Mengenal Kucing Anggora

Diposting pada

Nama Kucing Angora mungkin berada di urutan teratas daftar jika ditanya jenis kucing apa yang terlihat cantik dan elegan. Hal ini tentu tidak salah, karena kucing anggora memiliki pesona yang menggoda.

Selain itu, kepribadiannya aktif dan suka mencari perhatian pemiliknya. Hidup harus lebih berwarna dengan kucing Angora.

Kucing Angora biasanya berukuran kecil hingga sedang dan beratnya 5 hingga 9 pon. Dengan diperkenalkannya Cat Time, di balik keindahannya, kucing ini juga cerdas, yang membuatnya selalu menghibur Anda.

Mereka sangat menawan dengan bulu berlapis tunggal dan terstruktur halus. Mantel juga mudah dipangkas jika disisir secara teratur setiap minggu, tetapi terkadang mudah rontok.

Mengenal Kucing Anggora

Mengapa kucing anggora begitu anggun? Menurut The Spruce Pets, ini disebabkan oleh jenis alami yang berasal dari Turki pada awal abad ke-15. Julukan Angora mengacu pada kucing putih dengan mata biru atau hijau dengan rambut panjang.

Baca Juga : Bolehkah Kita Memandikan Kucing dengan Sunlight ?

Mengenal Kucing Anggora
Mengenal Kucing Anggora

Kucing-kucing ini dapat beradaptasi di mana saja, tetapi paling baik dilakukan di lingkungan yang penuh kasih dan perhatian. Dibandingkan dengan kucing lain, mereka tidak suka ditinggal sendirian.

Belum lagi mereka sangat energik. Ketika mereka bosan, mereka bisa membiarkan barang-barang jatuh di sekitar mereka. Meskipun penampilannya halus, kucing ini juga sangat lucu dan dapat mencintai pemiliknya dan berteman dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya.

Dengan berteman dengan hewan lain, mereka bisa menunjukkan siapa bosnya. Sebelum membawa pulang kucing angora, penting untuk melakukan riset dan memastikan bahwa jenisnya cocok untuk keluarga Anda.

Hal yang sama berlaku, jika Anda membeli dari peternak, pastikan mereka memiliki program yang beretika dan bereputasi baik untuk menghindari kucing yang terlihat tidak sehat.

Baca Juga : Mengenal Kucing Persia Himalaya

Ciri – Ciri Kucing Anggora

Kucing anggora sangat dikagumi karena bulunya yang panjang dan halus serta terlihat berkilau ketika berjalan. Di bawah bulunya yang berwarna-warni, tubuhnya juga kuat, panjang, dan berotot.

Tidak hanya itu yang paling menambah kecantikan kucing ini adalah kepalanya yang runcing berukuran kecil hingga sedang. Telinga besar di bagian atas kepala dan dilapisi dengan bulu.

Warna mata tidak kalah menarik bagi Anda, bisa biru, hijau, emas, kuning, atau genap ganjil. Pelajari lebih lanjut tentang sifat-sifatnya agar tidak tertukar dengan jenis lainnya.

  • Bentuk Kepala Segitiga

Wajahnya terlihat seperti segitiga karena bagian atas ke arah dagu lebih lebar dan sempit. Wajahnya melengkung karena hidungnya yang mancung.

Pola matanya juga biasanya terlihat lebih tajam dan menakutkan. Telinga juga lebih runcing dan terkadang memiliki bulu di ujungnya.

  • Mata Seperti Almond

Matanya yang seperti almond membuat Angora semakin mempesona. Selain dari tubuhnya, warna mata kucing anggora umumnya berwarna kuning, namun ada juga yang memiliki warna yang unik.

Banyak terjadi pada angora putih, warna mata biru sering dikaitkan dengan ketulian yang dideritanya. Beberapa bahkan memiliki dua warna mata yang berbeda, satu biru dan kuning lainnya, yang disebabkan oleh kelainan genetik.

