Bolehkah Kita Memandikan Kucing dengan Sunlight?

Posted on

Sebenarnya bolehkah memandikan kucing dengan sunlight? Ini merupakan pertanyaan klasik namun sering ditanyakan, terlebih oleh cat lovers.

Ya, seperti yang kita tahu, sunlight merupakan cairan pembersih piring yang sering kita jumpai di rumah. Namun sunlight sendiri juga terkadang digunakan untuk membersihkan kotoran dan zat berbahaya pada buah-buahan.

Lalu apakah boleh menggunakan cairan pencuci piring ini untuk memandikan kucing? Resep Makanan Kucing Kaya Nutrisi

Bolehkah Kita Memandikan Kucing dengan Sunlight?

Memandikan Kucing dengan Sunlight, Apa Tidak Berbahaya?

Beberapa waktu yang lalu, beredar banyak artikel bahkan video youtube yang menjelaskan cara memandikan kucing dengan sunlight. Cara Merawat Kucing Anggora agar Bulunya Tidak Rontok Pertanyaan saya sederhana, apakah tidak berbahaya bila terjilat oleh kucing?

Sekedar informasi, tidak hanya untuk kucing, bahkan untuk manusia sekalipun, sengaja atau tidak menelan sabun cuci piring (merk apapun) dapat menjadi berbahaya.

Hal ini karena terdapat banyak sekali kandungan kimia di dalam sabun tersebut, termasuk sunlight. Efek yang ditimbulkan adalah mulai dari muntah, diare, dan sakit perut.

Berbeda dengan manusia yang dapat memproduksi banyak air liur ketika tidak sengaja menelan sabun cuci piring, kucing tak memiliki mekanisme perlindungan tubuh seperti ini.

Lidah kucing yang mempunyai papillae atau duri-duri kecil di bagian lidah akan secara otomatis menelan apapun yang masuk ke dalam mulut. Hal inilah yang nantinya dapat berbahaya ketika kita memandikan kucing dengan sunlight. Tenang, Kucing yang Kabur dari Rumah Bisa Kembali ?

Jadi jawaban atas pertanyaan apakah boleh memandikan kucing dengan sunlight? Jawabannya adalah SEBAIKNYA TIDAK. Kami sangat tidak merekomendasikan hal tersebut.

Berbagai Pertanyaan Terkait Memandikan Kucing dengan Sunlight

Namun bagi sebagian orang, mungkin kamu salah satunya, akan mencoba melontarkan berbagai pertanyaan lain seperti: Cara Merawat Kucing Persia Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Q : Bukankah sunlight yang digunakan untuk mencuci buah juga aman dikonsumsi oleh manusia. Kenapa tidak aman untuk kucing?

A : Seperti namanya, sunlight diperuntukkan untuk mencuci piring dan zat beracun yang mungkin menempel pada buah-buahan. Namun sebelum mengonsumsi buah tersebut, kamu harus mengeringkannya terlebih dahulu, kan? baik menggunakan kain ataupun lap. Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan Tanpa Induk

Sedangkan ketika memandikan kucing, bulu-bulunya yang sangat banyak kurang memungkinkan untuk dapat kering dalam jangka pendek sehingga memiliki risiko untuk terjilat dan tertelan.

Q : Baik. Bila terdapat kandungan zat kimia pada sunlight, bagaimana dengan shampoo kucing? Keduanya sama-sama memiliki kandungan kimiawi kan?

A : Memang benar. Hanya saja shampoo kucing memiliki kandungan kimia yang cocok dengan pH kucing.

Berbeda dengan sunlight yang pada dasarnya tidak diperuntukkan untuk memandikan hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan sebagainya.  Kucing Persia Boleh Makan Nasi ?

Q : Lalu apakah tidak boleh memandikan kucing dengan sunlight untuk membunuh kutu di badannya?

A : Saya sarankan TIDAK. Hal ini karena masih terdapat risiko kucing menjilati bulu mereka setelah mandi sehingga zat berbahaya mungkin ikut tertelan.

Jadi intinya, jangan pernah coba-coba sekalipun untuk menempatkan sesuatu yang bukan pada tempatnya. Sunlight merupakan sabun cuci piring sehingga memang diperuntukkan untuk mencuci piring. Sedangkan untuk memandikan kucing, maka gunakanlah shampoo kucing.

Demikian Pembahasan dari kami tentang Bolehkah Kita Memandikan Kucing dengan Sunlight ? Semoga bermanfaat sobat binatangmu.com jangan lupa di share ya ?