8 Manfaat Utama Hewan bagi Manusia

Diposting pada

Manfaat utama hewan bagi manusia – Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali manfaat hewan bagi manusia yang dianugerahkan dari Tuhan. Hal ini karena manusia tak dapat hidup sendiri.

Mereka membutuhkan hewan dan tumbuhan sebagai bahan makanan ataupun dimanfaatkan untuk membantu kelangsungan hidup manusia.

Manfaat Utama Hewan bagi Manusia
Manfaat Utama Hewan bagi Manusia

Lalu apa saja manfaat utama hewan bagi manusia? Simak penjelasan berikut.

Manfaat Utama Hewan bagi Manusia

Kami akan menjelaskan mengenai apa saja manfaat utama hewan bagi manusia secara umum. Dalam arti akan kami golongkan menurut pemanfaatannya sehingga kamu tidak bingung. Adapun manfaat hewan bagi manusia adalah:

  1. Sebagai Sumber Makanan

Ini adalah manfaat paling utama dari hewan untuk manusia. Kita semua tahu bahwa daging hewan merupakan bahan konsumsi sehari-hari manusia. Ada banyak sekali contoh hewan yang dimanfaatkan dagingnya sebagai sumber makanan manusia. Contohnya adalah sapi, kambing, ayam, bebek, dan lain sebagainya.

Berbagai macam hewan yang dimanfaatkan dagingnya selain untuk membuat manusia dapat bertahan hidup juga mampu mencukupi kebutuhan lemak, protein, dan zat lain untuk kesehatan tubuh. Tanpa adanya hewan, tentu manusia tidak akan dapat bertahan hidup di bumi ini.

  1. Dimanfaatkan Tenaganya

Manfaat utama hewan bagi manusia yang selanjutnya adalah dapat dimanfaatkan tenaganya. Seperti yang kita tahu, ada beberapa jenis hewan yang memiliki tenaga besar seperti sapi, kerbau, dan kuda.

Semua hewan tersebut dimanfaatkan tenaganya untuk berbagai hal seperti mengangkut barang hingga membajak sawah.

  1. Dimanfaatkan untuk Lingkungan

Manfaat selanjutnya adalah hewan dapat membantu manusia dalam menjaga kesuburan lingkungan hidup manusia. Adapun bagian dari hewan yang dimanfaatkan untuk lingkungan adalah kotorannya.

Kotoran hewan dapat diolah menjadi kompos yang menjadi pupuk alami sehingga kondisi lingkungan tetap subur. Dalam hal ini, kotoran hewan yang biasanya dimanfaatkan untuk lingkungan adalah sapi, kerbau, dan kuda.

  1. Sebagai Obat

Manfaat utama hewan bagi manusia yang berikutnya adalah dapat dimanfaatkan sebagai obat. Ada beberapa jenis hewan yang memang dipercaya dapat menjadi alternatif pengobatan. Contohnya adalah tokek untuk obat gatal hingga madu dari lebah yang merupakan obat segala penyakit.

Dengan kata lain, kehadiran hewan yang ada di sekitar manusia sangat memiliki peranan besar untuk kesehatan manusia.

  1. Untuk Kebutuhan Industri

Selanjutnya, hewan juga memberikan manfaat bagi manusia dalam memproduksi aneka bahan industri. Maksudnya adalah ada bagian-bagian hewan yang dapat diolah manusia untuk proses industri.

Contohnya adalah kulit sapi dan kulit kambing untuk pembuatan jaket, kulit buaya untuk jaket dan sepatu, dan sebagainya.

  1. Sebagai Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan juga termasuk salah satu manfaat utama hewan bagi manusia. Coba kamu bayangkan apabila manusia hidup sendiri di bumi ini tanpa ada hewan yang mendampingi mereka.

Tentu akan sangat membosankan. Oleh karena itu, hewan yang telah didomestifikasi banyak yang dijadikan sebagai peliharaan. Contohnya banyak sekali mulai dari kucing, anjing, ayam, hamster, dan lain sebagainya.

  1. Menyalurkan Hobi

Manfaat utama hewan bagi manusia yang berikutnya adalah dapat menjadi media dalam menyalurkan hobi manusia. Jadi tak heran apabila ada banyak sekali lomba-lomba yang berhubungan dengan hewan.

Misalnya lomba kicau burung, ikan hias, balap kuda, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan begitu, maka manusia yang dapat menyalurkan hobi melalui binatang tidak akan merasa stres.

  1. Sebagai Sumber Mata Pencaharian

Adapun manfaat terakhir dari hewan bagi manusia adalah sebagai sumber mata pencaharian. Tak terhitung banyaknya manusia yang dapat bertahan hidup dengan menjual hasil dari binatang.

Contohnya adalah nelayan, pengumpul mutiara, penjual daging sapi, dan sebagainya.

Itulah beberapa Manfaat Utama Hewan Bagi Manusia. Dengan kata lain, Tuhan menganugerahkan banyak sekali manfaat dari hewan dalam kehidupan manusia sehingga kita harus banyak bersyukur. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat sobat Binatangmu.Com