Baca Juga : Makanan Kucing yang Sedang Sakit agar Cepat Sembuh

  • Tubuh Panjang dan Langsing

Kucing anggora memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dan panjang. Kucing angora jantan biasanya berukuran lebih besar dari betina. Tapi yang paling jelas adalah ekornya.

Selain panjang, ekornya terbungkus bulu yang lebih tebal dan padat dibandingkan bagian tubuh kucing anggora lainnya.

  • Hidung Mancung

Hidung kucing anggora berbentuk kucing rumahan atau house cat. Telinga sedikit runcing atau memanjang.

  • Bulu Panjang

Kucing anggora hanya memiliki satu bulu. Berbeda dengan kucing persia yang memiliki lapisan bawah yang tebal dan membutuhkan banyak perawatan.

Bulu kucing bagian wajah angora tebal dan panjang, sehingga cenderung lebih tebal dari bulu kucing asli. Uniknya ketika cuaca dingin, bulunya akan menjadi lebih panjang dan tebal, terutama pada bagian ekor dan surai di area dada.

Cara Memelihara dan Merawat Kucing Anggora

Kucing anggora aktif dan suka bersosialisasi. Mereka juga penyayang dan lembut, tetapi bisa menjadi sedikit nakal jika Anda tidak menjaganya.

Baca Juga : Bisakah Mengobati Kucing Keracunan dengan Air Kelapa?

Cara Memelihara dan Merawat Kucing Anggora
Cara Memelihara dan Merawat Kucing Anggora

Simak tips-tips di bawah ini yang dijamin makin sayang sama kucing anggora dan ngikutin kamu.

  • Sisir Bulunya

Sisir bulu setiap hari atau setiap beberapa hari agar bulu terlihat bagus. Untuk bulu kucing yang lebih panjang, gunakan sikat logam dengan gigi panjang. Anda dapat menemukan sikat ini di toko hewan peliharaan.

  • Potong Kuku

Anda harus memotong kuku kucing setiap beberapa minggu hingga sebulan sekali. Anda dapat memotong kuku sendiri atau membawanya ke dokter hewan untuk dipotong.

  • Bersihkan Telinga

Bersihkan telinga kucing Anda setiap beberapa minggu. Ini untuk menghilangkan semua kotoran dan kotoran. Terkadang kucing anggora membersihkan telinganya sendiri, namun tidak semuanya.

Oleh karena itu, Anda harus memeriksa telinga kucing Anda untuk melihat apakah mereka perlu dibersihkan. Telinga yang bersih berubah menjadi merah muda dan tidak berbau. Lebih gelap dengan kotoran yang terlihat dibandingkan dengan telinga yang kotor.

  • Sikat Gigi Kucing

Perawatan kucing sangat mirip dengan manusia. Kucing juga dapat mengembangkan penyakit periodontal jika giginya tidak dibersihkan.

Pastikan untuk menyikat gigi dengan pasta gigi kucing dan sikat gigi berbulu lembut. Jangan pernah menggunakan pasta gigi manusia pada kucing karena fluoride beracun.

  • Kualitas Pakan

Anda perlu memastikan bahwa mereka tidak gemuk. Cara memberi makan kucing Anda makanan berbasis daging. Sebelum membeli makanan kucing, periksa dulu daftar bahan pada labelnya.

Daging harus berada pada dua atau tiga bahan teratas. Jangan berikan makanan kucing Anda yang proteinnya kurang dari 40 persen.

  • Sering Ajak Berinteraksi

Kucing anggora tidak tumbuh dengan baik jika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian. Oleh karena itu, sering-seringlah mengajak interaksi hewan peliharaan Anda.

  • Pergi ke Dokter Hewan

Untuk memastikannya tetap sehat, bawalah kucing Anda ke dokter hewan secara teratur. Anda perlu melakukan ini setidaknya setahun sekali.

Demikian Pembahasan dari kami tentang Mengenal Kucing Lebih Jelas Hingga Cara Merawatnya, semoga bermanfaat sobat binatangmu.com