Mengatasi Kucing Betina Birahi, Bagaimana Caranya?

Diposting pada

Binatangmu – Tak banyak cat lovers yang mengetahui bagaimana cara mengatasi kucing betina birahi. Akibatnya, kucing menjadi stress karena birahinya tersebut tidak tersalurkan. Selain itu, terkadang kucing betina yang sedang birahi mengeluarkan suara keras yang cukup mengganggu sehingga harus dilakukan cara tepat untuk mengatasinya.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan solusi untuk mengatasi kucing betina birahi. Hal yang kami jabarkan berikut berdasarkan pengalaman kami dalam merawat kucing, baik itu kucing ras ataupun kucing domestik/kucing kampung.

Mengatasi Kucing Betina Birahi, Bagaimana Caranya?

Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Sebelumnya, kami harus memberi tahu bahwa beberapa cara mengatasi kucing betina birahi berikut dapat berhasil atau tidak tergantung dari psikologis atau sifat kucing tersebut. Ini karena masing-masing kucing memiliki karakteristik yang berbeda-beda tergantung dari cara perawatannya sejak ia kecil. Adapun cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kucing betina birahi adalah:

1. Pisahkan Sementara dengan Kucing Jantan

Apabila kamu memelihara banyak kucing dalam satu tempat, maka cobalah untuk memisahkan kucing betina birahi dengan kucing jantan, baik itu saudaranya atau bukan. Untuk informasi, kucing betina birahi akan terus merasa terganggu ketika terdapat kucing jantan di sekitarnya.

Selain itu, kucing jantan yang berada di sekitar kucing betina birahi akan terpancing untuk mengawini kucing tersebut meskipun itu saudara kandungnya sendiri. Hal ini tentu berbahaya karena perkawinan kucing jantan dan betina yang sedarah dapat meningkatkan risiko kecacatan karena gen bawaan kedua kucing tersebut.

Namun bagaimana jika kamu merawat banyak kucing pada satu tempat dan tidak memungkinkan untuk memisahkan antara kucing jantan dan betina? Salah satu caranya adalah dengan memasukkan kucing betina dan jantan pada kandang yang berbeda. Selain itu, jauhkan jarak antara dua kandang tersebut.

2. Berikan Mainan

Cara mengatasi kucing betina birahi yang berikutnya adalah dengan memberikan mereka mainan. Tujuannya agar perhatian kucing teralihkan dari rasa birahi yang dirasakannya. Contoh mainan yang dapat kamu berikan adalah bola kecil ataupun aneka mainan yang dapat diperoleh di petshop.

3. Berikan Catnip

Selain mainan, kamu juga dapat memberikan catnip pada kucing yang sedang birahi. Cara ini selalu berhasil untuk mengatasi kucing birahi, baik itu kucing jantan ataupun betina. Menurut pengalaman, kami juga selalu memberikan catnip saat kucing memasuki masa birahi. Sekarang sudah banyak sekali petshop yang menyediakan catnip untuk kucing, baik yang berbentuk mainan ataupun berupa catnip kering.

Sekedar informasi, catnip merupakan jenis tanaman yang sangat disukai oleh kucing. Ketika kucing mencium bau catnip, mereka seolah-olah “fly” dan umumnya akan berguling-guling di lantai. Untuk itulah, sangat kami anjurkan untuk memberikan catnip dalam mengatasi kucing betina birahi.

4. Berikan Perhatian Lebih

Kamu juga harus memberikan perhatian lebih ketika kucing betina sedang birahi. Tujuannya sangat jelas, yakni agar kucing tidak terlalu stress ketika rasa birahinya tidak tersalurkan. Dalam metode ini, kamu dapat mengelus-elus kucing secara lebih sering.

Namun perlu diperhatikan, cara ini akan lebih bekerja bagi kamu yang hanya memelihara satu jenis kelamin kucing dalam satu tempat. Misalnya dalam satu tempat tersebut ada kucing yang berbeda jenis kelamin, mungkin cara ini tidak akan begitu manjur.

