6 Manfaat Utama Hewan Ternak bagi Manusia

Manfaat Utama Hewan Ternak bagi Manusia – Seperti yang kita tahu, hewan ternak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia karena dapat diambil manfaatnya untuk kehidupan manusia. Hal ini berlaku untuk semua jenis hewan ternak. Manfaat hewan ternak bagi manusia sendiri cukup beragam seperti diambil daging, telur, kulit, tenaga, dan lain sebagainya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menguraikan apa saja manfaat utama hewan ternak bagi manusia.

6 Manfaat Utama Hewan Ternak bagi Manusia

Inilah Manfaat Utama Hewan Ternak bagi Manusia

Sekedar informasi, istilah hewan ternak mengacu pada hewan yang dipelihara oleh manusia dan telah mengalami proses domestifikasi. Maksudnya adalah hewan tersebut bukan merupakan hewan liar atau hewan yang masih berada di hutan. Salah satu alasan mengapa manusia membudidayakan hewan tersebut tentu untuk diambil manfaatnya. Lalu apa saja manfaat hewan ternak untuk kehidupan manusia? Diantaranya adalah:

1. Manfaat Daging, Telur, dan Susu Sebagai Sumber Protein Hewani

Ini adalah manfaat utama hewan ternak bagi manusia yang paling umum diketahui. Ini karena umumnya manusia mengambil daging ataupun telur dari hewan ternak, baik untuk dikonsumsi ataupun dijual kembali. Adapun contohnya adalah sapi, kambing, kuda, kelinci, babi, ayam, bebek, itik, aneka jenis ikan, dan sebagainya. 

2. Manfaat Kulit dan Bulu Sebagai Bahan untuk Produk Industri

Manfaat selanjutnya dari beternak adalah untuk produk industri. Maksudnya adalah terdapat bagian-bagian dari hewan ternak yang dapat diolah dan dijadikan sebagai sebuah produk tertentu. Contohnya adalah kulit kambing yang dimanfaatkan untuk membuat jaket, sepatu, hingga alat musik. Selain itu, ada juga bulu domba untuk pakaian, bulu ayam untuk pembuatan shuttlecock, dan lain sebagainya. 

3. Manfaat Tenaga Hewan Ternak sebagai Alat Transportasi

Manfaat utama hewan ternak bagi manusia yang berikutnya adalah tenaganya yang dapat dimanfaatkan sebagai alat transportasi. Adapun hewan ternak yang dimanfaatkan tenaganya adalah kerbau dan sapi. Namun semenjak kemajuan teknologi, manusia lebih cenderung menggunakan alat transportasi seperti mobil untuk menggantikan hewan ternak. 

4. Manfaat Tenaga Hewan Ternak untuk Pertanian

Masih berhubungan dengan tenaga hewan ternak, biasanya hewan seperti sapi dan kerbau juga dapat dimanfaatkan untuk membantu petani dalam membajak sawah. Kondisi ini dapat kita temui di pedesaan. 

5. Manfaat Hewan Ternak sebagai Hobi

Ada juga manfaat hewan ternak untuk membantu pemenuhan hobi manusia. Biasanya jenis hewan ternak yang dimanfaatkan sebagai hobi disebut dengan hewan ternak kesayangan. Selain untuk hobi, jenis hewan ternak ini juga dapat dimanfaatkan sebagai hewan lomba. Adapun contohnya adalah ikan hias, burung hias, ayam hias/lomba, dan sebagainya.

6. Manfaat Hewan Ternak dari Segi Ekonomi

Manfaat utama hewan ternak bagi manusia yang terakhir adalah sebagai sumber penghasilan. Ini merupakan salah satu hal paling penting dan menjadi alasan mengapa manusia menjalankan usaha peternakan. Dengan kebutuhan manusia terhadap produk hewan ternak yang cukup tinggi, tentu saja permintaan akan daging, susu, telur, dan sebagainya dari hewan ternak semakin naik. Dengan begitu, menjalankan usaha peternakan juga dapat mendongkrak kondisi ekonomi manusia. 

Itulah beberapa manfaat utama hewan ternak bagi manusia. Intinya, Tuhan menciptakan hewan-hewan yang dapat diternak agar dapat diambil manfaat sehingga membantu kehidupan manusia. Semoga apa yang kami jabarkan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu. 

/* */