Masalah Kesehatan Dialami Kucing

Posted on

Apakah Kamu Suka Kucing? Atau Bahkan Punya Kucing di Rumah?

Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dijadikan peliharaan, karena wajahnya sangat menggemaskan dan sifatnya yang lincah namun manja.

Kucing yang sehat biasanya sering melakukan aktivitas fisik seperti berlari, melompat, dan lainya. Kucing senang berolahraga, terutama saat kita juga bermain dengannya.

Namun, seperti halnya manusia, ada kalanya kucing merasakan sakit, baik dari luka luar maupun dari virus yang menyerang sistem kekebalan tubuhnya.

Baca Juga : Mengenal Kucing Anggora

Masalah Kesehatan Dialami Kucing

Dibawah ini beberapa masalah kesehatan yang sering dialami oleh kucing kesayangan kita;

Masalah Kesehatan Dialami Kucing
Masalah Kesehatan Dialami Kucing
  • Muntah

Muntah adalah masalah kesehatan umum pada kucing domestik kita.

Penyebabnya bisa banyak, mulai dari makanan beracun, barang yang tidak boleh dimakan, gangguan saluran kemih, dan diabetes.

Baca Juga : Makanan Kucing yang Sedang Sakit agar Cepat Sembuh

Kucing yang muntah terus-menerus bisa mengalami dehidrasi. Jika ia terus muntah dan tampak gelisah, Anda harus segera membawanya ke dokter hewan.

  • Kutu

Kutu kucing adalah masalah kesehatan kucing yang paling umum. Tanda bahwa kucing kita terkena kutu yaitu, adanya kotoran kutu pada kulit yang terlihat seperti bintik hitam kecil.

Selain itu, kucing juga terus menerus menggaruk tubuhnya, sering menjilati, kulit memerah atau teriritasi, bulu rontok dan infeksi kulit.

Baca Juga : Apakah Kucing Boleh Makan Keju ?

Kucing dengan kutu berisiko terkena anemia jika masalahnya tidak ditanggapi dengan serius.

  • Cacing Pita

Masalah kesehatan lain pada kucing adalah cacingan. Cacing pita bisa hidup di usus kecil kucing dan terkadang bisa tumbuh hingga dua kaki.

Gejala yang mungkin terlihat pada kucing dengan cacingan termasuk muntah dan penurunan berat badan.

Kita juga bisa melihat kotoran kucing. Jika kalian melihat cacing putih kecil seperti kelapa parut di kotorannya, maka kucing kesayangan kalian kemungkinan besar menderita cacingan.

  • Diare

Kucing bisa terkena diare sama seperti manusia. Beberapa penyebab diare pada kucing adalah parasit usus, makanan basi, alergi, infeksi, penyakit liver, kanker, dan lain-lain.

Diare pada kucing bisa berlangsung berhari-hari, berminggu-minggu, atau berbulan-bulan.

Jika kucing Anda diare, beri mereka air bersih dan segar untuk menghindari dehidrasi.

Bawa kucing kalian ke dokter jika kucing mengalami diare campur muntah, tinja berdarah atau berwarna gelap, demam, lesu, kehilangan nafsu makan, atau diare terus menerus.

  • Masalah Mata

Beberapa masalah mata yang umumnya dialami kucing adalah konjungtivitis, ulkus kornea, katarak, glaukoma, trauma, peradangan virus, dan penyakit retina.

Beberapa gejala kucing kita yang terkena penyakit mata antara lain mata berair, bulu mata berair, mata keruh, dan kelopak mata merah atau putih.

Baca Juga : Makanan Kucing Kampung agar Cepat Gemuk dan Sehat

Selain itu, adanya bintik-bintik di sudut mata, gosokan mata yang terus-menerus atau munculnya kelopak mata ketiga juga merupakan gejala penyakit mata kucing kita.

  • Penyakit Saluran Kemih Bagian Bawah

Hingga tiga persen kucing yang dilihat dokter memiliki penyakit saluran kemih bagian bawah, atau sering disebut sebagai Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD).

Baik Kucing Jantan Maupun Betina Dapat Menderita Penyakit Ini

Penyakit ini biasanya menyerang kucing yang kelebihan berat badan. Selain itu, kucing yang stres juga dapat mengalami hal ini.

Kucing Jantan Maupun Betina Dapat Menderita Penyakit
Kucing Jantan Maupun Betina Dapat Menderita Penyakit

Beberapa gejala FLUTD pada kucing antara lain urin berdarah, buang air kecil di tempat yang tidak biasa, kehilangan nafsu makan, muntah, sering menjilati area untuk buang air kecil, kesulitan buang air kecil, dan tampak tertekan.

Ini adalah sejumlah masalah kesehatan kucing yang perlu Anda waspadai. Segera periksakan ke dokter hewan jika teman-teman mencurigai kondisi kucingnya masing-masing.

Demikian pembahasan dari kami tentang Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Oleh Kucing, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat propostceo.com