Manfaat Spirulina untuk Ikan Cupang

Posted on

Bagi kamu yang masih pemula dalam memelihara ikan cupang, mungkin belum mengetahui apa saja manfaat spirulina untuk ikan cupang.

Hal ini karena umumnya ikan cupang biasanya diberi makan berupa pelet ikan biasa ataupun hewan lain seperti jentik nyamuk, ulat sutra, dan lain sebagainya.Induk Cupang Jantan Memakan Anaknya  Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa saja manfaat pemberian spirulina untuk cupang.

Manfaat lain dari spirulina Untuk Ikan Cupang
Manfaat lain dari spirulina Untuk Ikan Cupang

Apa itu Spirulina

Spirulina untuk ikan sebenarnya merupakan produk pakan yang dapat digunakan untuk ikan hias, termasuk cupang.  Apakah Ekor Cupang Sobek Bisa Tumbuh Lagi Mengutip dari situs Deplantation, spirulina merupakan blue green microalgae atau mikroalga hijau biru yang umumnya digunakan sebagai suplemen makanan.

Bentuk spirulina adalah spiral dengan panjang 0,1 mm sehingga dibutuhkan mikroskop agar dapat melihatnya dengan jelas. Dalam spirulina sendiri, terdapat kandungan klorofil (pigmen hijau) dan fikosianin (pigmen biru).

Biasanya spirulinia diperoleh di lingkungan air tawar, namun sebagian juga dapat ditemukan di air luat. Dengan banyaknya kandungan yang bermanfaat tersebut, maka tak heran apabila spirulina dikembangbiakkan dan diambil bahan aktifnya demi kesehatan.

Dalam dunia kesehatan, kandungan spirulina juga dimanfaatkan sebagai suplemen makanan. Hal ini pun juga berlaku untuk ikan hias. Namun perlu diperhatikan, spirulina sebagai pakain ikan cupang berbeda dengan spirulina yang digunakan untuk suplemen manusia.

Manfaat Spirulina

Mengenai manfaat spirulina, bahan yang satu ini sangat cocok diberikan untuk ikan hias. Hal ini karena spirulina dipercaya memiliki khasiat untuk lebih menonjolkan warna pada ikan hias.

Dengan kata lain, manfaat spirulina untuk ikan cupang pun bekerja seperti itu juga.  Cupang Besgel Bisa Mutasi Ikan cupang yang diberi pakan spirulina akan memiliki warna-warna yang lebih dominan dan indah.

Namun menurut berbagai sumber yang kami baca, warna ikan yang lebih efektif dalam pemanfaatan spirulina adalah ikan yang memiliki warna merah dan kuning saja.

Manfaat lain dari spirulina Untuk Ikan Cupang

Manfaat lain dari spirulina untuk ikan cupang adalah dapat memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ikan selama masa pertumbuhan. 7 Fungsi Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Kandungan phycocyanin pada spirulina juga dapat berfungsi untuk mengurangi obesitas sehingga ikan cupang dapat tumbuh lebih sehat.

Bagaimana Cara Mendapatkan Spirulina?

Hingga saat ini, sudah banyak produk pakan yang mengandung spirulina. Anda dapat memperolehnya di toko-toko ikan hias jika ingin memperoleh manfaat spirulina untuk ikan cupang.

Selain itu, kami telah melihat di berbagai e-commerce pun ada orang yang menjual produk pakan ini.

Cara Memberi Spirulina untuk Ikan Cupang

Cara pakai spirulina untuk cupang tentu juga harus dicampur dengan pakan harian ikan cupang.  Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina Anda dapat mencampurkan sejumlah pelet ikan dengan spirulina bubuk.

Setelah itu, campurkan dua bahan tersebut dengan putih telur dan jemur hingga kering. Kemudian remas hingga ukurannya kecil sehingga dapat dikonsumsi oleh ikan cupang dengan mudah.

Namun jika Anda tak ingin repot, cukup campurkan spirulina dengan pelet ikan. Adapun komposisinya adalah sekitar 2 – 5 persen dari pakan ikan.

Nah, itu dia pembahasan tentang Manfaat Spirulina Untuk Ikan Cupang dan Bagaimana Cara Pemberian pakan tersebut. Semoga apa yang kami jelaskan kali ini bermanfaat sobat binatangmu.com