai predatornya, sehingga tikus akan lari jika bertemu dengan kucing kesayangan kita.

Mendeteksi Orang Asing

Ketika sedang tidur dan ada orang asing yang masuk, kucing kesayangan kita pasti akan memberi tanda dengan mengeong dengan keras selama beberapa saat.

Pemburu serangga yang baik

Tak hanya berburu tikus saja, kucing juga punya kemampuan yang lincah dan cepat dalam memburu serangga seperti kecoa, belalang, dan lain sebagainya.

Kemampuan ini tentu sangat berguna untuk menjaga rumah kalian aman dari serangga yang hendak masuk ke rumah bukan?

Menjalin Hubungan Baik dengan Banyak Orang

Salah satu manfaat lain memelihara kucing bagi manusia dan lingkungan adalah dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain, terutama dengan sesama pecinta kucing.

Apalagi jika orang tersebut suka membawa kucing kesayangannya jalan-jalan, pergi ke salon kucing, atau membawa kucing kesayangannya ke kontes atau lomba khusus kucing. pertemanan yang baik dapat terjaling atas dasar sama-sama pecinta kucing.

Dapat Membantu Mengurangi Stres dan Tekanan Darah Tinggi

Berdasarkan penelitian dari University of Minnesota Menneapolis Stroke Institut menyebutkan jika memelihara kucing dapat memberikan perasaan tenang dan bahagia kepada pemiliknya sehingga bermanfaat dalam mengurangi stres.

Selain itu, memelihara kucing juga bisa meningkatkan tekanan darah hingga 30-40 persen dan menghindarkan pemiliknya dari resiko penyakit jantung dan stroke.

Baik untuk Terapi Penyembuhan Otot dan Tulang

Pasti banyak yang tidak tahu kan jika salah satu manfaat yang sangat menguntungkan yakni bisa menjadi terapi penyembuhan otot dan tulang.

Menurut penelitian, dengkuran kucing menghasilkan suara dengan frekuensi mulai 20 sampai 140 Hz yang bermanfaat merilekskan otot dan tulang loh.

Nah demikian informasi tentang manfaat kucing bagi manusia dan lingkungannya. Sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat kucing bagi manusia dan lingkungannya.***