Mengatasi Arwana Kagetan, Bagaimana Caranya?

Diposting pada

Bagaimana cara mengatasi arwana kagetan? Mungkin itu alasan mengapa Anda membaca artikel ini. Ikan arwana kagetan sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal.

Misalnya adaptasi dengan tempat baru, pencahayaan yang terlalu terang, hingga arwana stress. Untuk itulah, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi arwana sering kagetan dan ciri-cirinya.

Mengatasi Arwana Kagetan, Bagaimana Caranya?

Ciri – Ciri Arwana Kagetan

Ciri-Ciri arwana yang kagetan adalah sebagai berikut:

  • Sering lompat bahkan menabrak kaca ketika aquarium didekati.
  • Nafsu makan menurun. Umumnya ketika ada orang atau objek lain yang berada di sekitar aquarium, arwana tidak akan mau makan.
  • Arwana menjadi sangat penakut. Ketika didatangi, mereka cenderung akan bersembunyi di bagian pojok aquarium.
  • Apabila lampu aquarium dinyalakan atau dihidupkan, arwana akan kaget.

Dari ciri-ciri di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam memelihara ikan arwana, dibutuhkan kesabaran. Terlebih ketika Anda masih baru memelihara arwana yang masih kecil. Jenis Penyakit Ikan Arwana

Ikan akan lebih mudah mengalami stress dan kagetan terhadap beberapa hal. Mulai dari kabel filter, hiasan dalam aquarium, dan segala benda yang memantul dari kaca aquarium.

Seiring dengan berkembangnya tubuh dan usia arwana, mereka akan mulai terbiasa dengan hal tersebut.

Solusi untuk Mengatasi Arwana Kagetan dan Penakut

Bagi Anda yang memiliki permasalahan arwana kagetan, terdapat beberapa solusi yang kami tawarkan. Hal ini karena terkadang rasa kaget yang dialami oleh arwana diakibatkan karena stres ataupun kurangnya kepercayaan diri sehingga menjadi penakut. Penyebab Ikan Arwana Stres Untuk itu, berikut adalah beberapa cara mengatasi arwana kagetan:

  1. Berikan Tankmate yang Memiliki Ukuran Tubuh Lebih Kecil Dari Arwana

Berikan tankmate yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari arwana. Hal ini bertujuan agar aro terbiasa dengan adanya makhluk lain di sekitarnya.

Dengan begitu, rasa stres dan kagetan akan dapat dikurangi. Bisa juga dengan memberikan tankmate yang sifatnya lebih agresif seperti peacock bass. Cukup berikan 1 – 2 ekor saja. Cara Mengobatinya Ikan Arwana Untuk bayi arwana atau arwana yang masih baru beradaptasi, tak perlu khawatir

Untuk bayi arwana atau arwana yang masih baru beradaptasi, tak perlu khawatir. Umumnya ikan arwana membutuhkan waktu agar dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Jadi Anda hanya perlu merawatnya seperti biasa hingga mereka benar-benar nyaman dengan sekitarnya.

  1. Sedikit Memberikan Kejutan Pada Arwana

Sedikit memberikan kejutan pada arwana. Perlu diperhatikan, cara ini hanya dapat dilakukan untuk arwana yang sudah kenal dengan pemiliknnya. Anda dapat melakukan kejutan kecil seperti mengetuk kaca aquarium sehingga mereka terbiasa dengan bunyi-bunyian.

  1. Pindahkan aquarium di tempat yang banyak orang lalu lalang

Pindahkan aquarium di tempat yang banyak orang lalu lalang. Tujuannya agar ikan arwana terbiasa dengan banyaknya aktivitas di luar aquarium. Anda dapat memindahkan aquarium di tempat yang lebih terbuka. Dalam 1 – 2 minggu, rasa kagetan arwana akan berkurang.

  1. Tutupi kaca bagian belakang dan samping aquarium

Tutupi kaca bagian belakang dan samping aquarium. Umumnya ikan arwana akan lebih kaget jika muncul sesuatu dari arah belakang atau samping aquarium. Arwana Sering Mangap ??? Kenali Penyebabnya

Dengan menutup kacanya, ketika terdapat seseorang yang muncul dari arah depan, arwana sudah dapat melihatnya dari kejauhan sehingga tidak lagi kaget.

  1. Ganti air aquarium secara rutin

Ganti air aquarium secara rutin. Tetap jaga kualitas air aquarium agar benar-benar bersih. Ditakutkan bahwa ikan arwana yang kagetan diakibatkan oleh stres dan kondisi air yang kurang bersih. Penyebab Arwana Berenang di Permukaan Air Oleh karena itu, selalu rutin mengganti air. Setidaknya 3 hari sekali.

  1. Elus lembut Arwana

Elus lembut Arwana. Ini trik yang cukup ampuh untuk memastikan bahwa arwana berada di tempat yang aman dan mengenali majikannya.

  1. Matikan pencahayaan lampu terlebih dahulu

Matikan pencahayaan lampu terlebih dahulu. Dari beberapa kasus, pantulan dari lampu tanning juga dapat memicu arwana kagetan. Penyebab dan Cara Mengobatinya Sisik Arwana Menghitam Oleh karena itu, selama ikan arwana masih belum tenang, berikan lampu yang lebih soft.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Arwana yang Kagetan. Cara di atas dapat dilakukan secara rutin dan bertahap hingga rasa takut arwana menghilang. Semoga ulasan kami kali ini bermanfaat bagi sobat binatangmu.com