5. Sementara Tutup Ruangan

Cara mengatasi kucing betina birahi yang selanjutnya adalah dengan menutup ruangan sementara, baik itu pintu ataupun jendela. Ada dua alasan mengapa kamu harus melakukan hal ini. Pertama, kucing betina yang sedang birahi lebih sensitif terhadap bunyi-bunyian di sekitarnya. Ketika kucing betina mendengar suara kucing jantan dari luar, rasa betina mereka tentu akan semakin besar. Selain itu, kucing betina yang birahi juga akan mengeong untuk menarik perhatian kucing jantan dari luar. Dengan menutup pintu atau jendela, setidaknya dapat meminimalisir hal tersebut.

Alasan yang berikutnya adalah agar kucing tidak sembarang kabur dari ruangan. Kamu tentu tidak ingin kucing kamu tiba-tiba dikawini oleh kucing liar, kan? Terlebih untuk kucing ras seperti persia, himalaya, ataupun anggora. Untuk itu, sementara tutup ruangan selama kucing betina masih birahi.

6. Mandikan Kucing Betina

Ini merupakan cara yang juga cukup efektif dalam mengatasi kucing betina birahi. Cara ini biasanya juga kerap kami terapkan bagi kucing betina yang kami rasa belum cukup umur untuk dikawinkan. Dengan memandikan kucing yang sedang birahi, mereka cenderung lebih rileks sehingga rasa birahi yang dirasakan cukup berkurang. Untuk itulah, sebaiknya kamu juga melakukan cara ini.

7. Kondisikan Ruangan agar Lebih Nyaman

Kamu juga harus dapat mengondisikan ruangan dimana kucing tinggal agar lebih nyaman. Apabila kucing terbiasa tidur di kandang dan tempat tidurnya. Pastikan tempat tidurnya bersih dari bulu-bulu yang menempel. Hal ini karena ruangan yang nyaman bagi kucing dapat membuat mereka lebih tenang ketika sedang birahi. Ruangan atau kandang yang kotor cenderung membuat kucing lebih stress.

8. Sterilisasi Kucing

Ini adalah cara paling umum dan paling efektif dalam mengatasi kucing betina birahi. Cara ini juga dapat diterapkan untuk kucing jantan. Sekedar informasi, sterilisasi akan membuat kucing betina tidak dapat hamil lagi, begitu juga kucing jantan tidak akan dapat mengawini kucing betina lagi. Dengan kondisi tersebut, secara otomatis kucing tidak akan mengalami birahi. Namun perlu diketahui, sterilisasi hanya dapat dilakukan jika kamu benar-benar karena kucing tersebut tidak akan dapat memperoleh keturunan.

Selain itu, dengan melakukan sterilisasi, kucing akan lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Lantas berapa biaya untuk sterilisasi kucing? Biayanya tentu saja beragam tergantung wilayah dimana kamu tinggal. Kisaran biayanya adalah 200 – 500 ribu. Namun apabila kamu ingin sterilisasi kucing tapi tak memiliki biaya, cobalah hubungi komunitas cat lovers. Di Yogyakarta sendiri, biasanya ada kegiatan amal berupa sterilisasi dan vaksin gratis untuk kucing.

9. Berikan Obat Penghilang Birahi

Sebenarnya kami belum pernah mengatasi kucing betina birahi dengan cara ini. Namun dengan perkembangan zaman, kini sudah ada jenis obat-obatan yang mampu menghilangkan dan mengurangi birahi pada kucing. Jenis obat ini hanya dapat diperoleh dari dokter hewan ataupun di beberapa petshop saja. Namun perlu diingat, kamu harus konsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan sebelum memberikan obat penurun birahi.

Itulah beberapa cara mengatasi kucing betina birahi yang dapat kamu coba lakukan. Intinya, ketika kucing birahi, maka berikan perhatian lebih agar kucing tidak stress. Semoga apa yang kami jabarkan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/57